Curug 7 Cilember: Pemandian Para Putri Kerajaan Siliwangi

0
318
Curug 7 Cilember.

Sejak dulu hingga sekarang, Puncak selalu dipilih sebagai salah satu destinasi utama masyarakat Jabodetabek untuk berwisata atau hanya sekedar melepaskan penat sejenak dari kebisingan ibu kota. Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari ibukota, banyaknya pilihan wisata alam dan rekreasi yang menarik, serta lokasi yang berada di pegunungan menjadikan Puncak Bogor selalu ramai dipadati oleh wisatawan terutama di akhir pekan. Jika Anda ingin berkunjung ke wisata alam dengan suasana hutan yang asri serta akses yang mudah dijangkau, Curug 7 Cilember bisa menjadi pilihan Anda!

Curug 7 Cilember merupakan wisata alam air terjun yang berada di Desa Jogjogan, Kecamatan Cisarua, Megamendung Bogor. Curug yang mulai ditata sebagai obyek wisata pada tahun 1990-an ini hanya berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Bogor, dan dapat dicapai sekitar dua jam dari Jakarta. Dikarenakan akses jalan dari Jalan Raya Puncak yang mengarah menuju Curug 7 Cilember cukup sempit dan melewati pemukiman warga setempat, maka disarankan untuk tidak membawa kendaraan besar.

Kumpulan Pohon Pinus di sepanjang jalan setapak menuju Curug 7 Cilember.

Sesampainya di gerbang Curug 7 Cilember, Anda akan diminta untuk membayar uang tiket sebesar Rp25.000 yang sudah termasuk biaya asuransi. Setelah masuk, Anda akan disambut dengan banyaknya pepohonan pinus di sepanjang jalan setapak menuju curug yang sangat asri. Rupanya pihak pengelola juga cukup serius dalam mengembangkan kawasan ini sebagai tempat wisata yang lengkap, pasalnya terdapat berbagai permainan dan spot foto menarik yang menghiasi perjalanan menuju curug. Tentu saja untuk bermain berbagai permainan dan mengambil foto di spot foto yang indah tersebut Anda akan dikenakan biaya tambahan. Selain itu terdapat pula konservasi taman kupu-kupu yang ditandai dengan bangunan jaring raksasa berbentuk kubah. Di sana Anda dapat melihat berbagai spesies dari kupu-kupu di dalam sebuah taman. Untuk masuk ke konservasi taman kupu-kupu ini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

Setelah melewati jalanan setapak yang menanjak sekitar 200 meter dari gerbang, tibalah Anda di Curug 7 Cilember. Semua tenaga yang dicurahkan untuk menanjak menuju curug rasanya terbayar sudah dengan suara gemericik air terjun yang merdu dipadu dengan kumpulan pepohonan tropis yang asri ditambah dinginnya udara Puncak. Debit air yang deras dan suhu air yang dingin menambah keseruan bermain air di curug yang menurut saya tidak terlalu dalam ini. Tetapi jika Anda cukup malas berbasah-basahan, bebatuan di sekitar curug, dapat Anda gunakan untuk sekadar duduk-duduk memandangi indahnya curug ini. Anda juga bisa menyantap seporsi mie instan dan minuman yang dijajakan beberapa kedai sederhana di sekitar air terjun. Nikmat sekali!

Jalan setapak menuju Curug 7 Cilember.

Uniknya, curug ini tidak hanya terdiri dari satu curug saja melainkan terdapat tujuh curug yang bertingkat-tingkat. Maka dari itu curug ini disebut dengan Curug 7 Cilember. Penomoran curug diurutkan dari curug yang berada di paling atas, dengan curug nomor tujuh berada hanya sekitar 200 meter dari gerbang masuk. Adapun semakin Anda ingin menaklukan curug pertama, semakin terjal juga medan yang akan ditempuh. Sehingga wajar saja jika curug nomor tujuh yang paling ramai dikunjungi wisatawan karena tidak terlalu sulit ditempuh.

Belum lengkap rasanya jika wisata alam yang dikunjungi tidak memiliki mitos dan legenda yang melekat di masyarakat. Curug 7 Cilember ini juga memiliki beberapa mitos dan legenda yang cukup mencengangkan. Konon katanya curug ini dulunya merupakan tempat pemandian para putri dari Kerajaan Siliwangi sehingga dipercaya bila mandi di Curug Cilember Anda menjadi awet muda. Selain itu, konon jika Anda mandi di curug tersebut Anda akan segera mendapatkan jodoh dan disembuhkan dari segala macam penyakit. Ada pula mitos serupa yang mengatakan jika mandi di Curug Cilember pada tengah malam terutama di malam Jumat Kliwon pada bulan Muharram dan Maulid, dipercaya berkhasiat membuat awet muda, mendapatkan berkah, serta menambah kekuatan. Entah apakah mitos dan legenda tersebut benar atau tidak, yang jelas Curug 7 Cilember dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda untuk menyegarkan pikiran dan badan dari jenuhnya rutinitas!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.