Bukit Pengilon: “Nusa Penida” Ala Yogyakarta

Pantai Siung dari Atas Bukit.

Yogyakarta sudah tidak asing lagi bagi para travelers. Provinsi ini memiliki banyak sekali objek wisata, tidak akan habis-habis jumlahnya jika dihitung. Kali ini saya akan membahas sebuah daerah di selatan Yogyakarta, bernama Gunung Kidul. Daerah ini memiliki potensi wisata alam yang sangat banyak dan beragam, mulai dari gunung api purba sampai pantai-pantai indah. Nah, dari sekian banyak objek wisata di daerah Gunung Kidul, saya akan membahas objek wisata anti-mainstream dan indah!

Selamat datang di Bukit Pengilon! Bukit ini adalah sebuah objek wisata alam yang terletak di daerah sekitar Pantai Siung, Pantai Nglambor, dan Pantai Jogan. Area ini memang sepi jika dibanding daerah wisata Pantai Indrayanti dan sekitarnya, jadi suasana yang sepi dan teduh bisa kita nikmati. Bisa dibilang daerah ini tidak terlalu turistik, lebih seperti pedesaan biasa dengan pantai-pantai indah.

Ulasan, Akses, dan Keistimewaan.

Pada Rabu, 19 Juni 2019, saya mengunjungi dan menjelajahi Bukit Pengilon. Saya memulai perjalanan dari arah kota Yogyakarta, pada pukul 06:00. Kota Yogyakarta masih syahdu, udara dan suasana pagi benar benar nikmat! Saya menyusuri jalanan menuju Gunung Kidul, selama kurang lebih 2 jam perjalanan. Sekitar pukul 08:00, saya sampai di area Bukit Pengilon, lalu saya memarkirkan sepeda motor di area parkir. Nah, jalur menuju Bukit Pengilon ada beberapa, saat itu saya melalui jalur Pantai Siung. Jadi, sepeda motor saya taruh di area parkir Pantai Siung.

Sekitar pukul 08:15, saya mulai menjelajahi area Pengilon. Menjajaki jalur setapak yang cukup terjal dan tandus, udara pagi mulai panas, tapi belum terlalu menyengat terik. Jalan setapak menuju Bukit Pengilon lumayan terjal, menanjak, dan berbatu. Batu-batu yang hancur pun membuat trek menuju bukit sedikit licin. Setelah kurang lebih 10 menit berjalan, kita akan sampai di area Bukit Ragil dan camp ground. Ada beberapa gazebo untuk beristirahat.

Berfoto di Tebing.

Dari spot ini kita bisa melihat pemandangan lautan yang biru, Pantai Siung yang berpasir putih, dan batuan besar dari Pantai Nglambor. Spot ini cocok sekali untuk berfoto dan menikmati alam! Melihat lautan dan pantai dari ketinggian adalah sebuah sensasi unik, ditambah angin laut yang besar dan terik matahari. Sekedar bernafas dan memandang Samudera Hindia saja sudah sangat menyegarkan!

Sekilas spot ini mirip sekali dengan spot terkenal di Nusa Penida, Bali. Tebing dan batuan gunung yang curam, berpadu dengan putihnya pasir di pantai dan birunya air laut. Persis! Jadi kita tak perlu jau jauh ke Bali untuk menikmati pemandangan dan suasana alam seperti ini, cukup berangkat ke Gunung Kidul saja.

Selain menikmati tebing dan berfoto, kita juga bisa menjelajah area bukit ini. Cukup berjalan di jalur setapak, kalian bisa mengamati banyak hal di bukit Pengilon. Bukit ini cukup gersang, tipikal tanahnya sangat kering, tapi uniknya ada beberapa pohon yang bisa tumbuh. Bahkan, ada kebun singkong! Nah, area perkebunan itu bisa dipakai untuk camping dan membuka tenda. Area ini memang memanjakan mata, melihat biru dan teduhnya Samudera Hindia.

Bukit Pengilon.

Akses menuju Bukit Pengilon tidaklah sulit. Dari Kota Yogyakarta, jalanan menuju lokasi sudah sangat baik. Jalan pantai selatan sudah sangat terkenal dan mudah diakses, jadi jangan khawatir dengan mobilitas menuju Bukit Pengilon. Ada beberapa jalur menuju Bukit Pengilon, kalian bisa memilih sesuai selera, karena jangkauannya hampir sama.

Momen paling tepat untuk mengunjungi Bukit Pengilon adalah pagi hari dan sore hari. Menikmati laut dan mentari memang sangat cocok dilakukan, apalagi ketika fajar merekah. Atau bahkan ketika senja, pasti pemandangan dari atas tebing di Bukit Pengilon akan sangat indah!

Jadi, tertarik berpetualang ke Bukit Pengilon? Yuk berangkat!