Bersahabat dengan Kabut Candi Gedong Songo Jawa Tengah

0
1878
Candi Gedong Songo, bersahabat dengan kabut. Syahdu.

Perjalanan akan menjadi sebuah momen spesial bila penuh kisah di dalamnya. Nggak hanya piknik di tempat yang biasa saja dan wajar apa adanya. Sesekali bisa juga mencari kesegaran sekaligus rasa yang beda seperti kembali ke masa lalu. Kemana sih asiknya?

Aha, ada yang suka melakukan perjalanan dari candi ke candi? Salah satu candi keren yang epik banget untuk dikunjungi adalah Candi Gedong Songo. Terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ini memang salah satu wisata sejarah yang tak bisa diabaikan begitu saja.

Di lereng Gunung Ungaran, candi Gedong Songo ini berada. Kabutnya? Jangan tanya deh, keren habis. Songo merupakan bahasa Jawa yang artinya sembilan. Yap, arti mudahnya ada candi berjumlah 9 di sana. Tapi tak lengkap, ada yang tinggal reruntuhannya saja.

Candi ini merupakan peninggalan budaya Hindu, dengan rute yang nggak begitu sulit apabila ditempuh dari Kota Palagan, Ambarawa. Dari Ambarawa sendiri naik terus, ambil arah Bandungan. Kurang lebih 8 kilometer dari Ambarawa.

Untuk menuju candinya masih harus naik menempuh jarak sekitar 3 km. Apabila memakai mobil ataupun motor, hanya ditempuh sekitar seperempat jam. Di hari libur, Sabtu dan Minggu, wisata Candi Gedong Songo ini penuh pengunjung. Bisa dipastikan jalanan lumayan macetnya dari Bandungan. Ya, harus sabar menunggu saja, hehehe.

Jalan menuju area wisata tenang saja, sudah aspal mulus. Nyaman dan lumayan lebar. Hanya saja memang menanjak, ya. Harus pintar-pintar mengendarai kendaraannya.

Dari atas, Kamu bisa melihat pemandangan yang nggak kalah eksotisnya.

Apabila nggak bawa kendaraan pribadi, dari Ambarawa, naik saja angkutan jurusan Desa Sumowono. Lalu turun di Palbapang/ Candi Gedong Songo/ SPBU Bandungan. Ada banyak ojek yang siap mengantarmu sampai area wisata. Ojek motor hanya sekitar 10 hingga 15 ribu rupiah. Saat liburan, harga bisa naik, ya. Karena memang sangat ramai.

Tiket masuknya sangat terjangkau guys. Untuk wisatawan lokal hanyalah 8 ribu rupiah. Sedangkan wisatawan mancanegara dengan harga 75 ribu rupiah saja. Wisata sejarah yang nggak mahal dan murmer, bukan?

Masuk pelataran arena candi sudah disuguhi dengan pemandangan yang keren maksimal. Ada arena bermain untuk anak-anak. Selain itu pepohonan pinus yang berada di kanan kiri jalan (nggak setapak) menuju Candi Gedong 1 sangat epik.

Oh, ya, karena terletak di lereng gunung, dengan ketinggian 1.200 mdpl, ya jelaslah banyak turun kabut di pagi hari. Menjelang sore, kabut tebal juga sudah turun lho. Kalau musim hujan, jam 3 sore bisa jadi kabut sudah menutup sekitaran candi. Syahdu banget pokoknya. Wisata  kabut yang mungkin akan jarang kamu temui di daerahmu. Bersahabat dengan kabut, bakal bikin harimu tenang, adem dan gimana ya, nggak bisa diungkapkan, ea…

Candi Gedong 1 diambil dari atas, masa lalu selalu epik untuk dikenang.

Candi pertama adalah Candi Gedong 1, silakan lanjutkan dengan Candi Gedong 2 dan seterusnya. Di antara candi-candi tersebut ada Patung Hanoman yang sangat melegenda. Serta pemandian air panas yang airnya bercampur dengan belerang. Air sumber asli dari Gunung Ungaran. Konon katanya, bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Buat kamu yang suka naik kuda, bisa juga menyewa kuda. Dengan mengendarai kuda, naik turun candi hingga puncak nggak terasa capeknya. Aman karena pak yang punya kuda akan memuntun kudanya.

Perjalanan dari candi ke candi berikutnya ini memang lumayan melelahkan. Yang terbiasa naik gunung mungkin tak berasa. Tapi, untuk anak-anak dan emak-emak ini sesuatu  bangat haha. Apalagi yang jarang olahraga, dibutuhkan stamina cukup kuat untuk sampai puncak.

Perjalanan menuju puncak sungguh suatu momen yang sangat spesial. Pemandangan di sana nggak kalah indahnya. Serasa di puncak  gunung deh (memang di lereng gunung sih ya, hehehe). Kalau nggak kuat sampai puncak, ya nggak perlu maksa. Cukup sampai Candi Gedong 1 atau Candi Gedong 2 saja. Pemandangannya sudah bikin kamu meleleh kok.

Nah, tunggu apa lagi sih, selain mengingat masa lampau nan syahdu, lihat kabut di Candi Gedong Songo bakal bikin kamu betah, deh. Kapan kamu mau ke Candi Gedong Songo nan keren ditemani kabut? Silakan langsung cuss lihat jadwalmu, siapa tahu ada waktu luang untuk mendatangi wisata penuh sejaran dan kabut ini.

Melihat kabutnya, bikin kenangan tersendiri dalam perjalanan petualanganmu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.