Deretan Pantai Cantik di Tepi Jalan Trans Sulawesi Parigi Moutong

0
641
Sunset di Pantai Muara Indah Ogodako.

Indonesia identik dengan banyaknya objek wisata pantai yang terbentang indah mengelilingi setiap pulaunya. Sebagai wilayah yang berbatasan timur dengan perairan Teluk Tomini, Parigi Moutong merupakan salah satu kabupaten yang dianugerahi keindahan alam berupa pantai yang cantik.

Jika banyak orang membutuhkan perencanaan biaya dan waktu untuk melihat pemandangan pantai, tidak demikian dengan kami yang bermukim di wilayah pesisir Parigi Moutong. Di sini, pantai adalah rumah bagi sebagian besar penduduk dan lautan sebagai sumber mata pencariannya.

Di Parigi Moutong, indahnya panorama pantai dapat kalian nikmati tanpa harus merobek kantong. Seperti halnya empat pantai berikut, yang terletak di tepi jalan Trans Sulawesi Parigi Moutong. Kalian bahkan bisa menikmatinya dari atas kendaraan sekalipun jika kebetulan melintas di jalan ini. Namun saya sarankan untuk singgah sejenak merasakan lembutnya pasir dan hangatnya sinar mentari di pesisir Teluk Tomini.

Pantai Lebo.
Pantai Lebo

Pantai Lebo terletak di jalan Trans Sulawesi Desa Lebo, Kecamatan Parigi. Pantai yang satu ini telah lama menjadi destinasi wisata. Pasirnya yang putih dan air lautnya yang hangat membuat banyak orang betah menghabiskan waktu di pantai ini. Jika hari libur tiba, pantai lebo selalu ramai pengunjung yang didominasi oleh pasangan muda. Kita akan sering menjumpai pemandangan ibu muda yang tengah mengatur makanan di atas tikar, sementara pasangannya, si bapak muda dan sang anak sedang berenang di laut. Atau pemandangan muda-mudi yang mengajari pasangannya berenang. Bagi para jomlo, kuatkan hati jika berkunjung ke pantai ini ya, terlebih jika Anda bertemu mantan bersama keluarga kecilnya.

Selain menjadi tempat liburan keluarga, Pantai Lebo juga dapat dijadikan spot yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit.

Pantai Kayubura

Sekitar enam kilometer dari Pantai Lebo, kita akan menjumpai Pantai Kayubura, di Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah. Sejak digelarnya kegiatan Sail Tomini pada tahun 2015 lalu, Pantai Kayubura selalu ramai dikunjungi wisatawan. Arusnya yang tenang dan airnya yang begitu jernih membuat Pantai Kayubura digemari banyak orang.

Di Pantai Kayubura juga terdapat dermaga yang biasanya digunakan oleh para pengujung untuk menunjukkan skill terjun ke laut dengan berbagai gaya. Selain itu, adanya warung yang berjajar di tepi pantai juga menjadi nilai tambah bagi pantai ini. Jika lelah berenang dan perut mulai lapar, kita dapat memesan berbagai makanan yang tersedia. Es kelapa muda, pisang goreng, jagung bakar, serta berbagai penganan lain dapat dinikmati dengan harga terjangkau. Dari tepi Pantai Kayubura, kita dapat milihat megahnya puncak Parigi Mutiara Katulistiwa (PMK) yang menjadi salah satu icon Kabupaten Parigi Moutong.

Pantai Tanjung Inova.
Pantai Tanjung Inova

Selanjutnya adalah Tanjung Inova yang terletak di Desa Avolua Kecamatan Parigi Utara. Nama pantai ini disematkan oleh masyarakat sebagai pengingat akan terjadinya kecelakaan mobil Inova yang terjun ke pantai tersebut beberapa tahun lalu.

Ada banyak kegiatan seru yang dapat dilakukan selama berada di pantai ini. Biasanya para lelaki menghabiskan waktu dengan memancing sambil melihat pemandangan pantai berlatar hijaunya pepohonan. Selain memacing, kita juga dapat berjalan-jalan meikmati lembutnya pasir pantai.

Pantai Muara Indah Ogodako

Pantai yang satu ini terletak di Desa Ogotion, Kecamatan Mepanga. Untuk dapat menikmati keindahan pantai ini, pengunjung dikenakan tarif Rp 5.000 per orang. Bagi para pemburu spot foto yang instagramable, Pantai Muara Indah Ogodako adalah tempat yang tepat. Banyak spot foto menarik yang dibuat untuk menyalurkan eksistensi pengunjung di depan kamera. Jika lelah berswafoto, kita dapat beristirahat di gazebo yang berjajar di bawah pohon.

Pantai Sail Tomini.

Waktu terbaik mengunjungi pantai ini adalah sore hari ketika matahari bersiap untuk terbenam. Pantai muara indah ogodako merupakan salah satu lokasi terbaik melihat sunset. Pengalaman menyaksikan matahari terbenam di balik lautan akan menjadi kesan yang tak akan pernah dilupakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.