Candi Sumur, Salah Satu Candi Instagenik di Sidoarjo

0
434
Candi Sumur, Porong, Sidoarjo.

Ada yang menarik dari Desa Candipari. Desa yang terletak di Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo ini ternyata memiliki jejak-jejak sejarah yang berdiri kokoh hingga kini. Sesuai dengan nama desanya yaitu Candipari. Di sini berdiri kokoh candi dengan sebutan yang sama yaitu Candi Pari. Ternyata selain Candi Pari, ada satu candi lagi yang letaknya tidak terlalu jauh. Candi tersebut bernama Candi Sumur. Nah, mumpung lagi di Porong, saya sempatkan mampir sebentar ke Candi Sumur ini.

Sejarah Candi Sumur
Sebagian tembok candi yang masih utuh.

Candi Sumur diperkirakan dibangun secara bersamaan dengan Candi Pari pada masa Majapahit. Candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke XIV dan berlatar belakang Hindu. Candi Sumur dan Candi Pari ditemukan pada 16 Oktober 1906. Ukuran Candi Sumur ini kira-kira hanya setengah dari Candi Pari. Keadaan bangunan candi ini cukup rusak, hanya tersisa bagian dinding sebelah timur dan selatan. Bangunan candi ini hanya berhasil dipugar separuhnya. Di sekitar candi ini cukup sepi, tidak seperti di Candi Pari yang lumayan ramai. Candi ini memiliki ukuran 8 meter x 8 meter dan tinggi 10 meter.

Lokasi Candi Sumur

Candi Sumur berlokasi di Candipari Kulon, Candipari, Porong, Sidoarjo. Candi ini terletak tidak jauh dari Candi Pari, hanya sekitar 100-200 meter sebelah barat daya Candi Pari. Jika teman traveler berkunjung ke Candi Pari bisa sekalian mampir kesini karena sangat dekat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Area candi ini terawat dan bersih. Sama seperti Candi Pari, candi ini terbuat dari susunan batu bata merah.

Akses Jalan Menuju Candi Sumur
Tiang semen untuk menyangga tubuh candi agar tidak roboh.

Candi Sumur memiliki akses jalan yang baik. Jalannya halus dan beraspal. Jalannya cukup lebar dan bisa dilalui mobil. Teman traveler bisa menuju candi ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Candi ini terletak di tengah pemukiman penduduk. Untuk ke sini disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena lebih mudah. Tapi jika teman traveler naik bis, kalian bisa turun di Jalan Arteri Baru Porong dan meneruskan perjalanan dengan ojek.

Spot Foto yang Menarik

Datang ke tempat wisata tentu sangat disayangkan jika tidak mengabadikan gambar. Begitu pula di Candi Sumur ini. Keunikan bangunan Candi Sumur ini menjadikan candi ini sangat fotogenik. Candi yang tersusun dari bata merah dan tidak memiliki ornamen atau relief apapun ini terlihat cantik. Teman traveler bisa mengambil foto dari beberapa sudut candi ini. Seperti dari atas candi, dari bawah, maupun dari depan candi. Teman traveler di Sidoarjo dan sekitarnya yang mencari spot foto prewedding kuno bisa banget loh menjadikan Candi Sumur ini sebagai tempat foto prewed-nya.

Keunikan Candi Sumur
Tangga candi yang tidak beraturan.

Jika kita menaiki anak tangga Candi Sumur hingga atas, kita akan melihat sebuah sumur yang tidak terlalu dalam yang di dalamnya terdapat beberapa uang koin, entah apa maksud dari pelemparan koin ke dalam sumur candi ini. Anak tangga candi ini tidak tertata rapi, sehingga pengunjung perlu berhati-hati. Di tengah dinding terlihat tiang penyangga yang dibuat dari semen untuk menopang candi agar tidak roboh. Di bagian tubuh Candi Sumur terdapat stand kosong yang seharusnya berisi Lingga-Yoni.

Banyak sekali situs-situs peninggalan masa lampau di Indonesia. Kita sebagai generasi muda sangat wajib menjaganya. Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke situs-situs kuno ini. Kalau teman traveler sedang berada di Sidoarjo, jangan lupa mampir ke Candi Sumur ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.