Candi Ratu Boko, Wisata Candi yang Tidak Boleh Terlewatkan

0
391
Gapura Pertama Keraton Ratu Boko.

Bukan sekedar wisata alam dan kuliner saja, wisata bertajuk budaya dan unsur sejarah pun disajikan oleh kota istimewa ini. Yogyakarta, kota istimewa yang menyuguhkan ragam tempat wisata mulai dari alam, kuliner, hingga wisata sejarah atau  ada disini. Salah satu wisata sejarah yang wajib di kunjungi sebagai warga negara Indonesia adalah candi. Jika negara Jepang terkenal dengan kuil, Thailand terkenal dengan pagodanya maka Indonesia terkenal dengan candinya. Salah satu kawasan candi yang terkenal indahnya di Yogyakarta adalah kawasan Candi Prambanan. Di sana terdapat beberapa situs candi lain seperti situs Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko  merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah kerajaan Hindu-Budha di Indonesia. Candi Ratu Boko atau bisa juga disebut sebagai Situs Ratu Boko atau Keraton Ratu Boko terletak di Yogyakarta tak jauh dari Candi Prambanan tepatnya 3 km ke arah selatan dari Candi Prambanan. Tempat ini disebut sebagai situs karena tempat ini hanya merupakan reruntuhan dari sebuah istana. Wisata dengan objek tumpukan batu yang menjadi suatu pemandangan yang megah dengan unsur budaya yang kental ini wajib dikunjungi ketika kalian berkunjung ke kawasan Prambanan. Biasanya, pengunjung candi Prambanan lupa akan adanya candi ini yang juga tak kalah megah dan indah dari Candi Prambanan.

Tulisan Keraton Ratu Boko Menuju Gapura.

Situs Candi Ratu Boko ini terletak diatas bukit yakni dengan ketinggian 200 mdpl. Letak candi ini menggambarkan akan sesuatu hal yakni ketenangan. Konon katanya, Candi ini dibangun karena Rakai Panangkaran dari kerajaan Mataram membutuhkan ketenangan. Akhirnya, Rakai Panangkaran mengasingkan diri dan membuat sebuah candi di bukit tersebut agar merasa lebih tenang. Berdasar dari cerita tersebut tak heran jika suasana di tempat ini begitu tenang dan sejuk karena banyaknya pepohonan dan masih asri. Dari atas bukit ini kita bisa melihat candi prambanan.

Tempat candi ini merupakan kawasan Candi yang cukup lengkap yang pernah aku kunjungi. Diarea Candi Ratu Boko yang sangat luas ini terdapat 2 gerbang candi, pemandian, kolam suci, pendopo, pagar pelindung candi dan tempat tinggal utama. Ketika kalian berwisata ke sini jangan lupa kelilingi semua tempat termasuk di bagian paling belakang. Kalian akan melihat tempat pemandian berupa sumuran yang dalam dan lebih dari satu dalam satu kawasan.

Jalanan didalam kawasan taman wisata keraton ratu boko.

Bangunan yang nyentrik membuat tempat ini diburu berbagai macam kalangan, bukan sekedar untuk berwisata sejarah namun untuk foto. Gapuranya indah dan akan menjadi lebih indah disore hari menjelang sunset. Tak jarang banyak fotografer akan hunting foto sunset ditempat ini. Gapura candi ratu boko inilah yang menjadi tempat utama dalam pengambilan foto. Selain itu, di sana disediakan beberapa kursi oleh pengelola yang bisa kita gunakan untuk duduk bersantai menikmati pemandangan dari atas bukit. Kawasan ini akan semakin ramai ketika hari libur atau weekend. Untuk berfoto–foto kita harus mengantri agar hasilnya benar–benar bagus.

Kolam Pemandian / kolam suci.

Harga tiket masuk dari kawasan Candi Ratu Boko adalah Rp40.000 per orang, jika kalian membawa kendaraan maka akan menambah biaya parkir kendaraan. Jika kalian ingin mengunjungi kawasan ini dan kalian sedang berada di kawasan Prambanan maka kalian bisa menggunakan bus shuttle untuk menuju tempat ini. Bus shuttle yang tersedia dari Prambanan menuju ke Ratu Boko hanya tersedia hingga sore pukul 16.00 WIB saja. Harga tiket wisata ke candi memang tidak murah. Menyadari jika perawatan candi yang tidak mudah dan dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk pengembangan wisata tersebut. Akan tetapi, berwisata ke situs peninggalan masa kerajaan ini membuat wawasan dan pengetahuan kita menjadi lebih luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.