Car Free Day (CFD) di Monas Jakarta

0
1870
Tugu Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

Sahabat semuanya, kali ini saya akan bahas mengenai Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) di Monas Jakarta. Nah, sebelum membahas lebih dalam, yuk mari simak berikut ini:

Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah Presiden Sukarno dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini di mahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat.

Setelah pusat pemerintahan Republik Indonesia kembali ke Jakarta setelah sebelumnya berkedudukan di Yogyakarta pada tahun 1950, menyusul pengakuan kedaulatan Republik Indonesia oleh pemerintah Belanda pada tahun 1949, Presiden Sukarno mulai merencanakan pembangunan sebuah Monumen Nasional yang setara dengan Menara Eiffel di lapangan tepat di depan Istana Merdeka. Pembangunan Tugu Monas bertujuan mengenang dan melestarikan perjuangan bangsa Indonesia pada masa revolusi kemerdekaan 1945, agar terus membangkitkan inspirasi dan semangat patriotisme generasi penerus bangsa.

Di bagian dasar monumen pada kedalaman 3 meter di bawah permukaan tanah, terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia. Ruang besar museum sejarah perjuangan nasional dengan ukuran luas 80 x 80 meter, dapat menampung pengunjung sekitar 500 orang. Ruangan besar berlapis marmer ini terdapat 48 diorama pada keempat sisinya dan 3 diorama di tengah, sehingga menjadi total 51 diorama. Diorama ini menampilkan sejarah Indonesia sejak masa pra sejarah hingga masa orde baru. Diorama ini dimula dari sudut timur laut bergerak searah jarum jam menelusuri perjalanan sejarah Indonesia; mulai masa pra sejarah, masa kemaharajaan kuno seperti Sriwijaya dan Majapahit, disusul masa penjajahan bangsa Eropa yang disusul perlawanan para pahlawan nasional pra kemerdekaan melawan VOC dan pemerintah Hindia Belanda. Diorama berlangsung terus hingga masa pergerakan nasional Indonesia awal abad ke-20, pendudukan Jepang, perang kemerdekaan dan masa revolusi, hingga masa Orde Baru pada masa pemerintahan Suharto.

Diperjalanan kali ini Alhamdulillah saya ditemani oleh keluarga yakni My Super Hero Mom and Dad. Di perjalanan kami memilih menggunakan transportasi Transjakarta. Berangkat dari Tangsel (Ciledug) kembali menuju Halte Adam Malik (Depan Budi Luhur) menuju Halte Blok M, sesampainya di Halte Blok M lalu kami transit busway dan mengambil arah menuju Kota (Halte Kota). Sebelum sampai di Halte Monas, sahabat semuanya nanti akan melewati 11 Halte diantaranya (Halte Masjid Agung, Halte Bundaran Senayan, Halte GBK, Halte Polda Metro Jaya, Halte Bendungan Hilir, Halte Karet Sudirman, Halte Dukuh Atas 1, Halte Tosari, Halte Sarinah, Halte Bank Indonesia dan Halte Monas). Untuk durasi perjalanan Kurang lebih 1 jam. Lama juga yaahh!!! Ga juga kok sahabat, di Transjakarta teman-teman bisa menikmati fasilitas full AC jadi ga bakalan gerah kok. Tapi kalo lagi penuh iyaa.. Hehe

Foto Keluarga di Monas Jakarta.

Sesampainya di Halte Monas, kami turun dan menuju pekarangan Monas yang berada beberapa meter dari halte kurang lebih 200m kalo lebih juga ga apa-apa kan sahabat, tapi katanya mau CFD!

Di pekarangan pintu masuk Monas kami saya dan keluarga langsung mengabadikan momen berfoto dengan latar belakang Monas, untuk gaya berfoto bebas tergantung dari keinginan masing-masing, di Monas bisa ber ekspresi deh mulai dari foto menggengam monas, bergaya ala-ala selebritis pokoknya selain CFD sehat dan bisa mengabadikan foto sesuka hati seru deh pokoknya. Gimana cukup menarik bukan?

Nah selain sahabat semuanya bisa CFD, di Monas sahabat semuanya bisa mengunjungi Museum yang terletak dibawah tugu Monas. Bisa flashback ke pelajaran sejarah lagi deh yang mungkin mulai terlupakan oleh usia. Lalu sahabat semuanya juga ke puncak Monas paling atas, tapi bukan deket Emas nya ya hehe yang jelas nantinya sahabat bisa liat view kota Jakarta baik itu dengan mata terbuka ataupun dengan teropong nantinya.

My Brother at Monas Jakarta.

Mengenai Jadwal berkunjung ke Tugu Monas buka setiap hari dari pukul 09:00 WIB dan tutup pukul 16:00 WIB. Jangan sampai kelewatan ya sahabat.

Berikut ini daftar harga tiket masuk Monas Jakarta:

Tiket Masuk Dewasa Rp 20.000,- Anak Rp 10.000,-

Tiket Pelataran Puncak Dewasa Rp 7.500,- Anak Rp 3.500,-

Alamat: Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.