Camping Asyik di Gunung Bunder Bogor

0
1468
Deretan tenda di camping ground.

Gunung Bunder menjadi destinasi wisata bersama keluarga, teman, dan sahabat yang mengasyikkan. Gunung ini merupakan satu di antara destinasi wisata di Kawasan Taman Nasional Gunung Jalimun, Salak, Bogor. Selain terkenal dengan banyaknya curug ‘air terjun’ yang memanjakan pengunjungnya, di gunung ini juga menyediakan lokasi berkemah untuk semua kalangan, baik siswa yang sedang mengadakan kegiatan kemah pramuka, LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa), mahasiswa, atau kegiatan piknik teman, sahabat, dan keluarga. Pengunjung ini tak hanya datang dari Bogor, tetapi juga datang dari Jabodetabek.

Suhu di Gunung Bunder tidak terlalu dingin. Sejuk dan segar khas pegunungan lebih dominan, tetapi saat subuh, udara dingin pun sangat menyengat. Pastikan kalian membawa jaket kalian saat ke sini. Lokasi gunung ini tidak terlalu tinggi, hanya di ketinggian 1.050 mdpl. Lokasi tepatnya adalah di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Kalian hanya perlu memasukkannya ke dalam google map dan sedikit bertanya kepada warga untuk menemukan lokasi gunung ini.

Camping ground.

Selain camping, kalian bisa menyempatkan diri untuk mampir mandi dan berendam di curug yang ada di sana. Ada beberapa jenis curug yang bisa dikunjungi, yaitu Curug Cihurang, Curug Ngumpet, Curug Cigamea, dan Curug Seribu. Semua curug mayoritas memiliki air yang dingin. Jadi, pastikan kalian tidak terlalu lama berendam agar tubuh kalian tidak sakit.

Sensasi berkemah di Gunung Bunder memang mengasyikkan dan membuat candu. Banyak keluarga yang tidak hanya sekali saat berkemah ke sini, bahkan telah langganan. Jika pengunjung masuk melalui pintu Taman Nasional Halimun Salak, biaya tiket masuk yang harus dibayar adalah sebesar Rp50.000,00 per 5 orang atau 1 mobil. Untuk pengendara motor, biaya tiket masuknya sebesar Rp17.500 per 1 motor dan per 1 orang atau Rp30.000 per 1 motor per 2 orang. Dari pintu ini, kalian masih perlu melanjutkan perjalanan ke dalam sejauh 2 kilometer.

Pengelola pun sudah menyediakan banyak pilihan camping ground. Kalian hanya perlu memilih sesuai keinginan kalian. Nah, banyak pengunjung memilih camping ground yang terletak di dekat Curug Cihurang. Suara gemericik air dan kesempatan untuk berendam keesokan harinya tanpa harus berjalan kaki lebih jauh lagi menjadikan lokasi ini sangat favorit. Dari pintu masuk Taman Nasional Halimun Salak, jaraknya sekitar 50 meter.

Hutan pinus yang bisa menjadi spot foto dan tempat memasang hammock.

Di area camping ground yang telah kalian pilih. Kalian bisa mendirikan tenda dan memasak makanan yang kalian suka, misalnya nasi goreng atau mi dadak. Untuk mendirikan tenda, kalian dikenai biaya Rp15.000 per tenda. Kalian pun bisa mendirikan hammock di antara dua pohon pinus lalu tidur di situ. Sungguh, kegiatan yang asyik bersama dengan alam. Apabila tidak membawa tenda, kalian bisa menyewa di sana, sayangnya harganya cukup mahal dibandingkan sewa sebelum berangkat. Namun, jika kalian tidak menyukai opsi berkemah dengan tenda, kalian bisa memilih tinggal di villa. Gunung Bunder memiliki banyak villa dengan fasilitas dan pelayanan yang sudah bagus, tergantung pada harga sewanya.

Saat malam hari, kalian bisa membuat api unggun sambil membakar ubi, sosis, atau jagung. Kopi hangat, the hangat, dan jahe hangat juga menjadi pilihan yang tepat. Di saat musim sedang baik, kalian bisa melihat banyaknya bintang di langit yang bertebaran sangat indah. Pagi harinya, kalian bisa duduk-duduk di depan tenda sambil menyeruput teh atau kopi hangat. Sarapan mie dadak juga bisa menjadi pilihan enak.

Yuk, kemah asyik di Gunung Bunder.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.