Catat Tanggalnya! Event Yang Akan Dilaksanakan Bulan Maret 2019

0
2270
Festival Di Bulan Maret (sumber: unsplash.com)

Sudah memasuki bulan maret di tahun 2019 masih mati gaya? Atau belum ada rencana untuk berlibur di bulan maret? Menghadiri banyaknya festival yang diadakan di berbagai daerah Indonesia mungkin bisa menjadi inspirasimu untuk merencanakan traveling bulan ini. Catat tanggal-tanggal berikut, untuk melihat ada acara apa saja yang bisa kamu nikmati di bulan ini!

Java Jazz Festival – Jakarta, 1-3 Maret
Festival musik jazz terbesar di Indonesia, Jakarta International Java Jazz Festival (JIJJF) hadir kembali setelah hampir 14 tahun diadakan setiap tahun. JIJJF dibawah naungan Java Festival Production ini akan diadakan kembali pada tanggal 1-3 Maret 2019 di JiExpo Kemayoran Jakarta. Setelah berhasil memboyong international artist papan atas seperti James Brown, Earth, Wind & Fire, Chaka Khan, Lisa Ono, Jamie Cullum, dan masih banyak lagi. Kali ini JIJJF 2019 akan membawa Toto, H.E.R, dan Raveena sebagai Line-up Special Show. Jangan lewatkan juga line-up artis Indonesia yang akan turut memeriahkan JIJJF 2019 seperti Afghan, Andien, Tohpati feat Sheila Majid, Barry Likumahuwa, dan masih banyak lagi.

Festival Teluk Jailolo – Maluku Utara, 3-5 Maret
Pemerintah daerah Halmahera kembali menggelar Festival Teluk Jailolo 2019. Event yang diselenggarakan setiap tahun ini berlangsung sejak 10 tahun yang lalu ini tetap menyajikan berbagai macam kegiatan bernuansa karifan lokal Halmahera Barat. Festival ini dimeriahkan dengan Sigofi Ngolo, yaitu ritual pembersihan laut oleh masyarakat setempat yang mempersembahkan sesaji untuk alam. Ada pula Moloku Kie Raha, yaitu acara yang menampilkan makanan tradisional serta berbagai pertunjukan seni dan budaya khas Halmahera. Ada pula acara Orom Sasadu, Bazaar, dan acara ini pun mengadakan acara bagi turis dan penduduk setempat seperti menjelajah desa tradisional Halmahera Barat, mempelajari rempah-rempah, kompetisi fotografi bawah laut, kompetisi menyelam, kompetisi tari tradisional, dan masih banyak lagi.

Acara ini dilaksanakan pada tanggal 3-5 Maret 2019 bertempat di Teluk Jailolo atau dikenal juga sebagai Gailolo

Horas Samosir Fiesta – Sumatera Utara, 7 Maret
Horas Samosir Fiesta yang rutin diadakan di Sumatera Utara akan diadakan kembali mulai tanggal 7 Maret 2019 hingga sepanjang tahun 2019, bertempat di pulau Samosir, Sumatera Utara. Horas Samosir Festival sendiri terdiri dari pertunjukan musik, festival budaya, kompetisi olah raga, dan masih banyak lagi. Namun, festival ini pun menampilkan tiga acara besar kelas internasional utama yaitu: Samosir Music International Festival, Grand Fondo New York (GFNY) Championship Asia dan Samosir Lake Toba Ultra Marathon.

Tujuan utama dari Horas Samosir Fiesta ini diharapkan dapat memperkuat promosi serta branding pariwisata Toba dan menciptakan peluang ekonomi kreatif masyarakat Samosir serta membuka peluang kerja sama paket wisata dengan tour operator.

Bali Spirit Festival – Bali, 24-31 Maret
Bagi para pecinta Yoga, acara tahunan Bali Spirit Festival akan hadir kembali pada tanggal 24-31 Maret 2019. Acara ini adalah salah satu festival yoga terbesar dan terbaik di seluruh Asia. Bali Spirit Festival ini pun akan dimeriahkan oleh instruktur yoga, musisi, dan seniman dari berbagai negara untuk berbagi ilmu dan pengalamannya, beberapa yang akan hadir diantaranya Tymi Howard, Ronan Tang, Jeffrey Armstrong, Gwyn Williams, dan Danny Paradise. Ada juga presenter internasional seperti Chester Tan, Brian Siddharta, Anshu Singh, Deva Dwabha, dan masih banyak lagi. Bagi yang ingin hidup sehat dengan yoga dan ingin merasakan yoga dengan suasana nyamannya Ubud, wajib sekali menghadiri acara ini.

Exciting Banten on Seba Baduy – Banten, 24-31 Maret
Suksesnya Exciting Banten Festival tahun 2018 membawa masyarakat Banten terutama suku Baduy untuk membuat festival ini lebih meriah. Tahun 2019 ini, Exciting Banten Festival akan diselanggarakan pada tanggal 24 hingga 31 Maret dan akan dimeriahkan oleh berbagai atraksi seni budaya yang menjadi daya tarik utama para wisatawan untuk hadir dan menyaksikan setiap prosesinya. Festival yang telah langganan masuk ke dalam kategori 100 Wonderful Events Indonesia Kementrian Pariwisata ini pun tidak hanya menyajikan  prosesi adat tradisional Suku Baduy, namun akan dihadirkan pula pertunjukan modern dan pameran produk unggulan Banten.

Tour de Bintan – Kepulauan Riau, 29-31 Maret
Walaupun ini bukan Tour De France namun sensasinya akan terasa seperti Tour De France. Tour De Bintan ini adalah acara tahunan lomba balap sepeda yang dilaksanakan di pulau Bintan. Tahun ini adalah penyelenggaraan yang ke Sembilan dan telah menjadi ajang balap sepeda yang digemari di seluruh Asia. Kali ini, Tour De Bintan akan dilaksanakan pada tanggal 29 hingga 31 Maret. Jangan lupa peregangan dan catat tanggalnya untuk mengikuti ajang balap sepeda terbaik di Asia.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.