Cantiknya Pantai Balekambang, Malang

0
516
Putihnya pasir dan jernihnya laut di Pantai Balekambang.

Salah satu kota di Jawa Timur yang memiliki banyak objek wisata adalah Malang. Kota yang memiliki julukan Kota Bunga ini memang memiliki banyak destinasi wisata yang ramai dikunjungi turis domestik maupun mancanegara tiap tahunnya. Sebut saja Gunung Bromo, Jatim Park, Kota Batu yang khas dengan apelnya, Batu Night Spectacular (BNS), Museum Angkut, dan berbagai objek wisata lainnya. Tapi tahukah kamu di daerah Malang Selatan terdapat Pantai Balekambang yang begitu menakjubkan?

Akses Menuju Pantai
Bermain ombak di atas karang.

Pantai Balekambang merupakan pantai yang berlokasi di Kota Malang daerah selatan, jaraknya sekitar 60 km dari pusat kota yang bisa kamu tempuh selama 2 jam. Akses jalan menuju pantai ini tidak terlalu sulit, terutama apabila kamu menggunakan kendaraan pribadi atau bus wisata. Namun kamu harus tetap hati-hati karena harus melalui jalan yang berkelok dan beberapa tanjakan/turunan yang tergolong landai. Meskipun cukup jauh, rasa lelah yang kamu rasakan selama perjalanan akan tergantikan dengan keindahan panorama pantainya. Ssst! Jika kamu pergi di musim kemarau, selama perjalanan kamu akan melewati indahnya kawasan hutan jati yang sedang meranggas!

Dengan garis pantai sepanjang 2 km, terselimuti pasir putih dan karang di pesisirnya dengan air laut yang jernih, membuat Pantai Balekambang ini memiliki panorama yang begitu cantik dan menakjubkan. Tarif masuk pantai ini hanya sebesar Rp. 15.000/orang. Tarif ini tergolong sangat murah, mengingat pemandangan yang begitu eksotis dan cantik yang dimiliki pantai ini.

Daya Tarik Pantai Balekambang
Pulau Ismoyo dan Pura Amerta Jati.

Tidak hanya ombak dan kecantikan pantainya saja yang menjadi daya tarik Pantai Balekambang. Di pantai ini juga terdapat 3 pulau kecil yang tampak berjajar ke arah barat. Ketiga pulau tersebut adalah Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni. Tidak hanya dipandangi, kamu juga bisa berkunjung ke setiap pulau dengan jembatan beton sepanjang 100 meter untuk menikmati keindahannya masing-masing.

Khusus untuk Pulau Ismoyo, terdapat sebuah pura yang berdiri megah bernama Pura Amerta Jati. Turis diperbolehkan untuk melihat pura dari dekat serta menjelajahi sekitarnya. Pura tersebut merupakan rumah ibadah masyarakat sekitar yang beragama Hindu sekaligus tempat terlaksananya Upacara Surohan dan Upacara Jalanidhi Puja, upacara adat yang khusus diadakan di Pantai Balekambang. Selain itu setiap hari raya nyepi masyarakat sekitar juga mengadakan upacara adat di Pantai Balekambang.

Menikmati sunset atau matahari senja merupakan salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini. Pemandangan sunset yang begitu cantik terlihat semakin mempesona dengan adanya latar belakang Pura Amerta Jati. Tidak heran jika pantai ini disebut-sebut sebagai Tanah Lotnya Jawa Timur.

Fasilitas Yang Lengkap
Pemandangan dari Pulau Ismoyo.

Pantai Balekambang memiliki fasillitas yang terbilang cukup lengkap. Jika kamu lapar, kamu bisa mengunjungi berbagai warung makan. Mereka menyediakan berbagai menu olahan laut yang begitu menggoda. Jika ingin membeli oleh-oleh, kamu bisa membelinya di berbagai toko cendera mata yang tersedia di sini dengan harga yang cukup murah. Untuk fasilitas umum lainnya seperti toilet umum juga tersedia. Toilet umum di pantai ini tersebar di berbagai titik yang bisa kamu gunakan untuk membilas diri setelah puas bermain ombak.

Di pantai ini juga tersedia fasilitas mushala yang bisa digunakan untuk beribadah. Kawasan Pantai Balekambang juga menyediakan hotel dan vila bagi kamu yang tidak puas bermain hanya dalam satu hari maupun ingin menikmati sunset tanpa khawatir pulang telalu malam di perjalanan. Ingin mencoba sesuatu yang unik? Cobalah flying fox di Pulau Ismoyo! Kapan lagi kamu bisa merasakan sensasi bergelantungan di atas lautan biru!

Tertarik untuk berlibur ke Pantai Balekambang? 😊

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.