Berpetualang ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

2
5095
Bagian Depan Gedung Perpusnas.

Ada yang sudah pernah ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta? Atau malah sudah sering ke sana buat mengerjakan tugas atau sekedar cari buku kesukaan?

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau biasa disebut Perpusnas (Perpustakaan Nasional) Jakarta merupakan perpustakaan modern tertinggi di dunia.

Perpusnas saat ini memiliki 24 lantai dan 3 ruang bawah tanah. Gedung ini memiliki tinggi 126,3 meter, dengan ini Perpusnas resmi menyabet gelar sebagai perpustakaan tertinggi di dunia yang sebelumnya dimiliki oleh Shanghai Library, Tiongkok dengan tinggi 106 meter.

Perpusnas pertama kali di resmikan pada bulan september 2017 oleh bapak presiden Joko Widodo. Perpustakaan Nasional berlokasi di Jalan medan merdeka selatan no. 11 Jakarta Pusat. Perpusnas buka setiap hari, dari senin-jumat 08.30 WIB-18.00 WIB dan Sabtu-Minggu 08.30 WIB-16.00 WIB.

Lokasinya berada di pusat kota,  dan strategis karena dekat dengan Monas, Masjid Istiqlal, dan stasiun Gambir, jadi bisa di akses menggunakan moda transportasi umum seperti Busway, Kereta commuter line bahkan MRT.

Jika naik Busway, bisa turun di Halte Harmoni atau Halte Monas dan lanjut naik yang arah Pulo Gadung dan bisa turun di Halte Balai Kota.

Jika naik kereta commuter line, turun di halte Sudirman lalu lanjut naik busway dari halte Dukuh Atas atau Halte Tosari dan turun di Halte Harmoni atau Halte Monas dan lanjut naik yang arah Pulo Gadung dan bisa turun di Halte Balai Kota.

Dan jika naik MRT, bisa turun di stasiun Bunderan HI dan lanjut naik busway dari halte Bunderan HI turun di Halte Harmoni atau Halte Monas dan lanjut naik yang arah Pulo Gadung dan bisa turun di Halte Balai Kota.

Gedung Perpusnas berada di dalam sebuah bangunan klasik dengan khas genteng merahnya. Di dalamnya terdapat semacam galeri bertemakan nusantara dalam tampilan layar besar dan pameran tentang sejarah literatur di nusantara.

Rak Tinggi Berisi Ribuan Buku di Lantai Dasar Perpusnas.

Masuk ke dalam lagi, akan terlihat gedung Perpusnas yang gagah. Pengunjung akan dibuat terpukau oleh desain gedung berkonsep green building atau bangunan ramah lingkungan. Tidak heran jika area bangunan ini ditumbuhi dengan pepohonan hijau yang terkesan asri.

Sebelum bisa menjelajah lantai perlantai di gedung Perpusnas ini, terlebih dahulu pengunjung harus melewati bagian pemeriksaan, kemudian petugas akan memberikan kunci loker dan tas jinjing. Barang bawaan pengunjung bisa dititipkan di dalam loker, dan jika ingin membawa buku catatan, alat tulis atau laptop ke dalam perpustakaan bisa dimasukan ke dalam tas jinjing yang sudah diberikan. Untuk makanan dan minuman dilarang dibawa ke dalam.

Kartu Perpustakaan.

Sebaiknya pengunjung bisa membuat kartu anggota Perpusnas yang berada di lantai 2 di Ruang Layanan Keanggotaan Perpustakaan. Kartu ini akan berguna bagi pengunjung Perpusnas untuk meminjam dan membaca buku di Perpusnas, untuk buku yang kita pinjam tidak bisa dibawa pulang. Pembuatan kartu anggota Perpusnas gratis.

Eskalator di Perpusnas hanya tersedia di lantai 1-4 saja. Lantai 5-24 pengunjung bisa menggunakan lift. Karena pengunjung banyak yang menggunakan lift, jadi besar kemungkinan akan mengantri dan memakan waktu yang lumayan karena lift-nya sendiri hanya bisa mengangkut sekitar 13 orang dewasa saja.

Sebelum naik lift, ada baiknya pengunjung membaca papan informasi mengenai lantai apa saja di gedung Perpusnas untuk menghindari mengantri lift terlalu lama.Jika pengunjung ingin membaca dan mencari koleksi buku-buku umum bisa kunjungi ruang baca di lantai 21-23.

Untuk mencari buku yang kita inginkan, kita cukup mencari melalui komputer yang telah disediakan. Komputer akan menge-print secarik kertas bertuliskan buku yang kita inginkan, letak lokasi buku tersebut, dan urutan raknya. Kita bisa mencari sendiri letak buku tersebut. Jadi pengunjung tidak perlu mencari satu per satu buku yang kita cari. Cukup memudahkan pengunjung, bukan.

Kantin Perpusnas.

Jika pengunjung Perpusnas ingin istirahat makan siang, pengunjung tidak perlu keluar gedung untuk mencari makan, karena Perpusnas menyediakan kantin yang luas dan nyaman yang  berada di lantai 4. Tersedia berbagai macam menu di kantin Perpusnas, dari nasi rames dengan berbagai lauk, Bakso, dan gado-gado.

Jika pengunjung ingin melihat pemandangan berlatar belakang Monas (Monumen Nasional) dan kota Jakarta, bisa coba naik ke lantai 24. Di sini terlihat lebih santai dan cozy karena banyak disediakan berbagai kursi dan sofa yang nyaman menghadap jendela. Jika sore hari duduk di balkon sambil baca buku ditemani pemandangan indah ibu kota dan semilir angin sepoi-sepoi.

Diharapkan dengan adanya Perpusnas ini, masyarakat bisa lebih sering datang ke perpustakaan dan menikmati berbagai bacaan serta fasilitas yang tersedia. Perpusnas bisa menjadi pilihan alternatif wisata edukasi di ibu kota yang menyenangkan.

Jam Buka
Senin - Kamis 8.30 - 18.00 Wib
Jumat 09.00 - 18.00 Wib
Sabtu Minggu 09.00 - 16.00 Wib

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.