Berlibur 1 Malam di Pulau Sepa

2
3825

Berlibur 1 Malam di Pulau Sepa

.

Awalnya pada liburan Lebaran 2016 ini kami sekeluarga ingin bermain ke Belitung. Tetapi karena satu dan lain hal, akhirnya kami memutuskan untuk tetap di Kota Bandung tercinta. Setelah satu minggu di Bandung tanpa pergi jalan-jalan ke luar kota, tiba-tiba kepikiran untuk main ke Pulau Seribu. Ide istri dan anak-anak sih. Kalau saya sendiri dulu ketika masih kecil (SD) pernah pergi ke pulau seribu dengan orang tua saya. Waktu itu kami pergi ke pulau di mana ada 2 pulau, yang setiap 1 jam ada kapal yang sengaja bolak balik antar pulau gratis. Karena perginya cukup mendadak, pilihannya ada dua: pulau sepa dan pulau bidadari. Akhirnya kami memilih pulau Sepa.

Travel Blog Indonesia Pulau Sepa
Di dalam kapal ternyata ada wc loh
Travel Blog Indonesia Pulau Sepa
Dermaga Marina

Nah akhirnya sore itu kami pergi ke Jakarta, menginap semalam di Jakarta dan pagi-paginya langsung ke dermaga Marina (Ancol). Kami sengaja menginap dekat dengan Ancol supaya pada saat pagi kami bisa berangkat tanpa perlu kuatir macet.

Setelah kurang lebih selama 3 jam kami di kapal, akhirnya kami sampai di Pulau Sepa. Di sana disambut dengan ramah oleh pekerja-pekerjanya. Lalu kami jalan ke kamar kami (kami memesan 2 kamar yang terpisah, karena pemesanannya agak terlambat, maka kami tidak dapat memesan yang cottage.

Travel Blog Indonesia Pulau SepaTravel Blog Indonesia Pulau SepaSetelah beberapa saat kami mulai main ke pantai. Kalau istri saya mulai melihat-lihat tempat di mana bisa membuat rekaman Vlog “Ask Auntie Ann“. Sedangkan anak-anak saya mencebur ke laut langsung. Ternyata setelah main cukup lama, ada ikan atau binatang-binatang yang menggigit-gigit kecil ke anak saya. Setelah udahan, mandi, dan kita makan siang.

Travel Blog Indonesia Pulau SepaTravel Blog Indonesia Pulau SepaTravel Blog Indonesia Pulau SepaTravel Blog Indonesia Pulau SepaDi sini kita cuma ada satu pilihan rumah makan yang disediakan oleh pulau tersebut. Dan termasuk dalam paket wisatanya. Sehari kita akan makan 3x (pagi, siang, dan malam), dan di sela-sela nya ada acara minum kopi/teh dicampur dengan pisang goreng.

Permainan di sini kita bisa memancing, naik kapal, mendayung, berenang, menyelam, dan memancing. Anak laki saya yang paling besar sejak awal sudah ingin terus memancing. Saya awalnya ragu, karena setelah melihat beberapa orang di sana yang memancing selama berjam-jam, kelihatannya tidak dapat ikan atau dapat ikannya kecil-kecil. Dan salah satu kekuatiran saya adalah melepaskan pancing dari ikan yang ditangkap.

Travel Blog Indonesia Pulau Sepaimg20160715094004Pada hari terakhir, akhirnya kami meminjam alat pancing dan mulai memancing. Ternyata anak saya suka,  dan ngga lama kemudian mendapatkan ikan!. Pada saat saya ingin melepaskan ikan tersebut, ada nelayan yang langsung menyamperi kami, dan berkata bahwa melepaskan ikan itu harus hati-hati karena suka tersengat. Dan jika tersengat maka bisa 1 harian sakit. Akhirnya dia membantu dan benar susah melepaskannya. Karena pancingnya menyangkut ke bagian dalam insang. Hiiiii…. serem.

Nelayan tersebut juga membantu meminjamkan ember yang berisi air sehingga ikan-ikan yang kami tangkap bisa disimpan di sana.

Oh iya. dari pengalaman lagi berenang, saya menemani anak saya berenang. Di beberapa tempat yang dalam ternyata masih cukup banyak “bulu babi” yang mana jika terinjak itu cukup berbahaya. Saya pernah melihat wanita yang menginjak bulu babi dulu di Pangandaran, dan benar susah mencopotnya. Setiap dicabut bulu babi tersebut putus. Saya dengar katanya harus dikencingin itu luka yang tertusuk bulu babinya. Tapi pengalaman melihat korban bulu babi yang terus menangis itu membuat saya trauma.

Selain itu, ada beberapa batu yang dijaga oleh ikan-ikan. Saya ada beberapa kali sengaja bermain dan memang ternyata digigit. Kalau ikannya kecil cuma kaya dicubit saja. Tapi kalau ikannya rada besar ternyata sakit juga (dan agak membekas beberapa hari kemudian).

Akhir kata, kami sekeluarga sangat menikmati bermain di pulau ini. Walaupun hanya menginap semalam, tetapi sangat berkesan. Kami di sini juga tidak terdapat wifi, sehingga kebanyakan dari kami bermain di alam.

Travel Blog Indonesia Pulau SepaTravel Blog Indonesia Pulau Sepa

Berikut Lokasi Map Pulau Sepa :

2 KOMENTAR

  1. Widih enak banget ya liburan di pulau Sepa. Waktu itu udah ada rencana, saya yang buat itin nya, eh ujung2nya gak bisa ikutan karena ada keperluan lain. Jadinya masih penasaran sama pulau ini. Ditambah lihat artikel ini, wahhh kacau balau hatiku…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.