Destinasi di Tengah Kebun, Silancur Highland

0
226
Panorama dari ketinggian destinasi Silancur Highland
Panorama dari ketinggian destinasi Silancur Highland

Magelang merupakan salah satu kabupaten yang menyimpan destinasi menarik untuk disambangi salah satunya ialah Silancur Highland. Silancur Highland adalah tempat berswafoto bagi para pecandu konten media sosial. Akan tetapi ada beberapa petak space kosong yang dipergunakan untuk camping. Berbeda dengan tempat wisata lainnya di Magelang yang berada di lembah Gunung Merapi. Silancur Highland berada di lembah kaki Gunung Sumbing yang terlihat jelas.

Suasana di Silancur Highland

Suasana yang begitu sejuk dikarenakan tempat wisata ini berada di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut. Dengan itu jangan lupa kenakan jaket tebal maupun syal agar kedinginan tak begitu saja merasuki raga. Namun herannya, masyarakat sekitar hanya mengenakan baju biasa atau oblong tanpa mengenakan jaket maupun syal. Mungkin sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat setempat akan suhu di sekitar destinasi ini.

Silancur Highland yang beralamatkan di Dadapan, Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Dan jarak tempuh dari pusat Kota Magelang sekitar 15 km dan memakan waktu 35 menit. Karena tempatnya terletak di daerah perbukitan, bentang alam Kabupaten Magelang sangat nampak apabila suasana cerah. Biasanya tempat ini diselimuti kabut tebal ketika esok hari, namun bagi yang beruntung dapat menyaksikan langsung sang fajar terbit dari ufuk timur serta melihat Kabupaten Magelang secara jelas.

Pemandangan Gunung Sumbing terlihat jelas
Pemandangan Gunung Sumbing terlihat jelas

Tempat wisata yang begitu strategis, karena harus masuk gang kecil dan menaiki jalan bebatuan. Dengan di kelilingi tanaman sayuran milik warga sekitar. Dan terlihat begitu subur dan terawat. Ditambah jajaran pesona gunung yang ikut menghiasi tempat ini, seperti Gunung Merapi dan Merbabu di sisi timur, dan Gunung Sumbing terlihat nampak di bagian barat. Dan pada saat musim pendakian, terlihat para pendaki berlalu-lalang di sekitar Silancur Highland karena ingin mendaki Gunung Sumbing via Mangli.

Harga Tiket dan Fasilitas

Bagi para pengunjung yang ingin menjajakan kaki di destinasi ini, cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 saja per orang. Bagi yang ingin berkemah dikenakan tarif sebesar Rp 15.000 per orang, dan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Dengan mengeluarkan biaya yang relatif murah, para pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan seperti tempat parkir, musala, toilet, spot foto yang menarik, sampai kantin. Bagi para pengunjung yang ingin berkemah di Silancur Highland dapat menikmati fasilitas seharian dan dapat mencicipi segarnya udara pagi.

Beberapa spot foto yang disajikan antara lain taman bunga yang berlatar belakang Gunung Sumbing. Dengan menyematkan rumah Hobbit di sekeliling taman bunga. Terdapat pula gardu pandang untuk menyaksikan sang fajar menampakkan diri dari ufuk timur.

Spot foto rumah hobbit juga tersedia
Spot foto rumah hobbit juga tersedia

Bagi masyarakat sekitar tak asing lagi mendengar cerita bahwasanya tempat wisata ini dibangun oleh sepasang bapak dan anaknya. Sebelum menjadi tempat wisata dan camping ground, tempat ini hanya digunakan untuk menanam sayuran bagi masyarakat sekitar saja. Dan akhirnya muncul ide dari bapak dan anaknya untuk membangun gardu pandang karena tempat tersebut sedang diminati oleh banyak orang di Magelang. Berawal dari gardu pandang yang terbuat dari bambu, hingga ditanami berbagai jenis bunga membuat daya tarik tersendiri nan juga ditambah tempat untuk camping. Semakin beralunnya waktu, tempat ini menjadi sorotan bagi pecandu konten di media sosial.

Bagi para pengunjung yang hanya ingin berkunjung di Silancur Highland, cukup siapkan kondisi fisik yang sehat serta kondisi kendaraan yang prima. Sangat mudah diakses untuk kendaraan bermotor. Dan bagi yang ingin berkemah di tempat strategis ini, sebaiknya memerlukan kesiapan mental dan fisik serta jangan lupa membawa logistik yang memadai. Serta peralatan mandi untuk membersihkan dan menyegarkan raga. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.