Bertamu ke Pemandian Kerajaan Istana Air Taman Sari Yogyakarta

0
2418
Tembok ukir Taman Sari membuat kesan kerajaan yang semakin kental.

Jika kalian sedang berada di Jogjakarta, tidak ada salahnya mengunjungi salah satu objek wisata terkenal yang berlokasi tidak jauh dari Kraton Ngoyogyakarta Hadiningrat, yaitu Istana Air Taman Sari yang beralamat di Jalan Kompleks Wisata Taman Sari, kelurahan Patehan, kecamatan Keraton, provinsi daerah istimewa Yogyakarta.

Istana Air Taman Sari juga pernah menjadi lokasi pre-wedding Putri presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dan menantunya Bobby, pada tahun 2017 lalu. Tidak heran jika Istana Air Taman Sari sering dijadikan lokasi pre-wedding karena bentuk bangunannya yang unik, bersejarah, dan pastinya instagramable.

Area parkirannya sendiri terbilang luas dan aman, jadi jika kita membawa kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil tidak usah bingung mencari tempat parkir. Dan berhubung lokasi objek ini berada di pusat kota Yogyakarta kita pun bisa dengan mudahnya ke sana.

Pintu masuk Taman Sari (Gedhong Gapura Panggung).

Sampai di pintu gerbang kita sudah disambut bangunan bergaya Portugis dengan dua ekor patung ular yang berada di sisi kanan dan kiri. Untuk masuk ke dalam kita harus membeli tiket Rp. 5.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp. 12.000 untuk wisatawan mancanegara.

Bagi yang membawa kamera akan dikenakan biaya Rp. 2.000. Terdapat banyak pemandu wisata yang akan membantu kalian mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai sejarah Istana Air Taman Sari, dan cukup dengan memberikan jasa kepada pemandu sebesar Rp. 25.000 atau bisa dilebihkan.

Bangunan megah yang luasnya dahulu diperkirakan sekitar 10 hektar  merupakan bagian dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Istana Air Taman Sari sendiri mulai dibangun pada tahun 1758 oleh bupati Tumenggung Prawirosentiko dan dana pembangunannya langsung ditanggung oleh rakyat Madiun sebagai pengganti pajak. Istana Air Taman Sari sendiri rampung pembangunannya pada tahun 1765.

Umbul Pasiraman Taman Sari.

Bangunan ini pernah mendapatkan julukan ‘The Fragrant Garden’ yang dahulu merupakan bekas taman Keraton Yogyakarta. Bangunan ini terdiri dari 57 bangunan dan memiliki kompleks kolam pemandian tempat Putri Raja dan permaisuri kerajaan membersihkan tubuh dan bermain air di Pemandian Umbul Pasiraman (Umbul Binangun).

Di dalam bangunan juga terdapat masjid yang berada di lorong bawah tanah. Dinding masjid ini terbuat dari batu bata yang dilekatkan oleh putih telur. Di dalamnya terdapat sebuah sumur dan lima buah tangga yang bermakna sebagai jumlah rukun islam.

Dan di puncaknya, pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat muadzin mengumandangkan adzan. Karena atapnya terbuka, suara kumandang sang muadzin bisa menggema dan terdengar seantero komplek keraton yang luas.

Ada beberapa tempat di komplek Istana Air Taman Sari yang wajib dikunjungi seperti Gedhong Gapura Panggung, Gedong Temanten, Gedhong Sekawan, Pulo Kenongo, Pulo Cemethi, Sumur Gumuling, dan banyak lagi spot instagrammable yang keren untuk dijadikan instastory dan feed di akun Instagram kalian.

Ukir-ukiran di tembok Taman Sari.

Jika kalian akan mengunjungi Istana Air Taman Sari ada baiknya di weekdays dan hindari weekend karena akan sangat ramai oleh pengunjung lainnya yang membuat kalian tidak leluasa mengambil objek foto yang keren karena harus bergantian bahkan antri.

Untuk jam bukannya sendiri dari senin-minggu, jam  08.00-14.00. Kita juga bisa berjalan-jalan di area Istana Air Taman Sari yang dikelilingi oleh rumah para abdi dalem keraton yang banyak menjual kerajinan tangan seperti batik lukis, kaos, souvenir, dan panganan khas kota gudeg.

Jika kalian berkunjung ke Jogja tidak sah rasanya jika belum mengunjungi Istana Air Taman Sari Yogyakarta. Dari sini kita tidak hanya sekedar berwisata tetapi sekaligus menambah wawasan kita tentang sejarah dan budaya. So, tunggu apalagi, siapkan cuti dan itinerary kalian, karena bulan depan akan banyak tanggal merah. Selamat liburan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.