Dapur Griya Herbal – Cafe dengan Konsep Herbal di Kota Batu

0
657
Dapur Griya Herbal di Kota Batu

Kota Batu yang secara umum memiliki kondisi iklim dingin bukan penghalang bagi hobi jalan-jalan. Saat waktu perjalanan sangat tipis, seputar kota adalah pilihan terbaik. Kali ini pilihan jatuh pada Dapur Griya Herbal, yang berlokasi di Jalan Lahor, Kota Batu, Jawa Timur. Fyi, ini cukup ditempuh dengan jalan kaki 15 menit saja, karena jaraknya dari rumah hanya sekitaran 1 km.

Halaman depan juga full herbal Dapur Griya Herbal
Halaman depan juga full herbal. Tersedia jeep bagi yang menghendaki paket jalan-jalan antimainstream.

Begitu tiba di lokasi, dari gerbangnya langsung terlihat halaman parkir luas yang dipagari dengan berbagai tanaman herbal. Jeep jadul yang terawat baik terparkir di halaman terbuka. Ini disediakan bagi pengunjung yang menghendaki paket perjalanan wisata yang tidak biasa. Tentu seru berkeliling kota dingin dengan menggunakan kendaraan terbuka. Jika Teman-teman memilih paket ini, jangan lupa pakai jaket dan kacamata ya. Bukan hanya biar keren, tetapi mencegah masuk angin dan masuk debu.

Lokasi tempat pemesanan dan lokasi makan berada di kanan halaman. Jadi, dari tempat jeep, menolehlah ke kanan. Akan langsung terlihat papan yang memuat nama

“Dapur Griya Herbal”

Pada taman yang merupakan paduan manis dari berbagai tanaman herbal.

Tak jauh dari papan nama, Teman-teman akan bertemu meja pemesanan. Meja pemesanan ini setengahnya dipenuhi toples-toples berisi kopi dari berbagai daerah. Jika berkesempatan mengintip bagian dalamnya, akan didapati deretan toples berisi aneka hasil olahan tanaman herbal. Siap dijadikan beraneka jamu dan minuman sesuai pesanan.

Dapur Griya Herbal Jalan Lahor, Kota Batu
Jajaran kopi dari berbagai daerah, dengan latar pilihan menu.

Ada banyak pilihan makanan. Mulai dari produk olahan Ayam sampai beraneka sayuran. Hidangan ala menu tradisional rumahan, sampai yang sekelas hotel juga tersedia. Teman-teman bisa memilih sesuai selera. Minuman standar tersedia, tetapi beranikan diri untuk mencoba sajian jamu.

Teman-teman tidak perlu takut. Jamu pada umumnya memang disajikan dalam tampilan hijau keruh, dengan kepekatan yang tak jarang membuatnya menjadi susah ditelah. Ditambah rasa yang pahit, lengkap sudah alasan untuk meninggalkan warisan nenek moyang ini. Nah, Dapur Griya Herbal ingin mengubah pola tersebut. Di lokasi ini, jamu dihadirkan dalam wujud yang lebih modern dan bersahabat dengan lidah. Penerima pesanan jamu akan memastikan jenis jamu yang diinginkan. Jika tidak terbiasa minum jamu, maka jamu akan disajikan dalam bentuk yang light. Rasanya jadi lebih seperti minum sirup saja. Tapi dengan nilai plus khasiat dari bahan herbal dalam minuman tersebut.

Hal istimewa lain dari tempat ini adalah tempat duduknya yang didesain full kayu. Sebagian besar kursi dibuat dari akar-akar kayu alami, dengan sedikit penyesuaian saja. Jadi antara tempat duduk satu dengan yang lain bisa jadi berbeda model, ukuran, dan tampilannya. Yang pasti, sebagian besar memiliki bobot yang butuh beberapa orang untuk memindahkannya. Hal terbaik adalah duduk, nikmati, dan berfotolah.

Dapur Griya Herbal Kota Batu
Salah satu lokasi kongkow Full kayu di Dapur Griya Herbal Kota Batu.

Bagus, pemilik Dapur Griya Herbal memadukan konsep galeri, kafe, dan herbal dengan rumah. Jadi, ia juga bertempat tinggal di salah satu bangunan. Konsep ini memberikan tampilan yang tidak biasa, sekaligus enak dinikmati. Tengok saja sejuknya ruang duduk  dari bahan kayu dan atapnya berpadu dengan rimbun tanaman sirih. Dengan konsep tampilan kafe, makanan, dan minuman yang ditawarkannya, Bagus berharap kebiasaan minum jamu dan back to nature akan kembali menjadi kebiasaan. Pemuda yang ramah ini juga tidak segan berbagi pengetahuannya tentang tanaman herbal.

Di akhir kunjungan, sempatnya mampir ke toko, tepat di belakang papan nama. Di tempat ini Bagus menyediakan berbagai pilihan bahan jamu atau jamu kering yang tinggal diseduh saja. Selain itu juga ada sabun dan shampo herbal, produk perawatan tubuh, sampai berbagai souvenir yang semua berbau alam.

Jalan-jalan kali ini benar-benar menyegarkan mata, badan, dan kepala. Ilmu yang didapatkan juga bisa menjadi bekal untuk mengelola kehidupan yang lebih baik dengan kembali ke alam.

Jam Buka
Setiap Hari: 11.00 - 23.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.