Dari Jakarta Ke Bandung Cuma 14 Ribu!

Kereta lokal dengan jarak dekat yang harga tiketnya cuma 8 ribu rupiah.

Jakarta dan Bandung ibaratnya seperti dua pelabuhan besar, tempat dimana semua wilayah disekitarnya melakukan jual beli dan kegiatan penting di sana. Bandung adalah Ibukota Provinsi Jawa Barat, sedangkan Jakarta adalah Ibukota Negara ini. Dua duanya merupakan pusat ekonomi dan pemerintahan yang penting di Pulau Jawa.

Perjalanan dari Jakarta dan Bandung adalah perjalanan “bisnis”. Rata rata, para pejalan menggunakan moda transportasi yang cepat dan efisien, 3 sampai 4 jam saja sudah sampai ke Bandung. Ada beberapa moda transportasi, seperti travel, bis, dan kereta api. Bahkan, sekarang sedang digarap kereta api cepat, yang kabarnya cuma 1 jam saja durasi perjalananya.

Biaya yang dibutuhkan untuk moda transportasi “yang cepat sampai” pun sekitar 100 sampai 300 ribu. Banyak pilihan kelas dari berbagai moda, dari kelas ekonomi, premium, bisnis, sampai eksekutif.  Dari berbagai moda transportasi, kereta api lah yang cukup populer dan cepat habis tiketnya. Kereta Api Argo Parahyangan adalah kereta yang paling banyak volume keberangkatannya.

Lupakan Argo Parahyangan, ternyata ada kereta api yang dengan uang 14 ribu aja bisa nganterin kita sampai Bandung! Perjalanan ini saya mulai dari Stasiun Jakarta Kota, dari stasiun ini saya naik KRL Commuter Line menuju Stasiun Tanjung Priuk. Kita bisa memulai perjalanan menuju Bandung dari Stasiun Tanjung Priuk.

Kereta Api Walahar Ekspress (Stasiun Tanjung Priuk – Stasiun Purwakarta)

Kereta pertama yang kita naiki adalah kereta api Walahar Ekspress. Ada tiga waktu keberangkatan kereta ini, ada keberangkatan pukul 09.55, pukul 11.05, dan pukul 16.15. Keberangkatan pun harus kita lakukan pada jam 11.05, karena kita akan menyambung lagi kereta Cibatu pada pukul 16.00 di Stasiun Purwakarta. Saya menuju loket dan membeli tiket seharga 6 ribu rupiah. Lalu, kita berjalanan menuju lintasan kereta dan naik KA Walahar Ekspress.

Tiket Kereta Api Walahar
Harga tiket hanya 6 ribu rupiah saja. Tertarik mencoba?

Kita akan melihat “wajah asli Ibukota” dalam perjalanan menuju Stasiun Purwakarta. Kita bisa mengamati pemukiman kumuh dan sampah yang tidak terkelola di sepanjang jalur kereta api dari Stasiun Tanjung Priuk sampai Stasiun Kemayoran. Belum lagi di belakang pemukiman itu kita bisa melihat gedung gedung tinggi pencakar langit. Kontras situasi ini adalah perenungan yang cukup mendalam bagi saya.

Kurang lebih pukul 2 siang saya sampai di Stasiun Purwakarta.

Transit di Purwakarta

KA Walahar Ekspress berhenti di tujuan akhir yaitu Stasiun Purwakarta. Dari Stasiun ini, kita akan lanjut naik KA Cibatu sampai ke Bandung. Waktu transit cukup lama, dari pukul 2 siang sampai 4 sore. Sambil menunggu, saya mencari makanan di sekitar stasiun. Ada banyak pedagang yang berjualan, seperti batagor, mie baso, mie ayam, dan minuman hangat. Saya membeli batagor, per porsinya 8 ribu rupiah saja.

Stasiun Purwakarta
Setelah sampai di Stasiun Purwakarta.

Kereta Api Cibatu (Stasiun Puwakarta – Stasiun Bandung)

KA Cibatu berangkat pukul 4 sore. Setelah transit selama dua jam di Stasiun Purwakarta kita melanjutkan perjalanan ke Stasiun Bandung. Sepanjang perjalanan menuju Bandung, kita akan disuguhkan pemandangan indah. Pegunungan, sawah, lembah, sungai, dan jalan tol. Bagus banget!

KA Cibatu merupakan kereta api lokal. Bangku dan interior kereta tidak semewah kereta dengan kelas bisnis atau eksekutif, tata ruang kereta pun sempit dan seadanya. Memang kereta ini adalah kereta lokal dengan jarak dekat. Harga tiketnya cuma 8 ribu rupiah.

Kereta Api Jakarta Bandung
Kereta Api Jakarta Bandung.

Jam 6. 30 kita akan sampai di Stasiun Bandung. Perjalanan dari jam 11 sampai jam 6 sore cukup melelahkan, tapi murah banget. Yuk ke Bandung cuma 14 ribu!