Berlibur ke Negeri Sakura Semakin Mudah dengan Visa Waiver

0
414
Stiker Visa Waiver.

Jepang semakin mempermudah wisatawan Indonesia untuk berkunjung ke negaranya dengan kehadiran dari Visa Waiver untuk pemegang e-Paspor. Kini Wisatawan Indonesia bisa dengan mudah mengajukan Visa Waiver ke Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang.

Berbahagialah wisatawan yang memiliki e-paspor karena kalian dapat bolak-balik ke Jepang hanya dengan mengajukan Visa Waiver tanpa harus mempersiapkan dokumen-dokumen untuk visa dan juga Visa Waiver ini tidak dipungut biaya apapun dari Kedubes Jepang.

Visa Waiver ini adalah semacam bukti bahwa kita telah melapor ke Kedutaan Besar Jepang bahwa akan mengunjungi negaranya. Ketika wisatawan ingin berkunjung ke Jepang, bagi pemegang e-Paspor kalian juga harus mengajukan permohonan visa waiver sebagai bukti registrasi bebas visa.

E-Paspor Indonesia.

Cara pembuatan Visa Waiver ini sangat mudah, yaitu hanya dengan membawa e-Paspor dan formulir aplikasi pengajuan Visa Waiver yang sudah diisi ke Kedutaan Besar Jepang di hari kerja antara jam 08.30-12.00. Lalu sesampainya di Kedubes Jepang pemohon harus menukarkan KTP dengan ID Card untuk masuk ke area kedutaan, lalu ambil nomor antrian untuk menyerahkan formulir dan juga e-Paspor ke counter konsulat. Namun apabila tidak sempat untuk mencetak formulir tersebut, wisatawan juga dapat mengambil formulir di Kedubes Jepang dan mengisinya dengan bolpoin hitam untuk diregistrasi. Untuk formulir pengajuan Visa Waiver dapat di download di https://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver_newform.pdf

Setelah e-paspor dan pengisian formulir sudah dilakukan dan diberikan ke konsulat, pemohon akan menerima kertas bukti pengajuan dokumen dan dapat menunggu selambat-lambatnya 2 hari kerja untuk mendapatkan stiker Visa Waiver-nya.

Apabila wisatawan yang bersangkutan berhalangan untuk datang tidak perlu khawatir karena pengajuan Visa ini dapat diwakilkan oleh siapapun. Namun bagi pemohon Bebas Visa yang tidak dikabulkan permohonannya, harus melakukan permohonan Visa seperti biasa.

Stiker Visa Waiver.

Pengambilan Visa Waiver dapat dilakukan hanya dengan membawa kertas bukti pengajuan dokumen ke Kedubes Jepang di setiap hari kerja sekitar pukul 13.30-15.00, lalu menyerahkan bukti tersebut ke counter pengambilan dan pemohon sudah dapat menerima e-Paspor yang sudah diberikan sticker Visa Waiver Jepang.

Namun perlu diperhatikan, bahwa visa waiver utamanya diberikan untuk kamu yang ingin melakukan kunjungan singkat ke Jepang seperti wisata, bisnis atau kunjungan keluarga.

Proses registrasi Visa ini kurang lebih selama 2 hari kerja yang dimana hasil proses akan diserahkan hari berikutnya atau 5 hari kerja di JVAC (Japan Visa Application Center). Visa waiver ini hanya berlaku untuk 15 hari dan kamu tidak bisa menggunakan visa waiver untuk kunjungan lebih dari 15 hari ke Jepang.

Selain itu, kamu juga masih bisa berkunjung ke Jepang sampai 3 tahun ke depan dengan visa waiver yang sama.

Proses pengajuan Visa Waiver ini bisa dilakukan di dua tempat:

Kedutaan Besar Jepang di Jakarta.
  • Kedutaan Besar Jepang di Jakarta

Jl. M.H Thamrin Kav 24, Jakarta Pusat – 10350

Jam Operasional: 08.30-12.00

(Stasiun MRT Terdekat Stasiun Bundaran HI atau Stasiun Sudirman)

  • Kedubes Jepang berdekatan dengan Plaza Indonesia

Untuk pengajuan di Kedubes Jakarta ini hanya untuk wilayah yurisdiksi yaitu Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Belitung, Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Sedangkan bagi pemohon yang berdomisili diluar wilayah yuridiksi Kedubes Jepang di Jakarta, bisa mengajukan permohonan di Konsulat Jenderal Jepang yang berada di Medan, Surabaya, Makassar dan juga Denpasar.

Biaya Visa Waiver yang diajukan di Kedutaan Besar Jepang atau Konsulat Jenderal Jepang yaitu gratis (tidak bayar)

Pusat Aplikasi Visa Jepang (JVAC)

Lotte Shopping Avenue, Lt. 4

Jakarta

Jam Operasional: 09.00-17.00

Layanan Informasi +622130418715

Info lengkap http://www.vfsglobal.com/japan/indonesia/English/index.html

Namun perlu diketahui pengajuan Visa Waiver di JVAC ini akan dikenakan biaya layanan sebesar Rp120.000

Jadi gimana? Semakin bersemangat untuk berlibur ke Jepang, bukan?

Selamat berlibur ke Negeri Sakura

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.