Berkunjung ke Air Terjun Goa Rang Reng, Gianyar

0
4179
Air Terjun Goa Rang Reng.

Jika teman-teman biasanya berkunjung ke Bali untuk menikmati wisata pantainya, mungkin lain kali teman–teman bisa mencoba alternatif wisata lain di Bali untuk dinikmati, salah satunya adalah wisata air terjun. Di Bali banyak sekali air terjun yang tidak kalah indah panoramanya untuk dinikmati. Meskipun beberapa diantaranya masih jarang terdengar namanya, dan baru terdengar di kalangan pencinta alam saja.

Nah salah satu air terjun yang dapat teman-teman kunjungi adalah air tejun Goa Rang Reng. Air terjun ini sangat cocok bagi teman–teman yang menginginkan wisata alam yang masih sepi pengunjung, karena masih terbilang baru sehingga pengunjungnya pun masih minim.

Air terjun Goa Rang Reng berlokasi di Banjar Gitgit, Desa Bakbakan, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Jika dari Denpasar jaraknya kurang lebih sekitar 31 km perjalanan yang harus ditempuh untuk dapat sampai ke lokasi, karena berada di lokasi yang terbilang terpencil teman-teman dapat bertanya ke warga lokal jika kesulitan untuk menemukan lokasi.

Setelah sampai ke lokasi untuk dapat menikmati wisata air terjun  teman-teman akan dikenakan tiket masuk kurang lebih harganya sekitar Rp. 5.000. Nah, dari tempat parkir ini teman-teman masih harus berjalan melewati jalan setapak untuk sampai ke air terjunnya.

Karena wisata air terjun ini masih terbilang baru sehingga tidak heran jika jalanannya juga masih berupa tanah. Bagi teman-teman yang ingin berkunjung sebaiknya tidak ke sana ketika musim penghujan, karena akses jalanan akan sangat becek dan licin. Oh iya, perlu diingat meskipun tidak musim penghujan, sebaiknya teman-teman menggunakan alas kaki yang nyaman karena untuk sampai ke air terjun selain melewati jalanan setapak  pengunjung juga akan melewati  beberapa anak tangga yang terbuat dari tanah dan licin.

Air terjun Goa Rang Reng memang belum sepopuler wisata lainnya karena masih baru akan tetapi untuk panoramnya tidak perlu diragukan lagi. Udara segar karena lingkungan sekitar yang masih sangat alami ditambah pemandangan yang apik menjadikannya salah satu destinasi yang wajib dikunjungi jika pergi ke Gianyar. Kawasan Gianyar memang terkenal dengan pemandangan pegunungannya yang sejuk dan alami.

Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang langsung jatuh ke bawah, air terjun Goa Rang Reng memiliki keunikan, yaitu airnya tidak mengucur deras ke bawah tetapi menyebar melalui undakan bebatuan sehingga lebih landai dan tidak curam.

Airnya jernih dan sangat menyegarkan jika dibuat mandi atau bermain air. Di sekitar air terjun banyak tumbuh pepohonan yang menambah keindahan dan kealamian lokasi wisata ini. Sangat bagus sekali jika diabadikan dengan lensa kamera teman-teman. Jadi, jangan lupa bawa kamera, karena spot fotonya sangat sayang jika tidak diabadikan.

Dinamakan Air Terjun Goa Rang Reng, karena pada bagian atas air terjun yang merupakan hulu sungai terdapat sebuah goa yang dinamakan Goa Rang Reng. Untuk menuju goa tersebut, pengunjung dapat menyurusi bebatuan kering di sebelah kiri air terjun.

Menurut beberapa sumber di internet, hulu sungai di sini biasanya dipakai oleh masyarakat untuk melakukan melukat (membersihkan diri dari hal-hal negatif), sehingga lokasinya memang sangat disakralkan oleh umat Hindu, karena lokasinya merupakan tempat suci sehingga pengunjung yang datang harus menjaga sopan santun, berpakaian yang sopan, dan menjaga perilaku dan perkataan. Pengunjung wanita yang sedang berhalangan, sebaiknya tidak masuk ke dalam Goa Rang Reng karena untuk menjaga kesucian lokasi ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.