Bulu-Bulu di Balik Rerimbun Pohon Kebun Raya Bogor

1
195
Kebun Raya Bogor
Raja-udang Meninting (Alcedo meninting) sedang hinggap di ranting sekitar Kolam Gunting.

Kota Bogor memiliki banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Kebun Raya Bogor yang sangat ikonik. Suasana rimbun pepohonan di tengah sibuknya kota Bogor menjadi alternatif yang nyaman untuk ‘melarikan’ diri dari penatnya pekerjaan. Kawasan dengan luas 87 hektare ini memiliki 13.061 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, ditambah 6.169 jenis anggrek yang indah. Terdapat pula Museum Zoologi, Griya Anggrek, Makam Belanda, dan beragam jenis taman yang tersebar di kawasan KRB.

Kebun Raya Bogor
Pintu utama Kebun Raya Bogor yang berlokasi di Jalan Ir. Haji Djuanda No.13.

Wisatawan pada umumnya berkunjung untuk sekedar duduk di taman sambil piknik bersama keluarga atau berolahraga pagi. Beberapa orang mungkin tertarik untuk mengagumi banyaknya pohon dengan tinggi berbelas meter ke udara, ada pula yang tertarik untuk melihat indahnya taman yang tersedia. Tapi, nampaknya masih jarang wisatawan yang berkunjung untuk mengamati fauna yang hidup di kawasan yang bersebelahan dengan Tugu Kujang kota Bogor.

Pengamatan Burung, yang umum disebut bird watching, di Indonesia mungkin masih terdengar cukup asing. Padahal, pengamatan burung bisa jadi ekowisata yang murah dan mudah dilakukan.

Kebun Raya Bogor
Walik Kembang (Ptilinopus melanospilus) dengan kepala putih yang khas.

Nah, untuk kamu yang tertarik dengan bird watching, Kebun Raya Bogor memiliki banyak spesies burung yang sayang untuk dilewatkan. Berdasarkan data Lembaga Ilmu Pengatahuan Indonesia (LIPI) pada 2014 terdapat 48 spesies burung, dan beberapa di antaranya merupakan spesies yang dilindungi loh! Dari area parkir dekat pintu utama, kamu akan langsung disapa oleh belasan Walik Kembang (Ptilinopus melanospilus). Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau, berkepala putih, dan ekor bagian bawah berwarna kuning serta merah. Kamu dapat menemukannya sedang bergerombol di pohon tinggi yang berbuah.

Kebun Raya Bogor
Raja-udang Meninting (Alcedo meninting) sedang hinggap di ranting sekitar Kolam Gunting.

Berpindah ke Kolam Gunting, terdapat burung mungil lucu berwarna biru metalik. Namanya Raja-udang Meninting (Alcedo meninting). Mungkin beberapa sudah tahu kalau burung berparuh panjang ini suka sekali memakan ikan yang ada di kolam yang membentuk gunting tersebut. Burung ini mudah dijumpai di ‘pulau’ yang berada di tengah di Kolam Gunting. Di sekitar kolam, kamu dapat pula menjumpai burung Kowak-malam Kelabu yang berada di pohon bagian selatan kolam. Burung ini berukuran besar dengan tubuh didominasi warna putih.

Kebun Raya Bogor
Kepodang kuduk-hitam (Oriolus chinensis).

Pernah lihat burung kuning yang satu ini terbang ketika jalan-jalan di KRB? Burung berwarna kuning mentereng ini ternyata merupakan maskot dari Provinsi Jawa Tengah! Namanya Kepodang kuduk-hitam (Oriolus chinensis). Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna hitam di bagian leher, sampai ke bagian mata sehingga menyerupai topeng. Kepodang kuduk-hitam memiliki suara yang nyaring dan indah, biasanya mereka terbang berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Kalau kamu beruntung, kamu bisa bertemu dengan Beluk-watu Jawa loh! Burung ini merupakan jenis burung hantu yang ditemukan di Jawa dan Bali. Persebarannya mulai terbatas mengingat perburuan liar dan pengrusakan hutan yang marak terjadi di Indonesia, khususnya Jawa. Suara burung ini dapat terdengar di beberapa titik ketika kamu berkunjung, bahkan pada siang hari.

Selain keempat burung tadi, kamu masih bisa menemukan burung Cucak Kuning, Kipasan Belang, Cipoh Kacat, Pelanduk Semak, Empuloh Janggut, Sikep-madu Asia, Kareo Padi, dan lainnya.

Mengamati burung mungkin dianggap remeh untuk beberapa orang, namun nyatanya burung merupakan salah satu hewan yang memiliki banyak fungsi ekologi yang jarang orang pedulikan. Mengamati burung menjadi langkah awal kita untuk peduli terhadap lingkungan sekitar, juga sebagai rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala nikmat yang telah diberikan di dunia ini.

Ketimbang hanya berfoto ria atau swafoto untuk diunggah di media sosial, bukankah lebih menarik kalau liburan diisi dengan sesuatu yang lebih edukatif dan bermanfaat? hehe

Kebun Raya Bogor berlokasi di Jalan Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Kamu bisa berkunjung ke KRB mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB. Harga tiket masuk pun ramah untuk dompet, hehe, hanya Rp. 15.000,-/orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 25.000,-/orang untuk wisatawan asing. Bagi kamu yang membawa kendaraan roda dua, kamu bisa memarkirkan kendaraanmu dengan tarif Rp. 5000,-. Tak lupa, bila ingin berkeliling dengan sepeda, kamu bisa menyewanya dengan harga Rp. 5.000,- saja.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.