Bersantai Sejenak di Taman Balekambang Surakarta

0
628
Kolam besar dengan patung Partini Tuin.

Surakarta adalah kota yang cantik. Ia menyuguhkan pesona alam dan budaya yang bersatu dengan indahnya, sehingga membuat siapa saja betah mengunjunginya. Ia menyimpan tata kota yang menawan dan mampu menarik minat wisatawan untuk singgah sejenak menikmati apa yang disuguhkan oleh kota ini.

Seperti saya yang tertarik mengunjungi sebuah taman luas di kota ini yang bernama Taman Balekambang. Taman yang berada di Jalan Balekambang, Banjarsari Kota Surakarta ini menjadi salah satu destinasi wisata yang saya tuju saat pertama kali datang ke kota nasi liwet tersebut. Hanya perlu waktu sekitar 15 menit dari penginapan saya di daerah Serengan untuk bisa mampir ke sini.

Tak ada tiket masuk yang harus saya bayar. Baru saja memasuki pintu masuk, saya disambut suara jangkring yang bersahut-sahutan dengan desiran angin yang merontokkan dedaunan. Segera saja, nuansa segar langsung terasa meski saya sebenarnya berada tak jauh dari pusat kota.

Bangku taman yang ada di Taman Balekambang.

Mulanya, saya mencoba berjalan-jalan sepanjang jogging track yang memanjang di sisi barat taman ini. Lelah menyusuri jogging track tersebut, saya pun kemudian beralih ke arena bermain yang banyak digunakan oleh anak-anak untuk bermain. Jungkat-jungkit, perusutan, hingga beberapa arena ketangkasan ada di sana. Tampak beberapa keluarga yang sedang bercengkrama bersama sambil bermain di arena tersebut. Sesakali, mereka juga menikmati panganan yang dijual para pedagang di sana.

Terus berjalan ke arena bermain, saya dikejutkan dengan sosok beberapa rusa yang duduk dan tiduran di dekat wahana permainan jungkat-jungkit. Mulanya, saya mengira itu adalah patung rusa yang bisa dinaiki oleh anak-anak dan digunakan untuk berfoto. Nyatanya, setelah saya amati lebih teliti, rusa-rusa itu ternyata hidup. Bahkan, rusa-rusa itu juga makan dedaunan dari tumbuhan yang tumbuh subur di taman ini.

Rusa yang hidup bebas di taman bermain.

Sontak, saya segera mengabadikan momen ini. Baru pertama kali ini saya melihat rusa yang dibiarkan bebas berkeliaran dan bersinggungan dengan pengunjung. Meski ada beberapa peringatan untuk berhati-hati dengan keberadaan rusa itu, tapi bagi saya rusa-rusa itu cukup jinak. Bahkan, mereka seakan acuh terhadap adanya pengunjung yang hilir mudik di sepanjang Taman Balekambang ini.

Di sebuah persimpangan jalan, saya menemukan sebuah patung wanita dengan air mancur di dekatnya dengan tulisan Partinah Bosch. Patung ini berdiri anggun dan menjadi pusat beberapa bangku taman yang ada di dekatnya. Ternyata, patung ini adalah sosok dari putri adipati Mangkunegara VII, salah satu penguasa Kadipaten Mangkunegaran yang membangun taman ini. Sang adipati juga membangunkan sebuah patung lagi bernama Partini Tuin yang merupakan saudara kembar dari Partinah.

Patung Partinah Bosch.

Patung Partinah Tuin sendiri berada di sebuah kolam besar yang berada di sisi timur dari Taman Balekambang. Kolam yang juga sering digunakan warga Solo untuk memancing ikan dan menikmati suasana. Lantaran, kola mini sangat indah dengan menghasilkan refleksi cahaya yang sempurna jika dipotret dari pinggir. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berkeliling kola mini dengan menaiki sepedai air. Kalau saya, lebih tertarik untuk duduk manis di pinggir taman ditemani semilir angin dan memandang rusa yang duduk manis.

Refleksi indah di kolam Taman Balekambang.

Oh ya, di taman ini juga sering ditampilkan pertunjukan wayang orang tiap bulannya. Sayangnya, saat jam kunjungan saya, atraksi ini sedang tidak ditampilkan. Pertunjukan ini sendiri berlangsung pada malam hari dan bercerita mengenai kisah Ramayana. Ada sebuah panggung terbuka yang berada di taman ini. Taman Balekambang pun akhirnya tak sekadar menjadi tempat wisata semata namun juga menjadi tempat pertunjukan budaya yang patut dilestarikan.

Jadi, taman ini sangat layak dikunjungi saat ke Kota Solo. Selain murah meriah, aneka fasilitas lengkap dan kesegaran suasan menjadi daya tariknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.