Berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta

0
525
Ruang tengah Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Beberapa kali aku melewati lokasi Rumah Kelahiran Bung Hatta yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta no. 37, Bukittinggi, Sumetera Barat. Terus terang awalnya aku lupa kalau Bukittinggi adalah kota kelahiran Bapak Proklamator Republik Indonesia, sehingga aku tidak memasukkan Rumah Kelahiran Bung Hatta ke dalam itinerary liburan di Bukittinggi. Untung saja agenda kami tidak terlalu padat, sehingga akhirnya aku bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Rumah Kelahiran Bung Hatta, kini menjadi museum yang bisa kamu kunjungi.

Sesuai dengan papan yang tertera di depan rumah ini, rumah ini merupakan tempat Bung Hatta dilahirkan. Lahir dengan nama Muhammad Athar, yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti “Harum” pada 12 Agustus 1902. Beliau tinggal di rumah ini sampai usia 11 tahun bersama ibu, kakek, nenek, dan pamannya. Saat Beliau memasuki usia 11 tahun, beliau melanjutkan pendidikan di Meer Uitgebred Lager Onderwijs (MULO) di Padang, sebelum menimba ilmu di Prins Hendrik School (PHS) Batavia.

Rumah yang terdiri dari dua lantai itu terbuat dari bilah-bilah papan kayu dan dibangun pada tahun 1860. Sebagian dinding terbuat dari anyaman bambu. Masih tampak terlihat seperti bangunan lawas yang mengingatkan pada zaman Belanda, meski sebenarnya rumah ini sempat direnovasi pada tahun 1994. Hanya memang meski direnovasi, tapi tetap tidak mengubah bentuk aslinya.

Ruang tengah Rumah Kelahiran Bung Hatta.

Di museum ini disediakan pemandu, sehingga kita bisa dengan leluasa mengelilingi rumah kelahiran Bung Hatta sambil mendengar cerita tentang sosok Bapak Proklamator. Rumahnya sendiri sangat menarik, selain ada bangunan utama, terdapat juga paviliun, lumbung padi, dapur, kandang kuda, juga kolam ikan. Sayang ketika aku tiba, hujan turun cukup deras, sehingga agak menikmati di luar rumah utama.

Di ruang depan terdapat ruang tamu serta dua kamar tidur paman Bung Hatta. Di dalam ruangan terdapat koleksi foto semasa keluarga Bung Hatta semasa kecil juga foto keturunan beliau. Selain foto ada juga silsilah keluarga dalam ruangan ini. Di lantai dua terdapat tempat tidur dimana Bung Hatta dilahirkan serta lukisan Bung Hatta.

Mengenal Masa Kecil Bung Hatta sambil Membaca Koleksi Buku

Saat berkunjung ke Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta, jangan lupa untuk mengintip kamar bujang Bung Hatta. Ini adalah kamar saat Bung Hatta masih kecil. Kamar Bung Hatta terletak di sebelah lumbung padi. Kamar ini tidaklah besar dan terlihat sangat sederhana. Selain ranjang untuk tidur, hanya terdapat meja tulis dan lemari buku. Sejak kecil Bung Hatta memang sudah gemar membaca.

Kamar bujang Bung Hatta.

Mengingat sosok Bung Hatta sangat gemar membaca, pengelola museum ini juga menambah fungsi rumah kelahiran Bung Hatta sebagai taman bacaan. Sehingga kita bukan sekadar berkunjung dan mengenal sosok Bung Hatta semasa kecil. Tapi kita juga bisa membaca koleksi buku dan pidato yang pernah ditulis oleh Bung Hatta.

Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta merupakan cagar budaya dan dikelola oleh Pemerintah Kota Bukittinggi. Tidak ada biaya tiket masuk untuk berkunjung ke rumah ini, kamu hanya diminta membayar seikhlasnya. Kamu juga akan diminta mengisi buku tamu terlebih dahulu. Biasanya kamu akan diantar berkeliling dengan seorang guide dari Dinas Pariwisata setempat.

Kalau kebetulan kamu sedang berkunjung ke Bukitinggi jangan lupa untuk menyempatkan diri untuk berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta no 37, Kelurahan Aur Tanjungkang Tengah Sawah. Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 wib.

Selamat bersenang-senang sambil belajar sejarah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.