Berkeliling Yogyakarta Hanya dengan Rp. 3.500 Saja!

Trans Jogja.

Saat berwisata, kita memerlukan beberapa hal yang penting, dan transportasi adalah salah satu hal penting tersebut. Masalah transportasi umum di seluruh Indonesia belum merata dan terkelola dengan baik. Kawasan wisata dan industri pariwisata di Indonesia belum mengembangkan dan mengelola dengan serius transportasi umumnya. Itulah mengapa kita cenderung lebih mengandalkan kendaraan sewaan untuk berkeliling dan mengunjungi objek-objek wisata. Nah, ada sebuah contoh unik terkait pengelolaan transportasi umum di kota Yogyakarta, bernama Trans Jogja.

Trans Jogja adalah sebuah bis dengan trayek teratur, halte tunggu, dan jadwal bis yang pasti. Apabila di Jakarta kita mengenal dengan busway atau Trans Jakarta. Transportasi umum inilah yang menjadi penopang utama transportasi publik di Yogyakarta, rutenya pun cukup jauh. Walaupun, tidak menjangkau semua objek wisata dengan integrasi. Tulisan ini akan membahas tentang wisata kota di Yogyakarta dengan Trans Jogja.

Halte Trans Jogja yang Modern dan Tertata.
Murah, Cepat, dan Efisien.

Pada tanggal 5 Juli 2019, saya keliling Yogyakarta. Nah, dalam trip ini saya mencoba trip dengan gaya city tour, menjelajahi kota Yogyakarta dengan cara berjalan kaki dan menaiki transportasi umum. Saya terinspirasi dengan istilah life like a local, bagaimana kita menjelajahi sebuah kota seperti cara warga lokal menikmati kotanya sendiri. Gaya traveling ini sangatlah mengasyikan! Soal traveling gaya itu akan saya bahas lebih lengkap di tulisan lain.

Nah, kira-kira pukul 07:00 saya mencari halte Trans Jogja. Halte UNY yang saya naiki, halte masih sangat sepi. Harga tiketnya Rp. 3.500, sebenarnya ada kartu khusus untuk membeli tiket. Nanti kita hanya tinggal menempelkan kartu di mesin, maka kita bisa masuk ke halte. Berhubung saya belum punya, jadi saya menggunakan uang cash dan membayar ke petugas. Lalu, petugas akan menempelkan kartunya, dan kita bisa masuk ke halte. Oh iya, jika kita transit di halte sebelum tujuan, kita jangan turun atau keluar dari halte transit. Nanti kita harus membeli tiket lagi.

Interior dari Trans Jogja.

Suasana pagi di Trans Jogja cukup menarik. Jika sore atau siang hari selalu penuh, maka suasana sepi dan tenang di pagi hari berbeda sekali seperti biasanya. Alunan radio dengan tembang-tembang Jawa seakan menjadi energi untuk memulai hari, supir, dan petugas lapangan Trans Jogja mengobrol santai. Suasana pagi memang beda, ini baru Yogyakarta! Bis yang bisa kita naiki memiliki trayek yang beragam dan cukup banyak. Jangan khawatir, karena di setiap halte ada petugas yang siap memberi informasi dengan lugas dan jelas.

Akhirnya sampai juga di halte Malioboro 3, lalu berjalan kaki ke Alun-alun Kidul, hanya untuk menikmati suasana pagi kota Yogyakarta. Setelah sarapan dan menikmati suasana pagi, saya melanjutkan perjalanan ke daerah Warungboto. Untuk mengunjungi situs cagar budaya Warungboto.

Trans Jogja.

Pada sekitar pukul 10:00, saya menaiki Trans Jogja yang kedua, kali ini trayeknya bernomor 2A. Saya naik dari Halte Taman Pintar, dengan tujuan akhir Halte Hidayatullah. Kali ini, suasana sudah tidak sepi lagi. Orang-orang mulai mengantri di halte, bis mulai padat, dan udara semakin panas. Tapi, inilah uniknya menikmati fasilitas publik, kita bisa melihat dan mengamati realitas yang terjadi selama traveling. Tapi, walaupun suasananya padat, Trans Jogja adem karena ada AC. Lalu, interior bis pun enak dan nyaman. Ada kursi dan pegangan untuk tangan, jika kursi-kursi sudah terisi penuh. Selain itu, Trans Jogja pun ramah untuk difabel, ibu hamil, serta bapak dan ibu yang sudah lanjut usia. Kursi prioritas selalu tersedia untuk mereka yang membutuhkan.

Total perjalan saya hari itu cukup panjang, dari Halte UNY, ke Halte Malioboro 3. Lalu, dari Halte Taman Pintar ke Halte Hidayatullah. Lalu, saya pun kembali lagi ke Halte UNY. Kira kira hampir 20 km! Sebenarnya jika saya tidak turun, ongkos perjalanan hanya Rp. 3.500 saja.

Jadi, siapa mau keliling Yogyakarta hanya dengan uang Rp. 3.500 saja?