Berlibur dan Berkemah di Promas Greenland Kendal

0
4719
Lokasi perkemahan di Promas Greenland.

Promas Greenland adalah lokasi wisata yang paling hits di Kabupaten Kendal. Tepatnya berada di Desa Nglimut, Desa Gonoharjo, Kecamatan Limbangan. Meskipun tempat ini dikenal dengan pemandian air panasnya yang bercampur dengan belerang, tetapi masih banyak wahana menarik yang Saya temukan setelah berkunjung kesana. Sebenarnya tujuan saya ke Promas Greenland adalah untuk mengikuti Youth Climate Camp yang di adakan oleh Walhi Jateng. Saya sebagai salah satu peserta yang mengikuti kegiatan itu.

Promas Greenland bagi saya sangat sejuk dan family friendly. Wahana wisata yang ada seperti kolam renang air hangat yang mengandung belerang, kolam renang air dingin, sepeda awan, pemancingan ikan, saung-saung, fasilitas perkemahan, homestay, parkir yang luas, permainan anak seperti ayunan, jungkat jungkit dan masih banyak permainan lainnya. Pengunjung bisa memilih hanya bermain seharian atau menginap. Jika ingin menginap pilihannya ada dua. Berkemah atau menyewa homestay.

Saya sendiri pernah berkemah. Walaupun lokasi disekitar tempat wisata cenderung curam, tapi spot perkemahan bentuknya tanah datar. Dan biasanya berupa lahan kosong atau lapangan. Pengunjung yang berkemah biasanya dari Komunitas Pecinta Alam atau Pramuka yang memang sengaja datang berkemah. Enaknya berkemah disini karena perpaduan lokasi yang alami, tapi masih disediakan fasilitas yang modern. Namun jika ingin menginap bisa pesan homestay dengan fasilitas yang modern, namun kesan alamiahnya masih terasa. Karena banyak pepohonan lebat ada di hampir setiap sudut lokasi wisata.

Tempat ini ternyata sering didatangi oleh siswa SMP atau SMA yang melakukan kaderisasi organisasi atau merayakan gathering kelulusan sekolah. Selain itu Pengunjung juga ada yang murni ingin jalan-jalan bersama keluarga besar. Karena banyak playground dan spot selfie yang dibuat dengan desain instagramable, dan taman-taman yang ada penuh dengan bunga berwarna-warni. Jika ingin santai banyak sekali saung dengan atap dari anyaman daun kelapa, berlantai kayu dan  tiang penyangga dari batang pohon kelapa.

Fasilitas kolam renang air hangat.

Selain berkemah, acara yang saya ikuti juga mengadakan talkshow di Promas Greenland. Ada fasilitas Aula yang besar, dengan bentuk bangunan tradisional. Saya sempat berganti Aula, tapi Aula lainnya tak kalah menarik. Berdinding kayu dengan hiasan topi caping yang dilukis, menempel di tembok. Namun fasilitasnya lengkap, seperti AC, projector, kursi hingga beralaskan karpet. Selain itu, pelayanan konsumsi untuk peserta juga terlayani dengan professional. Antara breakfastcoffe break, lunch hingga dinner bisa disajikan dengan prasmanan. Pelayaanan yang ramah dan cepat. Pokoknya saya paling suka dibagian konsumsi.

Saya sempat mencoba kolam renangnya. Saya lebih suka mandi di koam renang air hangat. Airnya berwarna keruh karena telah bercampur dengan belerang, tapi masih sangat aman dan katanya sih baik buat kesehatan kulit. Jika mau tau belerangnya, kita bisa menyelamkan tangan ke dasar kolam, maka akan ada pasir-pasir halus yang mengendap di dasar kolam, itulah belerangnya.

Fasilitas kolam renang air dingin.

Saya kan menginap, jadi bisa mandi disini pagi, siang bahkan malam. Sepuasnya. Sedangkan pemandian air dingin berada di sebelahnya. Lebih luas, tapi saya tidak berlama-lama disana. Karena memang hawa di Promas Greenland sendiri cukup dingin. Di kolam air hangat maupun dingin,  tersedia kedelaman dangkal untuk anak-anak dan kedalaman agak dalam untuk dewasa. Fasilitas lainnya ada selucuran di kolam renang dangkal. Selain itu, disebelah kolam renang ada kamar mandi dengan air hangat atau dingin. Bedanya air hangatnya tidak terlalu banyak belerangnya. Walau masih ada.

Sayangnya, pertama kali datang, jangan salah kalau gerbang atau pintu masuknya agak menjorok kedalam. Sehingga gerbangnya tidak cukup terlihat jelas dari samping jalan. Namun pamflet yang terpasang dipinggir jalan bisa menjadi penanda lokasi. Selain itu jika kalian tersesat, jangan ragu tanya penduduk setempat, karena pasti tau lokasi wisata ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.