Berendam Air Hangat di Pemandian Kalianget Wonosobo

0
209
Gapura utama sebelum ke Pemandian Kalianget.

Tidak semua orang bisa tahan dengan cuaca dingin Dieng. Maka tak heran jika kita akan menemukan penduduk Dieng yang selalu memakai jaket meskipun di siang hari. Bagi yang tidak tahan hawa dingin Dieng, barangkali berendam diri di pemandian air hangat bisa menjadi solusi tepat.

Namanya Pemandian Air Hangat Kalianget. Kalianget merupakan gabungan kata dari Bahasa Jawa, Kali yang berarti sungai dan Anget berarti hangat jadi jika digabungkan menjadi sungai yang hangat. Tak seperti namanya, Kalianget ini bukanlah sungai melainkan sebuah kolam yang bersebelahan dengan sungai.

Lokasi Kalianget ini mudah dijangkau karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari pusat kota. Kalian bisa mengunjungi tempat ini sebelum berkelana ke Dieng atau sesudah berkelana ke Dieng. Karena dekat dengan pusat kota maka jangan heran jika pemandian ini jarang sekali sepi meski di hari kerja. Oh ya, lokasi Kalianget juga berada persis di samping jalan raya jadi mudah sekali ditemui dan dilacak dengan maps.

Kita akan melihat sebuah gapura selamat datang Taman Rekreasi Kalianget. Kemudian setiap orang akan dikenai biaya masuk sebesar Rp2.000, tapi itu baru di tamannya saja. Lokasi pemandiannya adalah selurus dengan gapura, kurang lebih 10 meter. Masuk pemandiannya pun harus bayar lagi sebesar Rp7.000, belum termasuk loker penyimpanan baju. Tapi kalau datang ramai-ramai mending ditaruh di samping kolam karena banyak yang menjaga. Usahakan tidak membawa barang-barang berharga ke dalam kolam karena kejahatan seperti pencurian selalu mengintai kita. Kita harus selalu waspada karena kejahatan bisa terjadi kapan dan di mana saja tanpa memandang usia dan orangnya.

Arsitekur Kolam yang Nyentrik
Kolam air panas yang menggoda untuk diselami.

Perlu diingat kalau ada dua kolam pemandian air hangat di Kalianget. Yang satu kecil dan tidak begitu dalam sementara yang lainnya cukup luas dan agak dangkal. Sewaktu saya dan teman ke sana, kolam yang luas sedang dikuras karena kami datang pada pukul 16.00 WIB. Alhasil kami harus puas di kolam yang agak kecil padahal niat hati ingin berenang bukan sekedar berendam.

Meski di kolam kecil, kita akan disambut dengan bangunan yang cukup nyentrik. Sebuah replika wayang besar terpampang di sebuah bangunan tempat kasir dan loket berada. Tak jauh dari situ, ruang bilas dan toiletnya menghadap ke sungai besar. Ruangan tersebut pun sangat luas serasa di kamar mandi pribadi. Saya juga sempat heran ada ruang bilas plus toilet yang sangat luas di mana salah satu temboknya dibiarkan terbuka menghadap ke luar di mana terdapat sungai dan pepohonan tapi tenang saja tidak bakal ada yang ngintip karena jarak padangnya cukup jauh dari luar kecuali kalau ada orang berenang di sungai.

Bangunan nyentrik di samping kolam yang berukuran kecil.

Sementara bentuk kolam yang berukuran kecil ini berbentuk L memanjang. Airnya memang keruh, tapi bukan berarti keruh kotor karena air tersebut distok langsung dari sumber aslinya. Dan yang terpenting selalu dikuras setiap hari. Ketika saya selesai berendam pada pukul 16.30, seorang petugas menguras kolam dan membersihkannya. Ini sebagai upaya agar air dalam kondisi bersih dan aman. Setelah puas berendam, kita bisa rekreasi sebentar di tamannya. Di taman depan kolam, terdapat aneka patung hewan mulai dari yang kecil sampai yang besar.

Manfaat Berendam di Air Hangat
Tempat bilas sekaligus toilet yang luas dengan jendela terbuka menghadap sungai dan kebun.

Jangan anggap remeh berendam di air hangat. Banyak manfaat yang bisa didapat. Seperti pengalaman saya sendiri di pemandian Kalianget tersebut. Menurut beberapa pendapat dari ahli, berendam di air hangat bisa mengatasi rasa cemas, stress dan lelah. Memang betul itulah yang saya rasakan begitu berendam di Kalianget. Saya merasa lebih segar dan pikiran pun menjadi lebih rileks dan tenang. Tapi berendam di air hangat juga tidak boleh dilakukan lebih dari satu jam apalagi jika air hangatnya berasal dari alam. Cukup berendam 30-40 menit saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.