Camping dan Hiking ke Gunung Putri

Gunung Putri Jawa Barat
Kota yang tertutup kabut.

“Bandung dilingkung ku gunung” adalah pepatah bahasa Sunda yang artinya Bandung dikelilingi gunung. Akan disayangkan jika kamu melewatkan berwisata ke dataran tinggi di kota Bandung, salah satunya yaitu daerah Lembang. Lembang adalah suatu tempat di daerah Bandung Barat yang udaranya sejuk dan memiliki banyak tempat wisata. Seperti Maribaya, Floating market, Farm house, Jayagiri, Cikole, dan lain lain. Di daerah Lembang pun ada gunung yang bisa kita daki, seperti; Gunung Putri, Gunung Bukit Tunggul, dan Gunung Tangkuban Perahu.

Pada hari Sabtu, tanggal 2 Februari 2019, saya pergi ke Gunung Putri. Berangkat dari pusat kota Bandung pada pukul 11 siang, untung waktu itu kawasan Lembang tidak terlalu macet, sehingga pukul 12 siang saya sudah sampai di lokasi. Sesampainya di basecamp pendakian, saya beristirahat sebentar. Kemudian, saya langsung membeli tiket dengan harga 17.500 rupiah per orang. Harga tiket tersebut untuk camping, sedangkan untuk hiking, hanya 10.000 rupiah saja. Setelah itu saya mulai “muncak” mengikuti jalan setapak yang agak licin karena hujan waktu malam kemarin.

Basecamp – Pertigaan Jayagiri (30 menit – 45 menit)
Gunung Putri Jawa Barat
Kebun kopi di jalur Gunung Putri.

Saya berjalan di antara hutan pinus dan perkebunan kopi milik warga sekitar. Setelah berjalan 30 menit, saya sampai di sebuah warung. Sepanjang trek ini, jalanan cukup menanjak, kita pun harus beradaptasi dengan jalur dan suhu udara. Saya beristirahat di pertigaan antara Jayagiri dan Gunung Putri, suara burung berkicau dan hembusan angin menenangkan saya ketika sedang beristirahat. Tidak berlama lama, saya langsung melanjutkan perjalanan ke puncak Gunung Putri.

Pertigaan Jayagiri – Trek Batu ( 1 – 1,5 jam)
Hutan Pinus.

Sepanjang jalan di trek ini saya melihat hutan yang asri dan menenagkan. Kurang lebih setelah 30 menit berjalan, saya menemukan pertigaan lagi. Kaki dan badan mulai lelah, keringat pun sudah mulai membasahi punggung dan lengan. Saya memutuskan untuk beristirahat sejenak di pertigaan tersebut, sekitar 5 menit. Setelah beristirahat, saya kembali berjalan  melewati jalan setapak sekitar 30 menit. Treknya relatif tidak menanjak dan datar, tetapi jalurnya berbatu. Alas kaki yang sesuai sangat berpengaruh disini, disarankan tidak menggunakan sepatu lari atau olahraga karena kaki kita akan terasa sakit ketika berjalan di trek bebatuan.

Trek Batu – Puncak (20 – 30 menit)

Jalur berbatu.

Setelah melewati bebatuan, saya kembali melewati jalan setapak sekitar 20 menit. Walaupun waktunya relatif singkat, tetapi jalur ini lumayan menanjak. Hitung hitung “hadiah” sebelum sampai ke puncak. Di jalur ini, kita akan menemukan jalur mobil offroad, jika kita kehilangan arah, kita bisa mengikuti jalur offroad tersebut. Setelah kurang lebih berjalan selama 2 jam, saya sampai di Puncak Gunung Putri. Lalu, saya beristirahat, sambil menikmati udara pegunungan dan melihat keindahan Kota Bandung dari ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut.

Fasilitas dan Akses Jalan

Fasilitas di Gunung Putri sudah lumayan baik. Tempat parkir di basecamp pendakian sudah aman dan terkelola dengan baik, jika kita melakukan camping maka harga parkir motor sekitar 10.000 rupiah. Sebanding dengan keamanan kendaraan kita. Lalu, di basecamp pendakian pun terdapat mushola dan toilet. Jadi, sebelum dan sesudah pendakian, kita tidak sulit mencari sumber air untuk mandi dan buang air.

View dari puncak.

Jarak dari pusat Kota Bandung ke Lembang sekitar 18 Km. Jika tidak ada kendaraan pribadi, kita bisa naik angkot jurusan Lembang – Stasiun Hall, dengan tarif 10.000 – 15.000 rupiah. Kemudian turun di daerah Jayagiri, setelah itu kamu bisa berjalan kaki atau naik ojek motor. Jaraknya kurang lebih 2 kilometer, untuk sampai ke basecamp pendakian. Akses dan keterjangkauan basecamp Gunung Putri tidak sulit dan terhitung mudah dijangkau.

Tertarik hiking dan camping di Gunung Putri? Yuk ke Gunung Putri!