Destinasi Wisata dan Edukasi Pulau Tidung Kepulauan Seribu yang Memesona

0
172
Ekosistem Mangrove.

Akhir pekan merupakan waktu yang ditunggu-tunggu bagi siapapun untuk menghabiskan waktu bersama kerabat ke tempat-tempat destinasi wisata menarik. Pada umumnya, masyarakat kerap mengunjungi destinasi wisata seperti kebun binatang, museum, kebun, puncak, pantai dan masih banyak lagi. Selain destinasi darat, kini destinasi laut mulai banyak digandrungi masyarakat. Salah satu yang menjadi favorit bagi warga Jabodetabek dan sekitarnya yaitu wisata pulau di Kepulauan Seribu.

Bagi wisatawan asal Jabodetabek akses memuju Kepulauan Seribu cukup mudah dan budget terjangkau. Dermaga Kali Adem dapat menjadi pilihan penyeberangan menggunakan kapal kayu dengan budget terjangkau atau jika memiliki budget lebih dapat memilih Dermaga Marina Ancol menggunakan speed boat. Dermaga Kali Adem dapat dituju menggunakan KRL Commuter Line tujuan akhir Stasiun Jakarta Kota, kemudian berjalan ke sebelah kiri pintu keluar stasiun menuju halte bus Transjakarta pilih rute Dermaga Kali Adem yang biasanya tersedia setiap 30 menit sekali.

Alternatif lain menuju dermaga dapat memilih mengendarai transportasi online atau bajaj yang dapat diakses melalui pintu keluar sebelah kanan stasiun dekat Bank BNI. Usahakan sampai di dermaga lebih pagi untuk menghindari keabisan tiket jadwal pagi yang biasanya berangkat pada pukul 08.00 WIB. Sesampainya di Dermaga Kali Adem wisatawan dapat antri di loket tiket dengan kisaran harga kapal antara Rp40.00-50.000 per orang tergantung tujuan pulau dan ditambah biaya peron Rp2.000.

Senja di Pulau Tidung Kecil.

Setelah memasuki bagian pengecekan tiket, pengunjung akan diarahkan menuju kapal tujuan pulau masing-masing. Hal yang perlu diperhatikan ketika sudah memasuki kapal yaitu pastikan menggunakan life jacket yang tersedia selama perjalanan menuju pulau demi keselamatan penumpang. Sesampainya di pulau yang pertama perlu dicari yaitu penginapan. Jika khawatir tidak kebagian penginapan karena jumlah wisatawan yang membludak ada baiknya untuknya mem-booking sebelum hari keberangkatan melalui aplikasi sewa online.

Kepulauan Seribu sendiri termasuk kedalam Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu yang terdiri atas sekitar 110 pulau. Beberapa pulau yang kerap dikunjungi wisatawan di antaranya Pulau Pari, Tidung, Harapan, Pramuka, Untung Jawa dan masih banyak lagi. Salah satu yang memiliki daya tarik tersendiri yaitu Pulau Tidung. Pulau ini memiliki ciri khas keberadaan jembatan yang menghubungkan Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil, jembatan ini diberi nama “Jembatan Cinta”.

Ekosistem Terumbu Karang.

Pulau Tidung Besar menjadi lokasi pemukiman penduduk, gedung sekolah, Puskesmas dan Kantor Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Sementara itu, Pulau Tidung Kecil merupakan area yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Pulau Tidung menyediakan beberapa fasilitas yang memanjakan wisatawan seperti jasa penyewaan sepeda, wahana air seperti banana boat, sofa boatsnorkeling hingga diving. Harga tiket sofa/banana boat cukup terjangkau yaitu Rp35.000 dan Rp50.000 untuk snorkeling. Namun, jika ingin diving, wisatawan harus merogoh kocek lebih dalam, yaitu sekitar Rp600.000/orang untuk set lengkap alat selam diluar harga sewa kapal. Wahana yang cukup digemari di pulau yaitu snorkeling karena melalui kegiatan ini kita dapat menikmati keindahan ekosistem terumbu karang lengkap dengan ikan-ikan yang berenang. Walaupun dengan kemampuan renang terbatas, wisatawan tetap bisa mencoba snorkeling karena telah disediakan life jacketsnorkel dan masker selam sehingga tetap aman bagi para snorkeler. Hal menarik lainnya di pulau ini yaitu keberadaan bagian dari jembatan cinta yang memiliki ketinggian kurang lebih 8 m dari permukaan laut yang dijadikan sebagai lokasi untuk melompat ke laut. Keberadaan jembatan yang tinggi ini menjadi tantangan tersendiri untuk menguji adrenalin para wisatawan.

Rangka Paus Sperma.

Berbeda dengan Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil yang tidak terdapat penginapan, tetapi di pulau ini dapat dijadikan alternatif bagi wisatawan yang hobi berkemah. Sebelum berkemah pengujung dihimbau untuk meminta izin terlebih dahulu kepada petugas di pulau tersebut. Selain itu, Pulau Tidung Kecil menyediakan sarana wisata eduaktif/agro wisata yang terdiri atas tempat pembibitan hingga lokasi pembesaran mangrove jenis Rhizophora sp., pembenihan berbagai jenis bibit buah, lokasi pengamatan penyu hujau dan sisik, serta terdapat pameran rangka di Museum Paus Sperma. Gedung pengamatan dan museum juga menyediakan papan informasi mengenai biota di dalamnya, sehingga semakin menambah wawasan para pengunjung.

Pulau Tidung dapat dijadikan wishlist untuk rencana liburan wisatawan, selain mendapatkan liburan yang menyenangkan pulau ini juga menyediakan sarana edukasi mengenai laut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.