Bir Kotjok: Minuman Herbal yang Menyehatkan Khas Kota Bogor

0
256
Bir Kotjok Khas Bogor.

Bir biasanya identik dengan kandungan alkohol yang bagi Muslim tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi. Namun, bir dari Kota Bogor ini berbeda. Bir kotjok yang biasa dijajakan di Gang Aut daerah Suryakencana ini tidak memabukan dan tidak mengandung alkohol. Bir kotjok merupakan salah satu minuman warisan dari nenek moyang yang dinilai memiliki banyak khasiat. Hal tersebut dikarenakan bir kotjok terbuat dari berbagai macam rempah-rempah, seperti cengkeh, kayu manis, jahe, dan gula aren.

Penamaan bir kotjok itu sendiri diperoleh dari keunikan cara pembuatan minuman ini. Semua bahan-bahan termasuk rempah dimasukan kedalam satu wadah kemudian dikocok. Dari proses tersebut terdapat buih berupa busa yang dinilai mirip dengan minuman beralkohol. Karena itulah minuman ini pada akhirnya dinamai bir kotjok. Menurut penjual, busa yang dihasilkan berasal dari kombinasi cengkeh yang berpadu dengan kayu manis kemudian dikocok bersama dengan es batu.  Minuman ini bisa disajikan dalam kondisi dingin maupun hangat. Meskipun disajikan dingin dengan es batu, rasa hangat akan tetap terasa keseluruh tubuh karena kandungan rempah-rempah yang ada dalam minuman.

Penjual Bir Kotjok

Rasa hangat yang ditimbulkan oleh minuman ini didominasi oleh penggunaan jahe merah sebagai salah satu komposisi utamanya. Menurut penelitian, jahe merah memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti untuk melancarkan sirkulas darah, meningkatkan kekebalan tubuh, mengobati batuk, meningkatkan nafsu makan, menjaga kondisi jantung, dan berbagai macam manfaat lainnya.

Ada minuman yang mirip dengan minuman ini yaitu bir pletok yang merupakan minuman khas Betawi. Perbedaan dari kedua minuman ini terdapat pada bahan yang digunakan. Menurut referensi, bahan rempah yang digunakan pada bir letok adalah secang dan kapulaga sehingga warna yang dihasilkan adalah warna merah yang berasal dari secang. Sedangkan bir kotjok didominasi warna coklat.

Gapura Jalan Surya Kencana.

Musim hujan yang saat ini tengah melanda membuat minuman ini sangat cocok untuk dinikmati sebagai upaya untuk menjaga daya tahan tubuh. Satu gelas bir kotjok dijual seharga Rp. 10.000. Penjual minuman legenda ini merupakan Mang Eman yang berjualan setiap harinya sekitar pukul 09.30 – 18.00 di persimpangan Gang Aut, Jalan Surya Kencana, Kota Bogor.

Dari Jakarta, kota Bogor dapat ditempuh selama sekitar satu jam perjalanan saat jalanan lancar. Dari pintu keluar Tol Bogor, saat menemui lampu merah arahkan mobil berbelok ke kanan menuju Tugu Kujang. Kemudian berjalan mengitari setengah kebun raya sampai menemukan pertigaan Pasar Bogor yang ditandai dengan Lawang Surya Kencana berupa Gapura Khas Cina. Arahkan kendaraan belok kiri menuju jalan Surya Kencana. Jalan Surya Kencana ini memang merupakan kawasan Pecinan atau China Town di Kota Bogor. Di area ini terdapat Kelenteng yang bernama Hok Tek Bio. Lokasi penjual bir kotjok terletak sekitar 1 km dari gapura dan berada di pinggir jalan.

Bir Kotjok Khas Bogor.

Selain menikmati Bij Kotjok, terdapat banyak kuliner Bogor yang dapat dinikmati di sepanjang jalan ini. Salah satu yang paling terkenal adalah Soto Kuning Pak Yusup yang sudah banyak sekali diliput berbagai media sebagai salah satu kuliner terbaik dari Kota Bogor. Setelah puas memanjakan lidah dengan berwisata kuliner, kita bisa terus menelusuri Jalan Surya Kencana jika ingin membeli oleh-oleh khas Bogor, yaitu asinan. Salah satu toko asinan Bogor yang paling terkenal adalah Asinan Gedung Dalam yang berada di ujung ruas jalan ini, tepatnya berada di Jalan Siliwangi No. 27 C Sukasari. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.