Berkuda dan Memanah di Peternakan Kuda Megastar

0
226
Kandang kuda di peternakan kuda Megastar

Memanah dan berkuda merupakan olahraga yang lagi tren saat ini. Masih belum begitu banyak tempat yang menyajikan dua olahraga ini. Apalagi di kota-kota besar yang lahannya sudah habis di makan gedung-gedung pencakar langit. Namun tak usah bersedih kawan, bila kalian ingin mencoba dua olahraga ini sekaligus kalian bisa melipir sejenak ke Kota Batu, Jawa Timur.

Di sini terdapat peternakan kuda yang dibuka untuk umum yaitu Peternakan Kuda Megastar. Tempat wisata yang merupakan hasil kerjasama antara PT Megastar dengan Perhutani ini beralamat di Jalibar, Dusun Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Untuk bisa ke sana kalian harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada kendaraan umum yang melewatinya. Dari Kota Batu arahkan kendaraan kalian menuju Museum Angkut, lalu ikuti papan petunjuk menuju Agro Wisata. Dari Agro terus aja sampai ke Hotel Horison Ultima nanti kalian akan melihat papan Panderman Hills dan setelah itu Peternakan Kuda Mega Star.

Untuk masuk kesini kalian harus membayar sebesar Rp 25.000 dan biaya parkir sebesar Rp 2.000. Setelah masuk gerbang akan nampak langsung lapangan luas berpagar kayu dengan beberapa kuda berlarian di dalamnya. Ada sekitar 50 ekor kuda yang dirawat di sini. Beberapa kuda masih belum jinak sehingga selalu ada pemandu yang akan menemani kalian bila masuk ke lapangan tempat kuda-kuda di lepaskan. Pemandu akan menunjukkan mana kuda yang jinak dan mana yang masih belum jinak.

Bermain bersama kuda bernama Queen.

Untuk bisa bermain-main atau berfoto bersama kuda kalian tidak perlu mengeluarkan biaya lagi. Pemandu akan membawakan kalian seekor kuda untuk diajak berfoto dan bermain. Tentu saja yang dibawa merupakan kuda yang sudah jinak. Sehingga bakal nurut diajak foto dengan berbagai pose. Nggak ada yang memfotokan? Tak perlu risau, bapak pemandu akan dengan senang hati memfoto kalian bareng kuda.

Namun jika kalian ingin mencoba menunggang kuda kalian harus membayar lagi sebesar Rp 50.000 ke pemandu yang ada di sana. Nanti kalian akan diajak keliling kawasan peternakan selama 30 menit. Di sini juga di buka kelas berkuda lo. Kalian yang ingin menambah skill berkuda bisa banget belajar berkuda di sini. Biayanya sebesar Rp 500.000 perbulan. Nanti kalian akan diajari oleh pelatih-pelatih yang profesional. Karena hanya pemandu yang telah memegang lisensi dari Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia saja yang boleh mengajar.

Belajar memanah.

Setelah berkuda, yuk cobain olahraga yang dapat meningkatkan fokus kita yaitu memanah. Untuk bisa mencoba olahraga satu ini kalian harus membayar lagi sebesar Rp 50.000. Siapkan kesabaran kalian ya, karena meski terlihat mudah ternyata olahraga satu ini lumayan sulit. Beberapa kali saya menarik anak panah dan melepaskannya tapi tak juga bisa menancap tepat sasaran. Selain harus fokus, memanah juga butuh kekuatan tangan. Karena tarikan busur itu nanti yang akan menentukan seberapa jauh panah kalian melesat.

Setelah capek berkuda dan memanah kalian bisa beristirahat sebentar di gazebo yang telah disediakan. Kalian bisa ngobrol dan makan camilan sambil menikmati pemandangan Gunung Panderman dari sini. Selain itu juga ada taman bunga matahari di dekat situ. Bila kalian datang saat bunga mekar akan terlihat sangat indah. Tak apa berfoto di taman bunga matahari tapi jangan sampai merusaknya ya kawan, apalagi memetiknya.

Jadi kapan lagi nih bisa liburan sambil berkuda dan memanah.

Jam Buka
Setiap Hari 08.00 - 16.00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.