Cara Mudah ala Mahasiswa Keliling Dunia

0
592
Proposal Sponsorhsip.

Pernahkah kalian ketika jadi mahasiswa baru diminta untuk menulis impiannya selama di kampus pada kertas berwarna-warni? Bermacam impian dari A-Z pasti berbeda-beda untuk setiap orangnya, karena kita datang dengan membawa harapan yang selalu disemogakan untuk menjadi kenyataan. Dari sekian banyak keinginan, salah satunya ketika melihat kakak kelas adalah untuk bisa pergi ke luar negeri. Seketika saya langsung berpikir, kok bisa, ya?

Tentunya bukan cuman sekedar jalan-jalan, namun, sebagai perwakilan membawa nama almamater bahkan negara. Menjadi mahasiswa dengan kurangnya informasi mengakibatkan saya sulit untuk mencapai impian tersebut.

Satu hal penting untuk memulai, apa impianmu? Negara manakah yang ingin dituju? Jepang dengan bunga sakura yang indahnya, Korea Selatan dengan negara romantis seperti drama korea, Perancis dengan kota cantiknya, Amerika serikat dengan kota metropolitan terbesar di dunia, atau negara lainnya? Pastikan selalu ada yang kalian tuju.

Mencari Informasi dan Berkomunikasi

Giat-giatlah mencari informasi, karena dengan banyaknya media sosial yang ada, maka begitu banyak tempat mencari informasi sebanyak-banyaknya. Ada beberapa kategori kegiatan yang bisa kamu ikuti, yaitu conference, competition, exchange, exhibition, dan scholarship. Masukan saja kata-kata tersebut pada mesin pencarian, maka akan muncul banyak peluang yang bisa kalian pakai. Ada yang fully funded (Gratis), self funded atau partial funded. Selain itu, hal mendasar paling penting kamu harus bisa berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris atau bahasa daerah yang dituju, itu harus! Minimal membawa teman yang bisa bahasanya untuk berkomunikasi.

Setelah hal dasar tersebut kamu miliki, sekarang apa gagasan yang kamu punya? Hal tersebut yang akan kamu share ketika bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara. Setelah itu, kamu bisa mencari sebuah tim bila memang perlu untuk memikirakanya bersama-sama yang lain, dan tentu itu akan lebih mudah. Ketika sudah mantap tentang ide yang akan kamu bawa, sesuaikan dengan kegiatan apa yang ingin kamu tuju memang lalu apply hingga mendapatkan surat sakti, yaitu Letter of Acceptance.

Mencari Dana

Banyak orang yang gagal berangkat biasanya karena hal ini. Penyebabnya adalah karena tidak semua acara itu akan membiayai semuanya. Entah akomodasi, uang makan, atau sekadar jajan, perlu untuk kita antisipasi. Namun, tenang saja, ada banyak cara untuk mendapatkan itu semua.

Dimulai dari kampus yang menyediakan anggaran untuk mahasiswanya berkompetisi membawa nama kampusnya, lalu ada pemerintahan daerah yang bisa kamu tuju untuk meminta bantuan dalam subsidi pendanaan, dan yang terakhir, tidak lupa banyak perusahaan-perusahaan swatsa atau BUMN yang sudah menganggarkan uangnya loh untuk CSR mereka. Jadi, ada banyak jalan yang bisa diusahakan, jangan khawatir dan pandai-pandailah bernegosiasi.

Persiapan Acara Kegiatan

Setelah itu, persiapkan untuk kehadiran kamu di kegiatan tersebut, bila lomba, maka persiapkan lombanya dengan matang, bila conference, maka persiapkan kemampuan komunikasi dan argumentasi kamu! Percaya diri dan mental juga harus diteguhkan, karena akan berhadapan dengan berbagai macam orang dari berbagai negara, jangan ragu. Jangan lupa berdoa, karena pada intinya itu tujuan kamu berangkat, disamping ingin pergi keluar negeri.

Persiapan Akomodasi dan Bekal
Pastikan mempunyai paspor! dan siap-siap membuat isian paspormu terisi penuh.

Setelah semua siap, kamu perlu mempersiapkan keberangkatan, seperti akomodasi keberangkatan, paspor, visa, dan uang saku. Persipkanlah hal-hal tersebut jauh-jauh hari, karena biasanya yang lumayan rumit di bagian visa dimana kamu dinyatakan dapat izin berangkat atau tidak. Untuk pakaian, kamu bisa menyesuikan kondisi cuaca di negara tujuan entah summer, winter, spring, atau autumn.

Hal penting lainya, adalah tentang makanan. Terutama bagi kita yang tidak cocok dengan sajian makanan di negara orang, terlebih bagi seorang muslim seperti saya, makanan haram atau halal selalu menjadi perdebatan dengan teman. Tapi jangan bingung, kamu bisa membawa persediaan makan untuk kisaran seminggu di luar negeri. Itu bisa membuatmu makan dengan rasa yang cocok, sekaligus hemat pastinya. Hal penting lainnya adalah pelajari kondisi negara yang kamu tuju, baik itu kondisi kulturalnya, bahasa, dan lokasi tempat yang kamu bakal tuju, sehingga ketika datang, sudah ada rencana.

Nikmati dan Berjuanglah!
Buat Tim terbaik Anda!

Setelah semua itu kamu persiapkan, waktunya pergi dan yakinlah hari itu yang kamu tunggu-tunggu dengan segala persiapannya. It’s your time to see the beuatiful another part of this world! Nikmati segala proses perjalanannya, disamping persiapan untuk kegiatan yang kamu ikuti, jalan-jalan merupakan hal yang wajib untuk melihat belahan dunia lainnya.

Pergunakan setiap waktunya untuk berkeliling mendapatkan spot-spot ikonik dari setiap negara tersebut, minimal untuk sebatas update di Instagram. Seringlah untuk mencoba berkomunikasi dengan warga lokal, guna mendapatkan informasi dan memahami budaya mereka, yang tentunya dapat berguna untuk kita.

Itulah beberapa cara dan pastinya masih banyak lagi. Namun yang pasti, bagi kamu seorang pemuda dengan usia masih muda dan punya berbagai macam ide, saatnya eksplorasi diri kamu lebih jauh, pergilah sejauh mungkin itu agar dapat melihat perbedaan untuk membekali diri lebih banyak dan tidak lupa perbanyak cita-cita dan impian. Karena semua berawal dari mimpi untuk mewujudkan cita-cita besar dan saya yakin semua orang bisa mewujudkan impiannya masing-masing.

Ditunggu untuk setiap cerita masa kampus yang akan kalian tuliskan dalam lembar cacatan sejarah hidup masing-masing, tiada kata terlambat, namun hanya tetap perlu mau dan yakin bahwa kita bisa!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.