Braga Permai: Sarapan Zaman Belanda!

0
103
Ciabatta ala Braga Permai. Tertarik mencoba?

Maison Bogerijen adalah nama restoran ini pada zaman dahulu. Dari tahun 60 an sampai sekarang sudah berganti nama menjadi Braga Permai. Maison adalah bahasa Perancis untuk dapur, sedangkan Bogerijen adalah nama fam atau nama keluarga. Maison Bogerijen berarti dapur keluarga Bogerijen. Maison Bogerijen beroperasi mulai tahun 1923, walaupun gedung restorannya sudah mulai dibangun tahun 1918.

Maison Bogerijen adalah restoran yang elit di Bandung pada masa kolonial. Hanya beberapa golongan saja yang bisa menikmati kelezatan restoran ini, seperti para pemimpin militer, pengusaha pengusaha, akademisi, dan para petinggi pemerintahan. Maison Bogerijen begitu spesial, salah satunya karena restoran ini boleh memperjualbelikan beberapa menu masakan kerajaan Belanda, “Wilhelmina Taart” adalah salah satunya. Selain hidangan istimewa, restoran ini terkenal karena es krim dan roti yang dijualnya.

Maison Bogerijen telah berganti nama menjadi Braga Permai. Saat ini, kita tidak harus jadi orang kaya atau pejabat negara untuk menikmati makanan makanan lezat disini.

Gaya Arsitektur Klasik Braga Permai
Gaya arsitektur klasik.

Hari Sabtu, 2 Februari 2019, saya mengunjungi Maison Bogerijen atau sekarang Braga Permai. Sekitar pukul 7 pagi, orang-orang baru selesai berolahraga dan sedang mencari sarapan. Ketika masuk ke tempat ini, saya memilih tempat duduk dan memesan. Karena saya datang pagi hari, maka saya memesan menu sarapan. Banyak opsi yang menarik untuk dipilih, ada menu ala Eropa dan ada pula menu ala Indonesia. Untuk menu Indonesia, ada nasi soto, nasi kuning, pisang goreng, bubur kacang ijo, dan lain lain. Untuk menu ala Eropa, ada burger, ciabatta, sandwich dan lain lain. Saya memilih Ciabatta, semacam sandwich, bisa berisi ayam atau daging sapi, dengan sayur dan saus.

Setiap pembelian paket sarapan, akan ada produk gratis bagi pembeli, seperti tercantum dalam menu “buy 1 get 1”. Untuk paket ala Eropa, pembeli akan mendapatkan satu buah pudding gratis. Untuk paket ala Indonesia, pembeli akan mendapat snack secara gratis, ada singkong keju dan pisang goreng. Selain itu, di paket sarapan ini, pengunjung mendapat “free flow” (gratis minum) aneka minuman. Seperti susu murni, infuse water, kopi hitam, dan teh hitam. Mantep kan?

Gedung baru Braga Permai
Gedung baru Braga Permai.

Sambil menunggu pesanan datang, saya mengamati gaya bangunan, interior restoran, lalu jalan-jalan keliling restoran. Kebetulan saya sudah membaca perihal arsitektur “art deco” yang digemari pada tahun 1920 an di Hindia Belanda. Desain dan struktur bangunan seakan “bercerita” tentang masa lalu, ketika restoran ini merupakan primadona Braga. Walaupun bangunan yang sekarang bukan merupakan bangunan utuh yang persis seperti bangunan Maison Bogerijen. Ah! Memang Braga punya cerita!

Ada 3 ruang makan besar di restoran ini. Di dalam ruangan, di luar ruangan, dan sebuah ruangan baru di samping luar. Bangku dan meja kayu yang klasik, lalu foto jadul, dan tata ruang yang jadul seakan menjadi ciri khas Braga Permai. Untuk area luar adalah smoking area, sedangkan di area dalam ruangan tidak diperbolehkan untuk merokok. Selain itu, di area dalam restoran pun terdapat stall es krim dan coffe shop. Dua hal ciri khas Braga Permai yang harus dicoba.

Ciabatta ala Braga Permai
Ciabatta ala Braga Permai.

Setelah berkeliling dan mengamati hal-hal detail di Braga Permai, pesanan saya pun datang. Ciabatta isi daging sapi begitu menggiurkan, ditambah keripik kentang. Saya pun mengambil teh hangat dengan susu murni, pas banget untuk sarapan ala “Meneer dan Noni Belanda!”.

Untuk harga, jangan khawatir. Menu menu sarapan disini sekitar 20 sampai 40 ribuan saja per porsinya. Untuk menu ala Indonesia, snacknya dibawah 20 ribu rupiah, dan makanan seperti nasi sekitar 27 sampai 30 ribu rupiah. Sedangkan untuk menu ala Eropa, sekitar 27 sampai 40 ribuan. Sudah ada tambahan gratis snack dan free flow minuman yang banyak pilihan.

Gimana? Tertarik untuk makan ala “Meneer dan Noni Belanda” di Maison Bogerijen?

Jam Buka
Setiap Hari 6.30 - 12.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.