Danau Sipin, Destinasi Wisata yang Menyenangkan di Kota Jambi

0
726
Indahnya Danau Sipin.

Jika teman-teman memiliki kesempatan berkunjung ke Kota Jambi, tentu tidak boleh melewatkan tempat-tempat wisata yang berada di sini. Salah satunya adalah Danau Sipin, wisata yang menjadi kebanggaan daerah Tanah Pilih Pusako Betuah ini.

Tidak sulit sampai ke Danau Sipin, karena teman-teman bisa memakai transportasi umum atau mengandalkan Google Maps Jika membawa kendaraan sendiri. Lokasinya pun berada di pinggir jalan sehingga mudah terlihat. Tidak ada biaya masuk yang dibebankan, hanya saja ada biaya parkir sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Indahnya pemandangan danau yang tenang, ditambah semburat langit yang kemerahan di sore hari, adalah suatu kenikmatan dari Tuhan YME yang bisa kita nikmati di tepi Danau Sipin, Kota Jambi, Prov. Jambi. Panorama yang menyejukkan mata ini dapat membuat diri segar kembali dari penatnya rutinitas.

Sebenarnya wisata Danau Sipin sudah ada sejak lama. Sayangnya tempat ini sempat terbengkalai dan dipenuhi semak belukar di tepi danau. Barulah beberapa tahun terakhir pemerintah Kota Jambi membersihkan dan membenahi tempat ini sehingga tampak lebih baik dan mampu menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun dari luar Provinsi Jambi.

Tidak hanya tenangnya air danau yang dapat kita temui, namun di sini kita bisa melihat aktivitas penambak dan pemancing ikan, warga lokal yang menyebrang dengan ketek (perahu yang menggunakan mesin), dan jika beruntung teman-teman bisa melihat atlit dayung Jambi yang sedang berlatih di sini.

Penambak dan pemancing ikan.

Danau Sipin memang memisahkan antara kota Jambi dan kecamatan Sebrang Kota Jambi (Sekoja). Ada dua jalur yang bisa ditempuh, yaitu jalur darat dan jalur air. Nah, jika teman-teman yang berkunjung ke Danau Sipin ingin sekalian berkunjung ke Sekoja, bisa menggunakan jasa ketek dari penduduk lokal. Hitung-hitung juga membantu perekonomian warga setempat.

Namun kedepannya Pemerintah Kota Jambi juga akan membangun jembatan pedestrian yang melintasi Danau Sipin ini untuk menghubungkan Kota Jambi dan Sekoja. Sehingga mampu menarik wisatawan lebih banyak lagi. Untuk ketek yang dikelola masyarakat lokal tetap ada, tentu sensasinya berbeda menyebrang dengan jalan kaki di jembatan dan menggunakan ketek. Kembali kepada pilihan wisatawan untuk mencoba yang mana.

Track jogging di tepi Danau Sipin.

Selain itu Pemerintah Kota Jambi juga membuat track sepanjang 480 meter untuk masyarakat jogging atau berolahraga ringan. Kapan lagi bisa olahraga sambil menikmati pemandangan danau yang indah. Apalagi sore hari menjelang senja, birunya langit akan menjadi jingga karena bercampur sinar matahari yang akan tenggelam.

Mungkin jika Pemkot menambahkan beberapa alat olahraga lagi di sini tentu akan menambah daya tarik masyarakat untuk meramaikan Danau Sipin. Serta beberapa spot selfie buatan mengingat masyarakat sekarang yang gemar membagikan foto-fotonya di media sosial.

Sebrang kota jambi tampak dari tepi Danau Sipin.

Oh ya, jika teman-teman datang ke Jambi sekitar pertengahan bulan Juni bisa menyaksikan banyak festival yang diadakan di Danau Sipin. Diantaranya ada lomba perahu hias dan ada lomba dayung (pacu perahu). Pada momen ini biasanya ramai dipenuhi pengunjung dari dalam dan luar Kota Jambi.

Sayangnya ketika saya berkunjung kesana, warung-warung yang berjejer di tepi Danau Sipin ini belum ada yang buka padahal sudah menunjukkan pukul 17.00 WIB. Mungkin mereka akan buka pada malam hari, namun sungguh disayangkan jika ada wisatawan yang berkunjung namun kesulitan untuk mendapatkan makanan.

Semoga kedepannya pemerintah juga menggaet pengusaha kuliner yang rasanya lezat dan berkualitas. Sehingga pengunjung juga bisa menikmati keindahan Danau Sipin sambil menyantap kudapan yang lezat khas Kota Jambi.

Alamat Danau Sipin : Jln. Ade Irma Suryani, Telanaipura, Legok, Kec.Telanaipura, Kota Jambi, Jambi 36361.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.