Curug Mandala: Keindahan Tersembunyi di Subang

0
2478
Laguna di Curug Mandala.

Seperti artikel-artikel saya sebelumnya tentang Subang. Subang menyimpan banyak potensi wisata, tidak akan cukup bila kita menjelajahinya dalam satu hari saja. Ada banyak wisata alam yang indah dan sangat asri, dari agrowisata sampai wisata air terjun bisa dengan mudah kita jumpai.

Ada satu air terjun yang wajib kamu kunjungi ketika jalan jalan ke Subang. Menurut saya, air terjun ini adalah yang paling jernih dan indah di daerah Subang. Tentunya subjektif, tetapi dari sekian banyak air terjun yang saya kunjungi di Subang, air terjun ini yang paling saya rekomendasikan. Namanya adalah Curug Mandala, air terjun ini sudah tidak asing lagi bagi warga Subang, tetapi banyak wisatawan yang masih belum mengetahui air terjun ini. Curug Mandala terletak di tengah perkebunan teh milik PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) Sektor 8, jadi air terjun ini sangat asri dan cukup sepi untuk ukuran sebuah objek wisata.

Air terjun ini cocok sekali dikunjungi oleh kalian yang suka hiking dan menikmati berdialog dengan alam yang sepi. Karena akses menuju air terjun ini cukup sulit, jika memakai motor harus melewati trek berbatu dan terjal, jika berjalan kaki maka harus melewati jalan perkebunan teh yang berbatu dan naik turun. Memang cukup menantang dan sulit, tetapi semua akan terbayar ketika kamu sampai di Curug Mandala.

Curug Mandala tidak seperti air terjun lain yang biasa dikunjungi wisatawan. Biasanya, air terjun itu hanya satu aliran saja, dan mengalir dari atas ke bawah melewati tebing dan ngarai. Tetapi, Curug Mandala sedikit berbeda dan unik. Ada 4 sampai 5 bagian air terjun yang bisa kita jelajahi, dari laguna di bagian paling atas hingga air terjun paling besar di bawah. Bagian yang paling saya suka adalah laguna paling atas, selain airnya yang jernih dan biru, kita pun harus sedikit memanjat bagian tebing sebelum sampai di atas. Di laguna ini, kita pun bisa berendam dan berenang dengan sensasi kesegaran air yang mantap!

Bagian tengah Curug Mandala

Fasilitas Curug Mandala

Saung (gazebo tradisional) di tepi air terjun

Curug Mandala memang bukan objek wisata yang umum dikunjungi wisatawan. Tetapi, kesan sepi dan eksklusifnya menjadi keistimewaan tersendiri bagi wisatawan yang mencari ketenangan. Walaupun begitu, fasilitas di Curug Mandala sudah cukup baik dan nyaman. Terdapat mushola, toilet, dan saung-saung untuk beristirahat (gazebo). Lalu, hanya ada satu warung saja disini, sehingga kondisi di objek wisata tidak semrawut dan kacau. Dengan fasilitas yang ada, pengunjung hanya membayar 10.000 rupiah saja untuk menikmati keindahan Curug Mandala, murah kan?

Mushola sederhana di tepi air terjun

 

Selain bermain di air terjun, wisatawan juga bisa melakukan camping di areal yang disediakan. Lahannya bisa memuat sampai 10 tenda, tersedia toilet juga. Kawasan ini cukup ideal untuk camping ceria, camping dengan keluarga, dan camping bersama teman-teman.

Akses Menuju Curug Mandala
Nah, ini bagian yang bagi sebagian orang cukup sulit. Tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit, hanya butuh sedikit tenaga dan usaha. Ada dua jalan yang bisa kita tempuh menuju Curug Mandala, yang pertama lewat pabrik teh PTPN 8 dan yang kedua lewat Jalan Cagak Ciater menuju Panaruban. Kedua jalan ini tidak bisa dilalui oleh mobil, sehingga lebih disarankan menggunakan sepeda motor, walaupun jalan yang dilalui cukup terjal dan berbatu.

Perkebunan teh di sepanjang jalan menuju air terjun

Kalau saya pribadi menyarankan untuk melalui pabrik teh, lalu memarkirkan kendaraan di pabrik teh untuk melanjutkan berjalan kaki sekitar 20 – 30 menit. Supaya perjalanannya lebih terasa dan kita pun bisa menikmati hawa perkebunan teh yang sejuk dan alami. Tetapi, jika kondisi motormu baik, kamu bisa menggunakan motor sampai tepat di parkiran air terjun. Jika kamu bingung, bisa bertanya ke warga sekitar atau menggunakan GPS, karena lokasinya sudah tercantum dengan cukup akurat.

Yuk, berenang dan main air di Curug Mandala!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.