Bersantai Bersama di Hutan Kota Joyoboyo

0
322
Hutan Kota Joyoboyo yang asri dan tertata rapi.

Pergi berlibur sejatinya adalah kebutuhan setiap orang. Menikmati masa istirahat dan meninggalkan sejenak segala rutinitas kerja, merupakan hal yang penting di sela-sela rutinitas pekerjaan. Pergi berlibur tentu membuat kita menjadi lebih fresh, menghilangkan kejenuhan, serta membuat kita lebih siap dalam menghadapi berbagai tantangan baru dalam pekerjaan kita sehari-hari. Energi penuh semangat tentu akan muncul sepulangnya kita dari liburan.

Berlibur tidak selalu harus dengan bepergian jauh selama berhari-hari. Masih banyak kegiatan yang seru untuk dilakukan meski kamu hanya memiliki waktu liburan yang singkat atau sekedar berakhir pekan. Salah satunya adalah mengunjungi hutan kota untuk menikmati lebat dan rindangnya suasana yang asri.

Berjalan-jalan di sini cukup menghilangkan penat lho!

Memang sih, tidak semua kota memiliki sarana wisata hutan kota. Beruntung jika kamu berada di Kota Kediri, karena kota yang dijuluki Kota Tahu ini memiliki Hutan Kota Joyoboyo!

Hutan Kota Joyoboyo berlokasi tepat di jantung Kota Kediri. Jika kamu dari Stasiun Kediri, kamu cukup pergi ke arah timur sejauh 3 Km. Hutan kota seluas 2,6 hektar ini bisa cukup membuatmu ngos-ngosan jika ingin berkeliling. Suasananya sangat asri dan sejuk meskipun berada tepat di tengah keramaian karena dikelilingi oleh pohon besar tinggi menjulang yang sangat terawat.

Inilah skybridge Joyoboyo.

Di hutan kota ini kamu tidak hanya disuguhi pepohonan yang rindang atau hijaunya rerumputan. Terdapat juga beberapa wahana sarat edukasi yang dapat digunakan oleh para pengunjung, seperti teras pohon yang bisa kamu gunakan sebagai tempat mengobrol santai dengan teman sambil minum teh, meeting point yang berukuran cukup luas, patung Panji Galuh yang menjadi ikon sejarah kota Kediri, playground dan balok titian untuk tempat bermain anak yang mengasyikan sekaligus menantang, hingga sarana fisik untuk edukasi lingkungan berupa tempat pengomposan sculpture. Terdapat pula fasilitas umum lainnya seperti musala dan toilet. Untuk kamu yang senang jogging, di sini juga terdapat jogging track yang mengelilingi seluruh wilayah hutan kota. Siapkan juga air minum, karena saking luasnya jogging track di sini, dijamin bikin kamu keringatan. Oh ya, satu lagi wahana terbaru di Hutan Kota Joyoboyo yang sempat menarik perhatian masyarakat setempat, yaitu Sky Bridge!

Sesuai namanya, wahana Sky Bridge ini merupakan jalur pejalan kaki khusus yang dapat membawamu berjalan di ketinggian 6-10 meter. Dengan adanya Sky Bridge yang baru selesai dibangun di penghujung tahun 2018 lalu ini, pengunjung dapat menikmati suasana Hutan Kota Joyoboyo maupun mengambil foto dari ketinggian.

Pemandangan dari atas skybridge.

Rindangnya suasana Hutan Kota Joyoboyo ini membuatnya selalu ramai dikunjungi masyarakat, terutama pada hari libur maupun akhir pekan. Banyak masyarakat yang membawa serta anak-anak mereka karena taman ini sangat ramah anak. Tidak jarang juga ada yang membawa tikar sendiri untuk piknik bersama. Ditambah lagi Hutan Kota Joyoboyo juga menyediakan berbagai spot foto menarik yang bisa kamu jadikan tempat selfie bersama teman-teman.

Suasana Hutan Kota Joyoboyo di malam hari juga tidak kalah cantiknya. Kelap-kelip lampu layaknya api yang menari-nari menyinari setiap sisi jalur pejalan kaki. Terdapat juga beberapa lampu sorot berwarna-warni yang menyinari pohon-pohon tinggi. Alih-alih terkesan seram, Hutan Kota Joyoboyo justru terlihat begitu cantik dan romantik di malam hari.

Untuk memasuki hutan kota ini, kamu tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp2000 untuk sepeda motor dan Rp5000 untuk mobil. Lahan parkir yang tersedia cukup luas sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir.

Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk bertamasya di hutan kota?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.