Cita Rasa Eropa di Kota Yogyakarta

0
1210
Margherita Pizza ukuran bar.

Banyak orang Indonesia yang kini tergila-gila dengan masakan barat. Berawal dari tahun 90 an sejak pizza dan hamburger mulai dikenal, hingga kini nyatanya kedua makanan tersebut masih eksis di Indonesia. Namun apakah rasa pizza yang ada di pasaran Indonesia telah sesuai dengan negeri asalnya? Pada kenyataannya, mungkin saja Anda dapat menemukan sedikit restaurant yang mampu memberikan rasa pizza aslinya namun tidak dengan harga yang murah. Umumnya yang Anda dapati di sekitar Anda adalah rasa pizza yang telah dimodifikasi sehingga mampu diterima oleh lidah orang-orang Indonesia.

Di Yogyakarta, ada sebuah restaurant yang mampu menyuguhi Anda rasa pizza asli dengan harga yang sangat terjangkau. Tak heran jika antrian di restaurant ini sangat panjang terutama di jam-jam tertentu. Menu yang dijual pun adalah menu Eropa namun yang mengunjunginya tidak hanya orang Eropa. Banyak orang-orang Indonesia dan negara lain yang penasaran akan cita rasa yang dihadirkan.

Toko kecil ala vintage di dalam Mediterranea Restaurant.

Mediterania Restaurant merupakan sebuah restaurant ala Eropa yang didirikan oleh seseorang keturunan Prancis bernama Kamil. Restaurant ini mengusung konsep kontemporer pada bangunannya. Lokasi restaurant ini terletak di kota Yogyakarta dan cukup dekat dengan hunian wisatawan asing.

Mediterranea Restaurant berlokasi di Jalan Tirtodipuran no 24A kota Yogyakarta. Konsep bangunan yang minimalis dengan keseluruhan kursi dan meja kayu membuat pemandangan di restaurant ini kian menarik. Menu Perancis dan Mediterranean yang disajikan benar-benar menyembunyikan rasa penasaran untuk dicoba.

Biji-bijian yang dijual di Mediterranea Restaurant.
Harga dan jenis beberapa biji-bijian yang dijual di Mediterranea.

Makanan yang menjadi trend adalah firewood pizza dengan berbagai varian antara lain Neopolitan dan Margheritta. Tidak banyak yang saya ingat dari menu restaurant ini karena memang benar-benar sangat bervariasi. Namun untuk pizza, variasi tersebut berada pada topping. Saya memesan margheritta. Adapun ukuran pizza di restaurant ini terbagi menjadi 2 yakni bar dan normal. Ukuran bar berbentuk seperti batang sedangkan ukuran normal adalah berbentuk bulat.

Di Mediterranea, Anda dapat melihat berbagai biji-bijian yang dijual per kilo. Beberapa biji-bijian tersebut adalah black pepper, beras organik, dan masih banyak lagi dengan harga berkisar Rp 50.000-Rp 200.000 per kilo. Tentu saja biji-bijian tersebut sangat banyak dan saya tidak dapat mengingat satu per satu variasi biji-bijian tersebut. Yang menarik perhatian saya adalah alasan dijualnya biji-bijian tersebut di restaurant ini.

Margherita Pizza ukuran bar.

Ini adalah pizza margherita ukuran bar. Saya memesannya karena harganya yang paling murah, yaitu Rp 47.000. Adapun topping pada pizza ini adalah mozarella, saus tomaT, irisan tomat, dan olive hitam. Rasanya sangat mengenyangkan dan gurih. Hanya saja entah mengapa saya merasa lelah memakannya.

Calzone versi Mediterranea Restaurant.

Calzone mirip dengan pizza namun memiliki tutup dan dibentuk menyerupai pastel. Calzone yang saya pesan nampak begitu berminyak pada bagian atasnya dan tidak serenyah pizza. Anda akan sangat kenyang ketika memakannya karena adanya telur di dalam lipatan calzone.

Espresso Mediterranea Restaurant.

Sekalipun disajikan dalam cangkir yang amat kecil, kepuasan meminum secangkir kopi tidak akan menghilang. Hal itu dikarenakan cita rasa yang disajikan benar-benar merupakan cita rasa kopi murni. Apalagi jika kepahitannya dilebur dengan dark coklat.

Mix Juice (Strawberry dan Mangga).

Kombinasi dua jenis buah jika dicampur dengan tepat pastinya dapat menghasilkan cita rasa yang aduhai. Akan tetapi karena saya memilih memadukan strawberry dengan mangga, ditambah penyajiannya yang menurut saya terlalu banyak air, menghasilkan rasa yang tidak terlupakan. Maksudnya adalah rasa tersebut membuat saya tidak akan mengulangi untuk mengkombinasikan kedua jenis buah ini. Bahkan dengan penambahan gula sekalipun, saya masih tidak mendapatkan rasa yang diharapkan.

Jam Buka
Setiap Hari 8.30 - 23.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.