Cobain Rendos, Kuliner Ciamis yang Rasanya Maknyos

0
286

Siapa di sini yang tinggal di Ciamis? Atau mungkin pernah berkunjung ke sana? Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat. Lokasinya berbatasan dengan Majalengka, Kuningan, Pangandaran, dan Tasikmalaya. Banyak yang mengira Ciamis ini masih satu daerah dengan Kota Tasikmalaya. Namun, itu tidak benar ya, teman-teman. Ciamis dan Tasikmalaya adalah kota yang berbeda tapi memang jaraknya sangat dekat. Cukup memakan waktu paling lama 1 jam kalian sudah bisa sampai dari Ciamis menuju Tasikmalaya.

Ciamis terdiri dari beberapa wilayah atau kecamatan, salah satunya Cikoneng. Cikoneng berasal dari Bahasa Sunda yaitu cai yang berarti air dan koneng yang berarti kuning.
Ciamis memiliki banyak sekali kuliner yang khas. Salah satunya yang populer adalah galendo. Bahan utama galendo adalah kelapa.  Kalian bisa menemukan kuliner ini di mana pun. Di terminal Ciamis pun, ada lho yang menjual galendo ini. Namun, dalam artikel ini saya tidak akan membahas galendo, tapi kuliner lainnya yang pastinya enak dan sehat pula. Apa sih kuliner yang dimaksud?

Kuliner ini dinamakan rendos. Rendos sangat terkenal di Ciamis, khususnya daerah Cikoneng. Maka dari itu, banyak orang yang mengatakan nama makanan ini rendos Cikoneng. Secara penampilan, makanan ini hampir mirip dengan gado-gado atau pecel. Arti nama rendos sendiri adalah ditumbuk atau dicampur.

Bahan-bahan Rendos.

Cara membuat rendos ini sangat gampang lho! Bahan yang diperlukan adalah soun, tauge, ubi rebus, mentimun lalu disiram dengan bumbu yang terbuat dari oncom atau bisa diganti dengan kacang tanah, cabe rawit, garam, dan gula merah. Lalu, masukkan kerupuk dan ditumbuk atau dicampur bersamaan. Kalian juga bisa atur tingkat kepedasan sesuai selera kalian. Tinggal bilang saja kepada penjual, “cengekna nu seeur, Bu/Pak, abi hayang rendos nu lada.”. Artinya, “cabenya yang banyak, Bu/Pak, saya mau rendos yang pedas”. Kalian bisa mengatakan sebaliknya jika tidak mau pedas. Kuliner ini disukai banyak kalangan, baik anak muda maupun orang tua, karena rasanya yang nikmat dan segar.

Rendos ini memang agak susah ditemukan termasuk di Cikoneng sendiri. Kuliner ini bisa kalian temukan di sekitar Kantor Pos atau Kantor Kecamatan Cikoneng. Kalian yang jauh dari tempat ini tidak perlu khawatir, kalian bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya sangat mudah ditemukan. Kalian bisa melihat tutorialnya di Youtube jika memang bingung. Untuk harga pasaran rendos ini, kalian tidak perlu merogok kantong terlalu dalam karena hanya dijual rata-rata Rp 5.000 saja. Sangat murah, bukan? Bahkan banyak yang mengira rendos ini dihargai sama dengan pecel atau gado-gado yang berkisar Rp 10.000.

Rendos Cikoneng.

Dikarenakan di daerahnya sendiri sulit ditemukan, rendos belum bisa kalian jumpai di kota lain. Kalian yang sudah pernah mencoba lalu cocok dengan rasanya bisa banget nih membuka usaha dengan menjual rendos ini. Selain mendapat untung, kalian juga bisa memperkenalkan jajanan ini kepada banyak orang. Dengan begitu kalian bisa membanggakan nama Cikoneng. Apalagi jika kalian asli dari sana.

Kalian yang berencana akan ke Ciamis atau Tasikmalaya jangan lupa mampir ke Cikoneng untuk mencicipi kuliner ini. Seperti yang dikatakan di atas, Cikoneng ini cukup dekat dengan Pangandaran. Pangandaran adalah salah satu kabupaten di Jawa Barat juga. Nama ini terkenal karena pantainya yang banyak dikunjungi terutama saat liburan. Saat libur Idul Fitri pun sangat ramai. Nah, kalau kalian berencana akan ke Pangandaran bisa bisa juga sekalian mampir ke Ciamis sebentar untuk berburu rendos. Dijamin bakal ketagihan karena rasanya maknyos!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.