Budaya Populer yang Membuat Kuliner Korea Mendunia

0
537
Ramyeon (sumber: flickr.com/Tam Chiak)

Demam Korea kini tidak hanya berlaku untuk ranah musik, drama, ataupun kecantikan, ranah kulinernya pun tidak ketinggalan bahkan resto ataupun kafe bertemakan Korea pun tidak pernah sepi pengunjung. Kudapan hingga makanan berat ala Negeri Gingseng ini kebanyakan diserbu oleh penggiat wisata kuliner, namun tidak sedikit juga yang menyukai kuliner Korea karena terinspirasi dari K-Drama ataupun dari awalnya penggemar K-Pop. Sebut saja Bibimbap, Jjangjangmyeon, Ramyeon, Kimbap, Japchae, dan kudapan khasnya Tteokpokki masih jadi favorit setiap kalangan, terutama anak muda.

Wisatawan yang ke Korea pun tidak mungkin melewatkan wisata kuliner, baik di Seoul, Jeju, ataupun kota lainnya diramaikan oleh turis untuk berburu makanan khas Korea. Mengutip CNN Indonesia, Chef Judy Joo dalam kunjungannya di acara Ubud Food Festival 2019 mengungkapkan bahwa ramainya minat orang-orang untuk mencoba bahkan menyukai kuliner khas Korea tak luput dari berbagai faktor. Minat orang-orang terhadap kuliner Korea pun dipengaruhi kuat oleh budaya populer Korea yang kini sangat akrab disekitar kita. Sebut saja musik, serial TV, film, dan perawatan diri.

Apa mungkin faktor-faktor tersebut memengaruhi popularitas kuliner Korea? Tentu sangat mungkin. Joo mengungkapkan jika popularitas musik K-Pop begitu berpengaruh terhadap kuliner Korea. Bahkan, tak jarang idol K-Pop di sana pun membuka usaha kuliner yang ramai dikunjungi oleh penggemar-penggemarnya. Penggemar yang benar-benar menyukai idolnya tidak akan melewatkan kuliner khasnya, minimal menyicip makanan khas yang disukai idolnya.

Faktor lainnya adalah K-Drama, tentu setiap orang pernah menyaksikan bahkan menyukai K-Drama. Sering kali adegan yang ditayangkan di K-Drama pasti menyantap makanan khas Korea. Sebut saja Ramyeon, yang sering menyaksikan K-Drama tentu sering melihat adegan sang aktor atau aktris sedang menyantap Ramyeon hangat, tak jarang hidangan sederhana itu justru menggugah seleramu untuk ikut ingin mencicipi Ramyeon. Maka, tidak heran kini di setiap supermarket bahkan minimarket pun menjual Ramyeon Instan, Ramyeon di supermarket pun bisa dibilang makanan instan yang laris, terlebih Ramyeon yang kini banyak di pasaran sudah bersertifikasi halal.

Faktor terakhir adalah K-Beauty, mungkin jika harus mengeratkan faktor musik dan K-Drama akan terasa dekat. Namun, apa yang membuat K-Beauty bisa menaikan popularitas kuliner Korea? Saat pelancong berkunjung ke Korea untuk berburu K-Beauty, tentu tidak mungkin melewatkan wisata kuliner kan? Bahkan banyak pula kuliner Korea yang dipercaya baik untuk kesehatan kulit. Sebut saja Samgyetang atau sup ayam gingseng yang memiliki kandungan kolagen dan bahan aktif berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit.

Sebenarnya, semakin identiknya sebuah negara baik itu budaya tradisional maupun budaya populernya, semakin mudah melonjak tinggi pula penggemarnya karena hal tersebut sudah menjadi identitas bagi negara tersebut. Hal ini berlaku juga untuk ranah kulinernya.

Jadi, dari banyaknya kuliner khas Korea, mana yang jadi favoritmu?

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.