Berpetualang di Lampung – Museum Lampung dan Pantai Sari Ringgung

0
231
Wisata Bandar Lampung
Menirukan gaya pahlawan.

Apa kabar Sahabat Travelblog.id ? Bosenkah membaca tulisan saya tentang Keindahan Alam Sumatera Selatan? Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya selama di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Sebagai Informasi bahwasannya Kota Bandar Lampung ini merupakan kota terbesar dan terpadat ketiga di Pulau Sumatera setelah Medan dan Palembang menurut jumlah penduduk.

Keberangkatan ke Lampung ini tidaklah terencana, karena sehari sebelum keberangkatan baru kami bicarakan (aku, Mustofa, Danu, dan Muqoddas). Kami membahas akan naik apa untuk ke Lampung, tinggal dimana dan segala hal persiapan. Singkat cerita, kami setuju berangkat ke Lampung dengan membawa mobil orang tuaku dan ketika di Lampung kami tinggal dirumah keluarga Mustofa.

Setelah sholat subuh saya langsung kerumah Mustofa yang saat itu mereka sudah berkumpul. Kurang lebih 11 jam perjalanan dari Palembang akhirnya kami sampai di Kota Bandar Lampung. Kami langsung menuju rumah ayuk kandung Mustofa dan ketika sampai kami langsung disambut dan segera menurunkan barang-barang. Malam harinya tidak banyak yang kami lakukan karena sudah kelelahan selama perjalanan, beruntungnya kami disediakan makan hehehe.

Keesokan harinya kami pergi ke Museum Lampung yang tidak jauh dari rumah ayuk Mustofa. Lokasi Museum ini terletak di Jalan Zainal Arifin Pagar Alam no.64, kelurahan Gedung Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung. Terdapat banyak koleksi sejarah yang dirawat disini diantaranya peninggalan sejarah alam, lingkungan seperti bukti geologika, biologika, etnografika (hasil karya peradaban manusia pada masa itu), dan arkeologika.

Di Museum ini juga terdapat benda dengan nilai sejarah yang tinggi diantaranya Kain Tradional dari berbagai wilayah di Indonesia, Senjata dan alat tempur yang berada di luar museum, Fosil Homo Sapiens dan beberapa manusia purba lain, serta naskah kuno dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk masuk ke Museum ini cukup dengan Rp.5.000/orang  Bagaimana sahabat Travelblog.id, tertarik ga nih buat kesini?

Wisata Pantai Bandar Lampung
Pemandangan langsung dari atas bukit di Pantai Sari Ringgung.

Setelah dari Museum, kami pergi ke Pantai Sari Ringgung. Pantai Sari Ringgung ini terletak di Jalan Way Ratay Km 14 tepatnya di Desa Sidodadi, Teluk Pandan dan Kabupaten Pesawaran. Jarak kami dari Kota Bandar Lampung sekitar 25km atau kurang lebih satu jam perjalanan. Tidak berbeda dengan kebanyakan pantai, disini pasirnya putih dengan air biru jernih. Menariknya disini ada bukit yang bisa kita naiki, dan ketika diatas kita bisa melihat pemandangan Gunung Krakatau. Setelah turun dari bukit kami langsung berenang di pantainya. Sungguh air yang menyegarkan ketika badan sudah diipenuhi keringat.

Fasilitas disini cukuplah memadai dengan adanya tempat parkir, toilet dan penjual makanan dan minuman serta berbagai aksesoris seperti kaca mata, gelang dan banyak lagi yang lainnya. Untuk masuk ke pantai ini pengunjung yang membawa mobil dikenakan Rp.20.000 dan Rp.5.000/orang.

Berpetualang di Lampung (2), Nantikan...
Berpetualang di Lampung (2), Nantikan cerita petualangan selanjutnya.

Setelah puas melihat pemandangan dari atas bukit dan berenang di pantai, akhirnya kami pulang, namun sebelum kerumah kami mampir ke Bakso Sony terlebih dahulu. Bakso Sony ini sangat terkenal di Lampung, bahkan saat ini di Palembang saja sudah ada beberapa cabangnya. Jadi sangat pas ketika badan sudah capek dan kedinginan langsung makan Bakso. Setelah makan bakso akhirnya kami langsung pulang karena saat itu sudah hampir magrib dan kami semua sudah kelelahan.

Demikianlah tulisanku pada kali ini, nantikan ceritaku selanjutnya yaitu Berpetualang di Lampung (2) : Pulau Pahawang, Bukit dan Keripik Pisang khas Lampung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.