Berkat Putri Bening Semua Tersihir Keindahan Eling Bening

0
317

Destinasi wisata Semarangan, Eling Bening. Berlokasi di jalan Kartini Tambakboyo, yang termasuk dalam wilayah Ambarawa, kabupaten Semarang. Tempat wisata ini memang terbilang jauh dari kota Semarang. Memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit mengendarai sepeda motor untuk sampai ke lokasi. Jika dari terminal Bawen ambil lurus ke arah Ambarawa. Setelah lampu merah arteri lurus saja dan di sebelah kiri ada jalan Kartini. Disana ada petunjuk jalan bertuliskan wisata Eling Bening. Keindahan suasana dan kesejukkan udaranya dijamin membayar semua peluh saat diperjalanan.

Sunset Eling Bening Yang Menyejukkan Hati
Sunset Eling Bening Yang Menyejukkan Hati.

Sebelumnya, ada sebuah legenda dari penduduk setempat tentang asal usul nama Eling Bening. Dalam bahasa Jawa, eling itu artinya ingat. Sedangkan Bening disini adalah nama seorang Putri dari kerajaan Ambarawa. Dulu, sang Raja ingin menjodohkan putrinya dengan pangeran dari kerajaan tetangga, yaitu Kerajaan Bawen. Perjodohan ini sebenarnya adalah balas jasa sang Raja kepada kerajaan Bawen yang sudah membantu mengembalikan kejayaan Ambarawa dari masa terpuruknya. Namun Putri Bening tidak mengetahui hal itu, dan terlanjur jatuh cinta dengan pemuda setempat yang bukan keturunan ningrat. Raja dan Ratu ingin segera mempertemukan Putri Bening dan Pangeran dari Kerajaan Bawen untuk menikah. Namun, Putri Bening hanya ingin menikah dengan orang yang dicintainya dan hidup damai jauh dari kerajaan. Putri mengajak pemuda tersebut ke daerah perbukitan, duduk disana mengagumi keindahan bumi Ambarawa. Keberadaan mereka diketahui oleh patih kerajaan yang diutus Raja untuk membawa pulang putri. Terjadi perselisihan disana, pedang malah terhunus mengenai putri. Merenggut nyawanya. Singkat cerita, pemuda yang dicintai putri Bening sering datang ke bukit itu untuk mengingat kisah cintanya.

Ayunan romantis di Eling Bening
Ayunan romantis di Eling Bening.

Empat tahun yang lalu Eling Bening ini mulai dikelola dipublikasikan di akhir tahun 2015 menjadi objek wisata di Ambarawa. Pihak pengelola selalu memberikan inovasi terbaru untuk menarik wisatawan sekitar maupun luar daerah. Misal beberapa spot yang instagramable berikut ini.

Eling Bening ini adalah paket lengkap wisata keluarga. Ada arena bermain untuk anak – anak (children playground), padang rumput yang luas bisa digunakan untuk piknik bersama keluarga. Ada camp ground area juga lho disini jadi bisa menikmati sunset dan sunrise sekaligus dengan menggelar tenda. Untuk memacu adrenalin wahana flying fox dan tracking juga ada. Nah, ini yang menurut saya paling beda. Bagi anda yang menyukai aktifitas memanah, Eling Bening menyediakan archery area. Jadi traveling sekaligus olahraga ya. Kemudian yang ingin berenang bernuansa sky pool, disini juga ada kolam renang yang cukup luas, untuk anak – anak dan orang dewasa. Anak yang berenang tetap dengan pengawasan orang tua ya. Jika anda membawa pasangan dan ingin menciptakan suasana makan yang romantis, disinilah tempat yang pas sekali. Restoran bernuansa putih yang elegan dan hamparan pemandangan yang begitu indah sungguh menyejukkan mata. Beruntunglah saat suasana tidak terlalu panas, atau menjelang sore hari, anda bisa duduk bercengkrama menikmati senja ditepian kolam renang atau di cafe. Disana disediakan banyak kursi dan meja jadi tidak hanya di indoornya saja. Sangat lengkap bukan?. Dan rasanya betah berlama – lama di Eling Bening.

Rawa Pening dan hamparan sawah dilihat dari Eling Bening
Rawa Pening dan hamparan sawah dilihat dari Eling Bening.

Cukup merogoh kocek sebesar 15. 000 rupiah per orang untuk harga tiket objek wisata Eling Bening ini. Fasilitas lain yang diberikan untuk pengunjung adalah mushola, kamar mandi pria dan wanita, beberapa wastafel, tempat parkir yang luas untuk mobil dan motor. Selain objek wisata, disini juga menyediakan meeting room, dan yang ingin melangsungkan pesta pernikahan atau ulang tahun juga bisa.

Dengan latar belakang gunung Andong, Telomoyo dan Merbabu yang berdiri gagah diselimuti awan serta hamparan sawah dan rawa pening yang indah membuat sahabat travelblog selalu ingin kembali berkunjung. Jadi, jangan ragu untuk ke Eling Bening.

Jam Buka
Setiap hari 09.00 - 21.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.