Danau Biru yang Mempesona di Pulau Bangka

Assalammualaikum wr.wb

Halo sahabat Travel Blog, kembali lagi bersama saya Himawan Sutanto.

Kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dan teman-teman kampus yang berwisata ke Pulau Bangka.

Sebagai orang Palembang tentunya melihat pantai adalah suatu hal yang luar biasa karena di Sumatera Selatan sendiri tidak ada satupun pantai. Maka dari itu, saya dan ke empat teman saya (Jimi, Idris, Ridho dan Risky) pada saat liburan kuliah mencoba untuk berwisata ke Pulau Bangka. Karena di Bangka banyak sekali pantai-pantai yang indah. Di dalam video tersebut, kami memulai perjalanan darat dari kota Palembang menuju Pelabuhan Tanjung Api-Api. Setelah lebih kurang 2 jam perjalanan darat selanjutnya menaiki kapal untuk perjalanan laut.

Tertawa lepas di pinggiran pantai Pulau Bangka..
Tertawa lepas di pinggiran pantai Pulau Bangka.

Lebih kurang 5 jam perjalanan akhirnya kami sampai di pelabuhan Muntok, setelah itu kami langsung melanjutkan perjalanan ke Kota Sungai Liat. Pada hari pertama, kami mengitari pantai-pantai yang ada di Sungai Liat. Seperti Pantai batu banyak dan Pantai Turun Aban. Pemandangan disini sangatlah indah, Bebatuan yang tinggi dan ombak kecil yang menyapu pasir dan batu-batu pantai menambah ketenangan sendiri bagi saya pribadi. Untuk ke pantai ini tidaklah jauh, sekitar 20-35 menitan.

Keesokan harinya, kami ke Pantai Tikus Emas. Disini pantainya sudah sangat terawat dan banyak sekali kuliner dan permainan anak. Tidak hanya itu disini juga bisa bermain jet ski dan yang pastinya dokumentasi adalah yang paling penting. Banyak spot foto seperti patung penyu, pemandangan pantai yang luas, dan ikon utamanya patung tikus emas. Disini juga terdapat penangkaran anak penyu, jadi bagi yang ingin melihat penyu secara langsung, pastikan teman-teman datang ke pantai tikus emas. “Menurut cerita masyarakat setempat, pantai ini dulunya merupakan kawasan yang dihuni oleh tikus, pantai ini juga dikenal memiliki banyak jalan tikus sehingga wisatawan bisa berpetualang dari satu jalur ke jalur lainnya”. Jarak untuk ke pantai tikus emas ini hanya sekitar 5Km dari Kota.

Setelah dari Pantai Tikus Emas, kami menuju Puri Tri Agung. Disini tempatnya sangatlah bersih, pengunjung bisa berfoto-foto dengan mendapatkan latar puri dan juga pantai yang terbentang luas. Disini tidak perlu khawatir kelaparan, karena terdapat beberapa penjual makanan, seperti bakso, es krim, pentolan banyak lagi yang lainnya. Menurut saya, tempat ini salah satu rekomendasi untuk pengunjung yang berencana ke bangka.

Indahnya Danau Kaolin, Air berwarna biru menyala.

Keesokan harinya lagi, kami menuju Danau Kaolin yang berada di Bangka Selatan. Kurang lebih 2 jam perjalanan akhirnya kami sampai. Sungguh luar biasa pemandangan disini, dataran pasir berwarna putih dengan air biru yang menyala. Bagi yang hobi akan photography disini adalah tempat yang paling cocok untuk mengambil berbagai foto. Perpaduan warna biru airnya dan dinding-dinding batu yang berwarna putih seperti salju menjadi perpaduan warna yang sangat menakjubkan.

Diperjalanan pulang menuju sungai liat, kami berhenti di kawasan wisata hutan mangrove. Bagi pecinta alam, tempat ini saya rekomendasikan karena kawasan disini sangatlah menenangkan, disini kita bisa berkeliling dan berfoto-foto di kawasan hutan mangrove. Jadi lengkaplah sudah ketika berlibur ke Bangka, banyak sekali tempat wisata yang membuat takjub dengan keindahan alamnya.

Tidak sampai disitu, Malam hari nya pun kami ke Watersport Tongachi. Disini banyak sekali spot spot foto yang indah ketika malam hari. Hiasan payung-payung kecil yang berada dilangit langit menambah keindahan tempat ini, ikon ikon seperti becak, dinosaurus dan berbagai patung hewan lainnya juga terdapat disini. Watersport Tongachi ini banyak didatangi masyarakat pada malam hari, karena hiasan-hiasan disini sangat indah ketika hari gelap. Rekomendasi banget untuk teman-teman yang ingin berlibur kebangka.

Masjid Agung Sungai Liat.

Oh iya, Sebelum pulang kami tidak lupa untuk sholat di Masjid Agung Sungai Liat. Yaaaahh, begitulah kisah pengalaman kami berlibur di Pulau Bangka. Sahabat semua berkeinginan libur kesini? Jangan lewat berbagai tempat yang pernah kami kunjungi ini. Terakhir, khususnya teman-teman yang sudah pernah kesini, bagaimana perasaannya ?