Candi Barong: Candi Eksotis Yang Tersembunyi

0
164
Candi dewa Wisnu dan Candi dewi Sri.

Siapa yang tidak kenal dengan Candi Prambanan, candi besar nan megah di Yogyakarta? Sebenarnya ada candi-candi lain yang tak kalah menari dari Candi Prambanan, tapi masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Saya sendiri tertarik membahas wisata budaya berupa candi-candi di Yogyakarta setelah bertemu salah satu turis yang mengatakan bahwa Yogyakarta layak menyandang julukan Kota Candi. Sejarah panjang Yogyakarta membuat banyak peninggalan berupa candi bercorak Hindu maupun Buddha. Salah satunya yaitu Candi Barong yang akan saya bahas dalam tulisan ini karena masih banyak orang yang belum tahu keeksotisannya.

Candi Barong merupakan candi bercorak Hindu terlihat dari banyaknya arca Dewa Wisnu, Dewi Sri, dan Ganesha yang ditemukan di komplek candi ini. Nama Barong yang tersemat dalam candi ini sebenarnya bukanlah nama asli, melainkan julukan yang diberikan masyarakat sekitar. Julukan tersebut diberikan karena terdapat dekorasi kala yang dalam Bahasa Jawa diidentikan dengan barongan. Adapun nama asli candi ini adalah Candi Sorogeduk, nama ini diketahui berdasarkan catatan Belanda yang disusun dalam ROD (Rapporten van den Oudheidkundige Dienst in Nederlandsch –Indie) tahun 1915.

Candi Barong didirikan sebagai tempat pemujaan kepada Dewa Wisnu dan Dewi Sri. Dewa Wisnu merupakan salah satu dewa trimurti dalam agama Hindu yang berkedudukan sebagai Dewa Pemelihara. Sementara itu, Dewi Sri merupakan salah satu cakti Dewa Wisnu, dianggap sebagai Dewi Padi dalam kehidupan masyarakat Jawa. Pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri terkait dengan kehidupan masyarakat pada waktu itu yang sebagian besar menggantungkan hidupnya pada hasil pertanian. Karena kondisi lingkungan sekitar yang tandus, maka pemujaan terhadap Dewa Wisnu dan Dewi Sri dilakukan untuk mendatangkan berkah kesuburan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat.

Candi Barong.

Ketika saya mengunjungi Candi Barong, saya merasa ada yang berbeda bila dibandingkan dengan candi-candi lain di Yogyakarta. Apalagi bila dilihat dari sisi arsitektur yang terlihat berbeda khususnya dengan candi lain di kawasan Prambanan. Keunikan itu terlihat dalam penataannya yang memusat ke belakang. Hal ini tidaklah lazim karena pada umumnya penataan candi periode Jawa Tengah bersifat memusat ke tengah seperti Candi Prambanan dan Candi Sewu. Penataan yang memusat ke belakang ini juga bisa dijumpai di situs Candi Ijo yang berada tidak jauh dari Candi Barong.

Candi Barong terbagi menjadi tiga halaman. Di antaranya halaman 1 sebagai rumah dari dua candi. Sedangkan halaman 2 dan 3 tidak dapat dijumpai bangunannya. Hal menarik lainnya adalah candi ini berbentuk seperti punden berundak. Halamannya pun sangatlah luas.

Gerbang dengan latar belakang pemandangan.

Saat mengunjungi Candi Barong, kalian bisa melihat pemandangan yang memanjakan mata. Dengan pelataran yang sangat luas dan berada di atas bukit, tak jarang pengunjung mengabadikan foto disini. Jika kompleks Situs Ratu Boko kerap dijadikan spot foto ketika fajar, maka Candi Barong cocok untuk menjadi spot foto dikala senja tiba. Maka dari itu, saya rekomendasikan untuk mengabadikan momen senja yang indah tersebut

Untuk mengunjungi Candi Barong bisa dibilang cukup sulit. Namun kalian bisa juga memanfaatkan Maps untuk mengetahui lokasinya. Letaknya berada di Dusun Candisari, Desa Sambirejo, Prambanan, Dowang Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di sekitar Candi Barong masih terdapat beberapa situs lagi, seperti Candi Miri, Arca Ganesa, Candi Dawangsari, dan masih banyak lagi. Bagi kalian yang sudah bosan dengan mengunjungi candi yang itu-itu saja di daerah Yogyakarta dan sekitarnya, coba datang saja ke Candi Barong yang bisa dijadikan objek wisata sejarah alternatif. Bagaimana? Kalian tertarik mengunjungi Candi Barong? Yuk langsung saja atur jadwal dan kunjungi candi eksotis ini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.