Bikepacking Ke Pantai Cimaja – Pelabuhanratu, Seru!

0
1594
Pantai Cimaja, Pelabuhanratu, Sukabumi.

Kenali dulu daerahmu. Dan, kamu akan siap untuk traveling sampai ke ujung dunia.

Mungkin itu kata-kata pembuka yang saya dapat ketika saya bikepacking ke Pantai Cimaja – Pelabuhanratu. Ternyata, tidak semua tempat wisata yang ada di daerah saya sendiri sudah saya datangi semua. Banyak tempat wisata tersebut yang bahkan belum saya kenali dan eksplor lebih jauh.

Berawal dari ajakan teman untuk bersilaturahmi sambil bermain surfing ke Pantai Cimaja. Akhirnya saya ikut tantangannya untuk mengendarai motor ke Cimaja dari daerah saya, Pandeglang. Ya, menggunakan motor, atau istilah kerennya adalah bikepacking. Selain menggunakan sepeda, beberapa traveler juga menggunakan motornya untuk melakukan perjalanan ke beberapa destinasi wisata di negaranya, bahkan ada juga yang lintas negara.

Musim penghujan tentu tidak menjadi penghalang, karena saya dan teman bisa menggunakan jas hujan atau ketika hujan turun kami bisa berhenti sejenak sambil beristirahat. Lagian, jika menggunakan transportasi umum, kami juga merasa agak bingung harus menggunakan kendaraan yang mana. Dan, setelah dipikir-pikir, bisa saja waktu tempuh menggunakan kendaraan umum malah lebih lama, lebih capek, dan intinya lebih mengeluarkan biaya lebih banyak. Makanya kami memilih untuk menggunakan motor, lebih simple dan yang terpenting bisa sambil mengenali daerah kami sendiri.

The world is a book, and those who do not travel read only one page – St Augustine

Dengan membaca kutipan dari St Augustine, saya merasa dengan menyusuri daerah sendiri dengan cara bikepacking ini saya berada di halaman kedua dari buku tersebut. Dengan rasa semangat, perjalanan kami dimulai dari Kabupaten Pandeglang, untuk kemudian menyusuri daerah selatan Banten. Awalnya, tidak, ada hal yang membuat kami terlalu terpesona, sampai kami sampai di Kecamatan Malingping yang merupakan daerah dataran tinggi. Hamparan luas pepohonan dan birunya lautan terlihat dengan jelas. Karena, daerah ini belum banyak terekpos, jadi karaktersitik pantainya yang berkarang lebih alami, bersih, dan eksotis langsung menhadap ke Samudra Hindia.

Pantai Malingping, Pandeglang.

Menyusuri jalanan perkampungan, sebenarnya harus kami lalui dengan hati-hati, karena medan yang belum kami kenali. Seperti pada saat kami menuju daerah Kecamatan Bayah, Lebak, beberapa kali kami hampir jatuh karena jalanan yang berlubang. Dan juga, ketika kami sampai di perempatan jalan di daerah terminalnya, kami hampir salah jalan, karena papan penunjuk jalan yang rusak atau tertutupi pepohonan.

Pantai-pantai di daerah sini lebih alami dan rimbun, berbeda dari daerah sebelumnya, Malingping. Pemandangannya luar biasa, seperti belum pernah saya lihat sebelumnya, padahal ini daerah saya sendiri. Yang saya sesalkan adalah akhirnya saya malah merasa asing di kampung halaman sendiri.

Pantai Sawarna, Lebak.

Yang terkenal dari Kecamatan Bayah ini adalah Pantai Sawarna-nya. Wah! Agak spechless juga harus menggambarkan apa lagi tentang keindahan pantai ini. Yang jelas, Sawarna ini adalah surga yang tersembunyi yang ada di Banten. Dan, sepertinya pantai ini menjadi akhir dari perjalanan saya di Banten.

Life begins at the end of your comfort zone – Neale Donald Walsch

Menuruni jalan yang curam inilah awal kami memasuki daerah Pelabuhanratu, sekitar 45 menit lagi kami sampai ke Pantai Cimaja. Pemandangan alam dan pantai di Pelabuhanratu tidak kalah bagusnya. Dari, atas perbukitan, kami bahkan bisa melihat garis pulau jawa dengan sangat jelas.

Sampai di Pantai Cimaja, saya agak terkesima dengan pantainya yang tidak berpasir, tapi memililki bebatuan di sepanjang pesisir pantainya. Bebatuan yang lebih mirip dengan bebatuan di area sungai.

Pantai Cimaja, Pelabuhanratu.

Walaupun begitu, Pantai Cimaja, adalah pantai yang terkenal sampai ke mancanegara. Beberapa kali, pantai ini dijadikan tempat untuk  perlombaan surfing internasional. Bahkan, Dede Suryana, peselancar (surfer) yang berasal dari daerah sini, menjadi peselancar yang terkenal sampai ke kancah dunia surfing internasional yang membanggakan negara Indonesia.

Pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi.

Yang menjadi Pantai Cimaja ini menjadi destinasi wisata Kota Sukabumi bagi wisatawan dan surfer mancanegara, karena pesona ombak pantainya yang besar dan tersedia sepanjang tahun. Selain untuk surfer profesional, cocok juga bagi peselancar pemula.

Itulah pengalaman bikepacking saya bersama teman dari Padeglang – Banten menuju Pantai Cimaja – Pelabuhanratu. Banyak tempat wisata yang indah dan masih alami yang kami lewati, walaupun tidak semua tempat bisa kami abadikan karena kondisi cuaca yang sednag hujan dan untuk mempercepat waktu perjalanan juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.