Berburu Sunset di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

0
251
Hamparan gumuk pasir.

Yogyakarta memang istimewa. Tidak hanya kotanya, namun juga adat dan istiadat budayanya, beragam kulinernya, hingga Objek wisata alamnya. Salah satunya yakni, Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat wisata yang satu ini, rugi jika tidak dikunjungi saat teman traveler sedang berada di Yogyakarta.

Berlokasi di Jalan Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kira-kira sekitar 20 kilometer dari Kota Yogyakarta, teman traveler bisa google map untuk menuju objek wisata ini.

Lokasi ini sangat mudah ditemukan, karena Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan. Pasalnya, objek wisata satu ini letaknya sangat berdekatan dengan Pantai Parangtritis, Pantai Pepok, landasan pacu, hingga Gardu Pandang Paralayang atau bukit Gupit. Jadi teman-teman bisa lebih mudah untuk eksplor ke berbagai tempat wisata.

Spot gubug kecil.

Harga tiket masuk objek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini sungguh terjangkau, teman traveler cukup membayar parkir kendaraan saja yakni sekitar Rp 3.000 – Rp 10.000.  Namun biasanya jika teman traveler melewati gapura utama akan dikenai penarikan karcis wisata dengan biaya Rp 10.000/orang. Jika teman traveler melewati sebelum jalan gapura penarikan karcis, tetap akan dikenai biaya namun hanya sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuk gumuk pasir dan pantai.

Gumuk Pasir Parangkusumo ini sangat luas dan lebar. Sejauh mata memandang, jika teman traveler berada di sini hanya ada pasir dan sedikit pepohonan dan rumput-rumput dan bukit yang terlihat. Tak heran jika hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri.

Seiring berjalannya waktu, wisata ini mulai ramai dikunjugi oleh wisatawan karena keindahan panorama padang pasirnya. Hamparan gumuk pasir ini mencapai dua kilometer dari sepanjang Sungai Opak, Pantai Parangtritis hingga Pantai Depok.

Menariknya, gumuk pasir ini di Asia Tenggara hanya ada di Indonesia, Filipina (La Paz Sand Dunes) dan Vietnam (Mui Ne Sand Dunes). Dan Gumuk Pasir Parangkusumo ini termasuk dalam gumuk pasir pesisir (coastal dunes) sehingga memang sangat luas hamparannya. Mengagumkan bukan?

Menikmati indahnya sunset di gumuk pasir.

Tidak hanya itu, Gumuk Pasir Parangkusumo hanya satu-satunya yang bisa dijadikan Sandboarding. Cukup membayar Rp 70.000 teman traveler sudah bisa merasakan sensasi berselancar seru di pasir. Kebayang gimana serunya kan? Harga tersebut sudah termasuk papan seluncur dan bisa bermain sepuasnya.

Mengunjungi objek wisata ini, pengunjung tidak hanya disuguhkan luasnya hamparan pasir di gumuk, dan indahnya panorama yang membentang dan sedikit pemandangan perbukitan hijau. Ada juga berbagai spot-spot unik dan menarik para pengunjung yang sengaja dibangun oleh para anak-anak Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari beberapa Institusi di Yogyakarta.

Tujuannya adalah untuk mempercantik gumuk pasir ini, mulai dari spot ayunan, gubuk, dan gardu sehingga kegiatan mendokumentasikan waktu liburan pun menjadi lebih berwarna dan unik pastinya. Kira-kira apa saja kegiatan yang biasa dilakukan di Gumuk Pasir Parangkusumo ini?

Hamparan gumuk pasir.

Bagi teman-teman yang menyukai sunset dan foto siluet, tempat ini cocok untuk mengabadikan momen sunset yang indah. Teman traveler jika ingin lebih menikmati suasana di gumuk pasir, sebaiknya datanglah menjelang sore hari dimana sinar matahari tidak terlalu terik. Mulai dari jam 15:30 hingga matahari mulai terbenam.

Para pengunjung biasanya berfoto di hamparan luas gumuk pasir, duduk santai di ayunan yang disediakan, berfoto di tanaman kaktus, berfoto di taman berbentuk “Love”, ada yang melakukan foto prewedding dengan pasangan, mengabadikan sunset, hingga membuat sebuah video.

Itu dia sekilas tentang Gumuk Pasir Parangkusumo, dan berburu sunset yang menyenangkan. Gimana, jadi kapan ke sana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.