Berburu Tanaman Hias di Pasar Bunga Splendid

0
233
Gerbang masuk pasar bunga splendid.

Tak salah memang jika Kota Malang diberi julukan sebagai Kota Bunga. Hal tersebut karena hampir di setiap sudut kota terdapat banyak sekali taman yang ditumbuhi dengan bunga warna-warni. Pertama kali keluar dari Stasiun Kota Malang, kalian akan disambut dengan Taman Tugu. Ada berbagai macam bunga yang bisa kalian temui di taman ini. Salah satu bunga yang paling dinanti adalah bunga teratai yang tumbuh saat musim penghujan.

Selain banyaknya bunga yang menghiasi kota, kalian juga akan banyak menemui toko bunga di pinggir jalan. Kota dengan hawa sejuk ini memang surganya pecinta bunga. Nah, bila kalian sedang berada di Kota Malang dan ingin berburu tanaman hias, kalian bisa pergi ke Pasar Bunga Splendid. Di sini merupakan pasar bunga terbesar dan terlengkap di Malang. Ada berbagai macam jenis tanaman hias, bunga dan bibit yang diperdagangkan di sini. Tak hanya itu di sini juga terdapat toko yang menjual peralatan bercocok tanam.

Hari Minggu kemarin, saya dan teman saya menjelajahi pasar bunga yang terletak di Jalan Brawijaya ini. Kami sengaja ke sana untuk berburu tanaman hias mini seperti kaktus, succulent, atau bamboo mini untuk menghiasi rumah. Kami berangkat agak pagi berharap di sana masih belum ramai pengunjung agar bisa puas memilih-milih tanaman. Sekitar pukul 09.00 WIB kami sampai dan ternyata sudah lumayan banyak pengunjung yang datang.

Beragam tanaman anggrek.

Lokasinya yang berada di tengah kota, membuat pasar ini tak hanya berfungsi sebagai tempat jual beli saja, tapi juga sebagai tempat wisata. Banyak sekali wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang mampir ke pasar bunga ini. Tak heran memang bila tempat ini di jadikan destinasi wisata para wisatawan, karena tempatnya yang rindang dan pemandangannya yang indah. Tanaman hias dengan bentuk yang unik, cantik dan lucu-lucu memang bagus dijadikan sebagai background foto.

Tak menunggu lama, kami pun langsung masuk mencari tanaman buruan kami. Awal masuk kami disambut dengan anggrek bulan yang indah berjejer dekat tangga. Tanaman cantik ini sudah berbunga lebat berwarna putih, ungu dan kuning. Setelah itu kami menuruni anak tangga dan masuk ke dalam menyusuri lorong-lorong dengan pemandangan bunga di kanan-kirinya. Beberapa kali kami berhenti di toko-toko yang menjual dan membudidayakan kaktus dan succulent mini. Tanaman mini yang pas buat hiasan rumah ini dibandrol dengan harga Rp 10.000 hingga ratusan ribu. Di sini kalian akan menemui kaktus yang tak hanya berwarna hijau. Ada kaktus dengan warna-warna cerah juga seperti merah, kuning, hingga ungu.

Toko-toko bunga.

Selain tanaman hias dan bunga, di sini juga banyak toko yang menjual peralatan bercocok tanam. Terdapat toko yang menjual beraneka ragam pot, dari yang ukuran paling kecil hingga besar. Ada juga yang menjual berbagai macam obat-batan dan pupuk tanaman, alat semprot dan penyiram bunga, bibit tanaman, kantong pembibitan, tanah kompos khusus untuk bunga pot, kayu khusus untuk menanam tanaman di dinding, rumput taman, kompos dan masih banyak lagi. Bahkan ada juga yang menjual padi kering dan gandum kering untuk hiasan di rumah.

Tak akan bosan rasanya mengelilingi Pasar Bunga Splendid ini, ratusan tanaman hias yang ada di sana membuat mata ini tak jemu untuk memandangnya. Tempatnya berbentuk lorong-lorong membuat pengunjung tak merasa kepanasan karena terpapar teriknya sinar matahari. Tempat yang pas untuk hunting foto yang instagramable dengan latar bunga warna-warni. Meski tak mencari bunga, sepertinya pasar bunga jangan sampai jika dilewatkan begitu saja bila sedang tandang ke Kota Malang. Apalagi lokasinya yang berada di pusat kota, hanya sekitar 5 menit dari Stasiun Kota Baru. Jadi, jangan sampai nggak ke sini ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.