Bukan Nasi Goreng Biasa, Resep Nasi Goreng Sego Jagung Bisa Jadi Pilihan Menu Istimewa

0
2538
Nasi goreng sego jagung. Dengan tambaan petai, telur, serta ikan asin dan bakwan. Rasanya? Hmm... bikin meleleh.

Masakan apa yang sangat sederhana dan menjadi ide mendadak di pagi hari saat kepepet? Apalagi kalau bukan nasi goreng? Nasi goreng yang orang bilang makanan favorit di kala kepepet ini memang bisa dikata sangat istimewa. Dengan tambahan ala-ala, apa yang ada di kulkas, bisa jadi deh makanan spesial ini.

Berbahan utama nasi (biasanya sisa semalam) hehehe, nasi goreng ini menjadi makanan yang hampir banyak orang menyukainya. Enak, praktis dan membuatnya juga nggak pakai ribet.

Tapi, nggak hanya nasi goreng yang berbahan nasi bisa saja lho yang bisa dijadikan makanan istimewa ini. Pernah mendengar yang namanya sego jagung? Sego merupakan Bahasa Jawa dari nasi. Sego jagung sama juga dengan nasi jagung. Nasi yang terbuat dari jagung ini mungkin, tak semua orang mengenalnya. Tapi, di daerah Jawa khususnya Jawa Tengah sudah sangat familiar.

Berbahan dasar jagung, sego jagung pembuatannya lumayan rumit. Harus digiling dahulu. Biar nggak ribet, orang sebelum membuat nasi jagung ini bisanya membeli gerit. Tentunya akan mengurangi waktu memasak yang relatif lama. Hingga pembuatannya lebih mudah.

Meskipun ribet, nasi jagung ini enak sekali disantap, lho. Biasanya ditambah dengan urap dan ikan asin. Dijamin, bikin meleleh ingin nambah lagi dan lagi. Eh tapi, kita nggak mau membahas cara bikin sego jagung ini, tapi nasi goreng yang lain daripada yang lain.

Nah, biar nasi goreng istimewamu nggak melulu berbahan dasar nasi sisa semalam, bisa pula diganti bahan dasarnya dengan sego jagung.

Caranya bagaimana? Hem, nggak susah, seperti membuat nasi goreng biasa saja, kok.

Biar nggak penasaran, kita coba bikin, yuk. Sego jagungnya silakan beli di pasar, ya. Nggak perlu bikin sendiri. Bisa berhari-hari nanti nggak kelar kalau bikin sego jagung dulu, hehehe.

Bumbunya sederhana banget.

Nah, begini nih cara mudah dan cepat bikin nasi goreng sego jagung yang istimewa ini. Bumbu yang dibutuhkan sama seperti nasi goreng biasa. Siapkan saja bahannya seperti di bawah ini

1. 1 piring nasi jagung atau sego jagung.

2. 2 siung bawang merah, 2 buah cabai merah atau sesuai selera, garam secukupnya, diulek ya.

3. 1 siung bawang putih geprek.

4. 1 butir telur.

5. 10 petai sudah dibersihkan.

6. Kecap secukupnya.

Cara membuatnya juga mudah banget
Bisa ditambah ikan asin atau telur.

1. Masukkan bawang yang sudah digeprek, tunggu hingga baunya wangi dan harum.

2. Masukkan bumbu yang sudah diulek, tumis hingga matang.

3. Masukkan telur goreng orak arik hingga matang.

4. Masukkan nasi jagung, campur hingga merata, ya.

4. Tambahkan kecap sesuai selera.

5. Masukkan petai.

6. Tunggu hingga matang, ya.

Matikan kompor. Nasi goreng segi jagung seudah siap untuk disantap. Buat Kamu yang nggak suka petai, bisa diganti yang lain, babat iso, sosis atau yang lainnya. Mau yang original? Ya nggak usah ditambah yang lain. Tak perlu dikasih telur juga nggak apa-apa. Rasanya tetap saja endes deh.

Nasi goreng sego jagung. Dengan tambaan petai, telur, serta ikan asin dan bakwan. Rasanya? Hmm… bikin meleleh.

Nasi  goreng sego jagung ini juga pas banget kalau saat makan ditemani dengan ikan asin, bakwan, mendoan ataupun tahu isi. Taburkan bawang goreng di atasnya. Rasanya? Hmm, lebut, renyah, pedasnya menyatu gitu di mulut.

Karena nasi jagung teksturnya beda dengan nasi biasa, jadinya terasa beda banget di mulut. Beda-beda tipis dengan nasi goreng nasi biasa, nasi goreng sego jagung bikin ketagihan ingin makan lagi dan lagi. Yakin deh, bisa jadi pilihan menu istimewa dikala bosan melanda. Coba saja!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.