Berwisata di Ayutthaya Floating Market, Thailand

0
261
Tulisan Ayutthaya Floating Market dalam bahasa Thailand yang sering dijadikan objek foto.

Sudah tidak perlu diragukan lagi tentang betapa ramah dan indahnya negara Thailand bagi pada wisatawan dari berbagai penjuru di dunia. Salah satu alasan utama para wisatawan memutuskan untuk mengunjungi negara Gajah Putih ini adalah banyaknya lokasi/kota yang dapat di-explore di negara ini. Tidak ada istilah kehabisan tempat untuk dikunjungi saat berlibur di Thailand.

Menariknya, setiap kota di negara Thailand memiliki ciri khas mereka masing-masing dan kali ini aku sedang berkunjung di Floating Market yang berada di kota Ayutthaya. Kota kuno yang telah terdaftar di situs warisan dunia UNESCO untuk koleksi kuil-kuil megah yang masih berdiri tegak selama berabad-abad.

Tulisan Ayutthaya Floating Market dalam bahasa Thailand yang sering dijadikan objek foto.

Ayutthaya Floating Market adalah kawasan wisata yang juga banyak dikunjungi oleh masyarakat lokal, sehingga tempat ini sangat cocok untuk membaur dan mempelajari kehidupan masyarakat Thailand. Pasar Apung ini mencakup area yang cukup luas yaitu sekitar 70 hektar dan merupakan objek wisata terbesar di Provinsi Phra Nakhon Si Ayutthaya, melalui kontribusinya dalam aspek pelestarian warisan budaya.

Tujuan dari didirikannya Ayutthaya Floating Market adalah untuk melayani wisatawan sebagai tujuan wisata dan lembaga pendidikan tentang pelestarian seni dan budaya asli Thailand. Tempat ini menggambarkan dan mempertahankan semua aspek dari pasar apung Ayutthaya dari masa lalu. Kota Ayutthaya dikelilingi oleh tiga sungai.

Di lokasi wisata ini, kita dapat melihat pakaian tradisional, hiburan otentik, arsitektur khas Thailand dan gaya hidup sederhana orang-orang Thailand. Sambil berkeliling menjelajahi pasar, kita dapat menikmati berbagai jenis makanan lezat dan berbelanja oleh-oleh di toko yang tersebar disekitar pasar.

Terdapat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini seperti:

Naik Perahu

Nama tempatnya saja Floating Market, tentu menaiki perahu mengelilingi kawasan wisata ini adalah salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan. Tiket masuk sebesar 200 bath yang dibayarkan pada loket masuk sudah termasuk tiket untuk menaiki perahu.

Menaiki perahu mengelilingi pasar apung.
Naik Gajah sambil beriwisata historis

Lokasi Ayuttahaya Floating Market terletak di zona yang sama dengan Desa Gajah Ayutthaya sehingga saat naik gajah pengunjung dapat menikmati pemandangan indah seperti Wat Maheyong. Untuk dapat menikmati aktivitas ini, wisatawan dikenakan biaya sebesar 400 bath.

Gajah.
Menyaksikan Pertunjukan Tradisional

Pertunjukan tradisional khas Thailand terdiri dari berbagai jenis yang disesuaikan dengan jadwal. Pada saat saya berkunjung sedang berlangsung pertunjukan kolosal drama Thai. Perahu-perahu yang membawa para aktor bergerak menyusuri sungai, menarik perhatian kerumunan. Kostum-kostum yang digunakan mengingatkan pada kerajaan Siam kuno dan para prajurit. Pertunjukan terdiri dari teatrikal dramatis, semburkan api, dan meneriakkan teriakan perang. Karena bahasa yang digunakan pada teater adalah bahasa Thailand, aku tidak dapat menangkap seluruh alur cerita namun aku dapat menyimpulkan bahwa garis besar ceritanya adalah mengenai pertempuran Burma di Ayutthaya.

Perahu yang menjual makanan.

Wisata Kuliner!

Sambil berjalan di sekitar pasar, kita akan menemukan berbagai makanan dan camilan untuk dinikmati. Semua makanan Thailand yang terkenal dan lezat dari setiap wilayah Thailand tersedia di tempat ini. Seperti Pad Thai, Tom Yum, Khao Soi, Manggo Sticky Rice dan bebagai jenis lainnya. Kita juga dapat mencoba beberapa makanan lezat yang dijual di atas kapal.

Kuliner yang dapat dinikmati.
Lokasi Ayutthaya Floating Market berada di:

65/12 Moo 7, Phai Ling Sub-district, Phra Nakhon Si Ayutthaya District, Phra Nakhon Si Ayutthaya Province.

Tempat ini beroperasi setiap hari dari pukul 10.00 – 20.00 waktu setempat.

Ayutthaya Floating Market dapat ditemukan sekitar 10 menit dari pusat kota Ayutthaya,. kendaraan alternatif yang dapat dipilih adalah menggunakan taksi sebesar 200 bath atau menyewa motor seharian seharga 500 bath.

Toko-toko yang menjual makanan, aksesoris dan souvenir khas Thailand.

Lokasi ini cocok bagi wisatawan untuk rileks dan bercengkrama dengan masyarakat lokal. Di lokasi ini, aku tidak merasa ada tekanan sebagai turis seperti saat di kota Bangkok. Pengalaman yang sangat menyenangkan saat duduk di tepian sungai dan menyaksikan orang-orang Thailand menikmati akhir pekan yang panjang sambil tertawa bersama keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.