Cokelat Monggo: Produk Yogyakarta, Rasa Internasional

0
238
Cokelat Monggo tester.

Beberapa wisatawan mulai bosan dengan bakpia. Lagi pula, kesan bakpia sebagai oleh-oleh khas dari Yogya sudah sulit tergantikan. Bakpia adalah ikon oleh-oleh Yogya paling tersohor. Tapi untuk kalian yang bosan, ada hal baru yang boleh dicoba, salah satunya adalah cokelat.

Kesan cokelat adalah snack dari Eropa, tapi sebenarnya tidak juga. Pohon cokelat itu kebanyakan tumbuh di wilayah tropis, pasti hasil bumi biji kokoa lebih banyak dihasilkan dari negara tropis seperti Indonesia. Biji kokoa terbaik dari Indonesia biasanya dijual ke luar negeri, maka tak heran kalau produk cokelat luar negeri lebih berkualitas.

Cokelat berkualitas biasanya berasal dari Belgia, Belanda, atau Jerman. Tapi di Yogyakarta ada sebuah produk cokelat lokal yang sebanding dengan cokelat dari Eropa, namanya adalah Cokelat Monggo.

Interior toko cokelat Monggo
Spesial dan Khas

Hari Sabtu, 9 November 2019, saya mengunjungi pabrik dan toko Cokelat Monggo. Lokasinya terletak di tengah pemukiman warga, tepatnya daerah Kotagede. Tokonya berbentuk bangunan joglo khas Yogya. Cokelat ini tampak ingin menciptakan kesan lokal dalam brandingnya.

Suasana toko ini asri sekali, malah lebih pantas disebut cafe cokelat. Karena penataan ruang dan halamannya sangat bagus, ditambah kursi meja taman dan pohon rindang. Kesan asri dan modern juga ada di dalam tokonya, interiornya unik sekali. Tempat ini cocok sekali untuk nongkrong dan mengobrol dengan teman atau keluarga. Tapi bagaimana dengan cokelatnya?

Dari tampilan produk dan kemasan, kesan “premium” sudah terlihat. Tapi jangan khawatir, kita diberi tester dulu. Karena varian cokelatnya sangat banyak, maka kita bisa bertanya dan mencoba. Jenis coklat pun berbeda, kita bisa meminta penjelasan tentang karakter tiap jenisnya. Cokelat di sini merupakan hasil bumi terbaik dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari Sulawesi dan Sumatera.

Cokelat Monggo tester.
Banyak Varian Rasa yang Ditawarkan

Untuk orang yang suka rasa manis, maka cokelat seperti milk chocolate cocok untuk kalian. Saya sendiri lebih suka cokelat dengan rasa pahit, maka saya memesan dark chocolate. Selain cokelat batangan, ada juga jenis lain, seperti praline, truffles, dan lain-lain. Selain itu, ada juga cokelat unik yang memiliki bentuk khas, seperti cokelat stupa, cokelat wayang, dan cokelat robot. Bukan hanya jenis dan bentuk, rasanya juga bermacam macam. Dari rasa klasik seperti susu, dark chocolate, mangga, durian, dan lalin lain. Bahkan, ada rasa rendang loh!

Saya pernah beberapa kali mencoba cokelat dari Belanda, dan cukup mengejutkan, Cokelat Monggo mirip sekali rasanya! Inilah yang lebih spesial dari cokelat ini. Kualitas cokelat dan bahan bahannya terasa dalam setiap bar cokelat. Jika kalian penasaran, harus dicoba sendiri agar benar benar tau rasanya. Tapi yang pasti, konsistensi dan kekentalan cokelatnya sangat terasa. Selain kualitas rasa, varian rasa dan penyajiannya sangat beragam. Kita bisa memiliki banyak pilihan sesuai kebutuhan.

Cokelat Monggo dengan packaging menarik.
Harga Cokelat Dibanderol Sesuai dengan Ukuran

Dengan kualitas dan varian yang sangat banyak, harga yang ditawarkan di atas rata-rata pasar cokelat di Indonesia. Jika cokelat batangan dengan ukuran yang kecil dihargai Rp 25.000, lalu cokelat batangan dengan ukuran besar dihargai Rp 47.000 – Rp 55.000. Nah, biasanya kalau wisatawan yang ingin membawa oleh-oleh, harganya kisaran Rp 90.000 sampai Rp 150.000. Semua pilihan dan rasa tergantung pada kebutuhan masing-masing, jadi bisa dipilih-pilih dan mencicipi tester-nya.

Oke, itu dia ulasan Cokelat Monggo. Kamu tertarik untuk mencoba?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.