Bersantap Sambil Berwisata di Makoya Dapur Bakar Pandaan

0
361
Suasana di ruangan dalam Makoya Dapur Bakar Pandaan.

Beberapa waktu lalu saya diundang oleh rekan kuliah untuk menghadiri syukuran pernikahannya yang sudah dihelat sebelumnya. Tempat syukuran berada di sebuah rumah makan yang menurutnya unik dan tak biasa. Rumah makan ini bernama Makoya Dapur Bakar yang berada di daerah Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur.

Untuk menuju tempat makan ini, jika dari arah perempatan Pandaan menuju pintu tol Pandaan, maka saya tinggal mengarahkan jalan bypass sebelah barat Taman Dayu / Masjid Cheng Ho. Rumah makan ini tak jauh dari beberapa kolam pemancingan yang banyak tersebar di sekitar situ. Mengingat dekat dengan akses tol dan jalan raya Malang-Surabaya, maka hampir setiap hari rumah makan yang buka dari pukul 10:00-21:00 ini selalu ramai didatangi oleh pengunjung.

Suasana di ruang lesehan.

Bahkan, kami harus melakukan reservasi terlebih dahulu untuk mendapatkan tempat makan. Ada beberapa tempat makan yang tersedia di Makoya Dapur Bakar dan bisa dipilih sesuai keinginan rombongan. Ada yang berada di dalam ruangan yang ditemani oleh alunan musik. Ada pula ruang lesehan yang dekat dengan kolam kecil, yang biasanya sering digunakan untuk kumpul keluarga. Jika ingin bersantai sambil ditemani suasana berbeda, ada pilihan tempat makan di bagian luar yang dekat dengan kolam.

Oh iya, selain sebagai tempat makan, Makoya Dapur Bakar ini juga dijadikan tempat wisata. Ada kolam anak-anak dan dewasa yang dikelilingi taman dan gazebo. Jadi, selepas berenang, pengunjung bisa bersantai sejenak sambil memilih menu masakan yang akan mereka makan. Tak hanya itu, ada juga perahu motor di sekeliling kolam yang bisa digunakan untuk hiburan bagi keluarga. Harga tiket kolam renang adalah Rp 10.000, sedangkan untuk menikmati perahu motor dikenakan biaya Rp 5.000. Harga yang cukup murah untuk fasilitas asyik seperti ini.

Perahu motor di sekeliling kolam.

Menu makanan yang disediakan di Makoya Dapur Bakar sendiri beraneka ragam. Mulai dari menu seafood dan menu ayam. Ada berbagai olahan udang bakar seperti udang goreng saus mentega, udang bakar, dan udang krispi. Ada pula aneka olahan gurame, seperti gurame bakar makayo dan gurame manis yang sangat menggoda. Menu ayam bakar yang saya pesan menjadi salah satu menu favorit di sini. Disamping itu, beberapa menu ayam lain semisal ayam saus makayo dan ayam kremes.

Rata-rata, harga satu porsi makanan di sini adalah sekitar Rp 30.000 – Rp 50.000. Namun, dengan harga itu bisa dinikmati untuk 2-3 orang. Jadi, kami bisa memesan beberapa menu olahan tadi dan berbagi makanan. Sungguh nikmat saat menyantapnya. Apalagi menu gurame bakar yang benar-benar memiliki cita rasa yang langsung mengena di lidah terutama rasa kecap dan bawangnya. Rekan saya memuji sambal layahnya yang sangat terasa sekali rasa cabai merah dan bawang merahnya.

Beberapa menu di Makoya Dapur Bakar.

Jika ingin lebih hemat, ada menu paket yang bisa dimakan bersama-sama sesuai kebutuhan anggota rombongan. Harga menu paket ini berkisar antara Rp 300.000 – Rp 380.000 yang bisa dinikmati oleh 5 orang. Di dalam menu paket ini sudah tersedia menu seafood, ayam, nasi, dan tentunya minuman serta sambal. Jika ingin membeli paket dengan jumlah yang lebih besar, ada juga menu untuk 10 orang dengan harga berkisar Rp 540.000 Rp 700.000. Pilihan teman saya untuk makan di Makoya Dapur Bakar sangatlah tepat. Kami bisa bercengkrama sambil ditemani musik dan suasana sekitar yang indah.

Selepas makan, kami masih menyempatkan berfoto di beberapa spot foto yang tersedia. Ada spot candi dan beberapa spot lain seperti sepeda antik. Spot foto ini tak jauh dari fasilitas kolam renang. Sungguh ini pengalaman makan di tempat makan tak biasa yang hanya bisa ditemui di Makoya Dapur Bakar Pandaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.