Bleisure Trip? Kenapa Tidak? Berikut Tips Untukmu Yang Ingin Bekerja Sambil Liburan

0
1697
Tips Bleisure (sumber: unsplash.com)

Hayo siapa di sini yang suka colongan lagi ada urusan kantor di luar sambil nyuri-nyuri waktu untuk main juga? Sebenarnya hal itu lumrah kok, malah harus banget kalian manfaatkan sebaik-baiknya. Tapi, jangan sampai kebablasan juga. Ketika kalian harus bertugas di Bali, Lombok, atau ke tempat wisata lain untuk bekerja, ternyata malah keasikan main.

Kegiatan seperti ini sebenarnya sudah ada istilahnya loh. Walaupun kalian melancong ke berbagai tempat dengan menopang tanggung jawab kantor, kalian juga disebut sebagai traveler. Istilahnya kegiatan bekerja sambil liburan ini disebut sebagai “Bleisure” yang merupakan gabungan antara “Business” dan “Leisure”. Istilah ini pun seringkali digunakan bahkan menjadi popular oleh para traveler.

Nah, bagi kalian yang belum pernah Bleisure atau yang tidak tahu cara mengambil celah Bleisure kalian. Berikut tips untukmu agar tetap bisa liburan beberapa saat walaupun sedang bekerja.

Perhatikan dan Pelajari Aturan Perjalanan
Sebelum kalian kegirangan dinas di luar kota atau dinas “liburan”, pastikan kamu sudah mengetahui seluruh aturan yang ditetapkan kantor. Seperti mengalirnya anggaran yang disediakan kantor untuk dinasmu atau aturan lain seperti jam aktif bekerja. Jangan sampai kamu ambil colongan waktu, merencanakan bepergian sampai kamu tidak melihat aturan serta jadwal yang telah disediakan oleh kantor.

Tetap Terbuka Dengan Rekan Kerja
Jika kamu berencana untuk Bleisure, pastikan kamu terbuka dengan rekan kerja juga boss mu ya. Lebih baik kamu beri tahu sendiri daripada rekan kerja dan bossmu mengetahui rencana Bleisure-mu di media sosial, karena akan meninggalkan kesan yang kurang berkenan.

Bawa “Trip Buddy”mu Saat Bleisure
Opsi ini kembali tergantung dengan kebijakan yang kantor berikan. Jika tidak ada regulasi yang spesifik seperti “tidak diperkenankan membawa orang lain”, sangat dianjurkan untukmu membawa “Trip Buddy”. Bisa pasangan atau pun keluarga, karena ini saat yang tepat untuk menikmati hari-hari bersama orang terdekat saat sedang sibuk-sibuknya.

Membawa Pakaian Santai Atau Basic
Walaupun dalam hal ini tujuan tripmu adalah untuk bekerja, jangan sampai kamu lupa untuk bersantai. Biasanya yang kamu pikiran saat mengemas pakaian, kamu akan mengutamakan baju tidur dan baju dinas. Untuk merencanakan bleisuremu, bawalah beberapa pakaian santai atau basic shirt agar kamu pun bisa mengenakan pakaian yang nyaman saat menikmati waktu senggang.

Cari Tahu Destinasi Menarik Dekat Tempat Dinasmu
Dalam hal ini, selagi kamu dalam perjalanan dinas, kamu bisa cari tahu tempat menarik di sekitar tempat singgahmu. Lebih akurat lagi jika kamu dapat menggali informasi dan rekomendasi tempat menarik terdekat lewat teman terdekatmu.

Utamakan Pekerjaanmu, Kemudian Bermain
Sudah menyiapkan baju yang nyaman, sudah mendapat rekomendasi tempat menarik, sudah membawa partner trip juga. Jangan terlena dan melupakan kerjaanmu. Kembali lagi, ini adalah pekerjaanmu yang dikerjakan di luar kantor! Apa kamu sudah pernah merasakan bekerja sambil bermain?

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.