Berwisata Keluarga di Kebun Teh, Kemuning

0
109
Panorama pegunungan dipenuhi kabut tampak jelas terlihat
Panorama pegunungan dipenuhi kabut tampak jelas terlihat

Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan segudang tempat wisata. Mulai dari air terjun sampai gunung yang memiliki panorama nyentrik. Selain terkenal dengan wisata air terjun, Karanganyar juga memiliki keindahan pemandangan kebun teh buatan. Pada awalnya hanya dipergunakan untuk mata pencaharian masyarakat setempat, namun lambat laun tempat ini dijadikan sebagai tempat wisata. Sehingga terbukanya lapangan pekerjaan yang memadai, selain menjadi petani.

Kebun Teh Kemuning merupakan salah satu destinasi yang menyuguhkan panorama alam yang apik. Dikombinasi dengan pegunungan dan tersebarnya kebun teh, membuat para pengunjung tertarik mengunjungi tempat ini. Kebun Teh Kemuning yang letaknya di bawah Gunung Lawu yang menjadi agrowisata. Karena lokasinya di bawah gunung, jadi suhu di kebun ini cukup dingin berkisar 20-21 derajat celcius. Ketika belum terbiasa dengan suhu di sini, alangkah baiknya kenakan jaket atau syal agar tidak kedinginan ketika berkunjung.

Di kawasan Kebun Teh Kemuning ini, terdapat beberapa titik lokasi yang cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Salah satunya ialah Kali Pucung. Di titik lokasi ini beragam wahana disajikan untuk para pengunjung. Dan fasilitas yang memadai pula.

Stand makanan berjejeran di pinggir kebun teh
Stand makanan berjejeran di pinggir kebun teh

Untuk tiket masuk menuju kebun teh, para pengunjung tidak dikenakan biaya sepeser pun. Hanya membayar biaya parkir saja. Namun, jika ingin menikmati wahana seperti arung jeram, para pengunjung dikenakan tarif berbeda. Destinasi ini buka setiap hari mulai pukul jam 6 pagi sampai 6 sore. Jadi, sangat cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di akhir pekan.

Kegiatan yang Cocok Untuk Dilakukan

Beberapa aktivitas yang cocok untuk dilakukan di beberapa titik kebun teh antara lain, outbound. Para pengunjung tidak hanya sekedar menikmati keindahan panorama, namun dapat melakukan kegiatan outdoor seperti flying fox, menaiki Atv, sampai paralayang. Kegiatan menantang seperti ini sangat cocok bagi penggemar olahraga. Untuk tarif yang dikenakan beragam, untuk bermain Atv dan flying fox para pengunjung cukup mengeluarkan biaya sebesar 10.000-20.000 rupiah saja per orang. Namun, untuk kegiatan paralayang sebesar 350.000 rupiah per orang. Untuk para pengunjung yang berniat untuk mencoba olahraga paralayang sangat cocok berkunjung di Kebun Teh Kemuning.

Kegiatan lain yakni bersepeda. Untuk para penggiat sepeda atau gowes dengan medan yang cukup menantang bisa dicoba di sini. Dan medan yang paling populer untuk pesepeda yaitu trek menuju Dusun Sumbersari. Sebenarnya ada dua jalan yang dapat ditempuh yaitu menyusuri Dusun Sumbersari ke arah barat dengan medan yang cukup landai dan ke arah timur dengan medan jalan yang cukup terjal dan jalan yang naik menuju ke arah Padepokan Segara Gunung. Jika ingin melakukan aktivitas bersepeda, perlu dipersiapkan fisik maupun logistik yang mumpuni. Agar tetap mawas diri ketika terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi.

Kali Pucung salah satu titik destinasi di kebun Teh Kemuning
Kali Pucung salah satu titik destinasi di kebun Teh Kemuning

Selain kegiatan di atas, aktivitas yang lain ialah bersantai. Bersantai menikmati hamparan kebun teh sembari minum secangkir teh khas Gunung Lawu dan makan camilan menjadi rasa nikmat tersendiri. Beberapa varian teh juga ditawarkan di kedai, seperti halnya mint, green, sampai fruit tea. Untuk harga teh sendiri mulai dari 8.000 rupiah, namun berbeda dengan memesan satu tea pot yang harganya berkisar 30.000 rupiah per poci, dapat diminum secara rame-rame.

Untuk fasilitas yang disediakan terbilang cukup lengkap. Mulai dari area parkir yang luas, toilet, musala, warung makan, sampai penginapan tersedia di sini. Dan pula hamparan kebun teh yang indah membuat betah para pengunjung bermain. Tersedia pula kolam pemancingan dan kolam renang bagi anak-anak. Kebun Teh Kemuning sangat cocok untuk dijadikan tempat berlibur di akhir pekan bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.