Berburu Rotpang Bangka di Pangkalpinang

0
319
Rotpang Telur Kedai Tung Tau Bangka.

Hi travelovers! Waktunya berbincang-bincang terkait kuliner nih. Terkadang ketika kita lagi travelling ga cuma makanan berat yang bisa kita eksplor kelezatannya tapi juga kudapan dan camilan khasnya. Nah, saya mau share pengalaman menarik ketika lagi jalan-jalan ke Pulau Bangka tempo hari nih. Oya perlu travelovers ketahui, kalau Bangka dan Belitung adalah pulau yang berbeda. Sehingga ketika mencari kuliner khas Bangka Belitung perlu ditelisik lebih dalam, apakah di kepulauan Bangka atau di Kepulauan Belitung ya!

Nah, pengalaman kulineran di Bangka kemarin cukup menarik karena banyak banget ternyata kuliner khas Bangka yang melegenda. Meskipun digadang-gadang Bangka ini merupakan pusatnya martabak manis. Ternyata ada kudapan lain yang belum banyak diketahui oleh masyarakat luas yaitu rotpang alias roti panggang. Baru saya sadari, ternyata justru bukan pedagang martabak manis yang ada di setiap sudut Kota Pangkalpinang. Namun ternyata pedagang rotpang jauh lebih menjamur.

Rotpang Telur Kedai Tung Tau Bangka.
Roti panggang khan ada dimana-mana, apa bedanya sama roti bakar?

Jelas beda dong. Roti panggang Bangka sendiri menggunakan roti jadul yang bentuknya pipih dan lonjong. Lalu diberi isian sesuka hati travelovers. Kemudian di panggang hingga menimbulkan warna coklat kehitaman deh. Menggunakan panggangan pada umumnya dan dipanggan menggunakan arang, sehingga langsung menyentuh bara api. Sedangkan kalau roti bakar biasanya ada media panggangan seperti Teflon ataupun lainnya kan?

Nah, kalau travelovers pingin coba rotpang bisa cari disetiap sudut Kota Pangkalpinang aja. Urusan harga? Gausah gundah karena perbuah-nya hanya 2000 rupiah saja! Pas di kantong banget kan? Nah untuk rasa-rasa yang disediakan umum-umum saja seperti cokelat, susu, kacang, serta aneka selai. Rotpang yang ada di pinggir-pinggir jalan ini cuma ada di sore menjelang malam saja. Selain cocok untuk camilan malam, rotpang juga bisa buat sarapan di esok harinya ketika akan menjelajah Pangkalpinang loh travelovers!

Nah itu adalah opsi pertama untuk berburu lezatnya rotpang Bangka. Opsi kedua, travelovers bisa berkunjung ke salah satu kedai legendaris di Bangka yang sudah eksis sejak tahun 1938, yaitu Kedai Kopi Tung Tau. Kedai ini menyajikan aneka kuliner khas Bangka, salah satu menu pamungkasnya ya si roti panggang Bangka itu.

Proses pembuatan rotpang kaki lima.
Dimana sih letak Kedai Kopi Tung Tau itu?

Awalnya sih adanya Cuma di Kota Sungailiat aja. Tapi sekarang cabangnya udah banyak kesebar di area Pulau Bangka. Seperti di Jalan Toniwen, Jalan Soekarno Hatta, daerah Gabek, Jalan Deputi Hamzah Semabung, dan di Bandara. Pilih saja mana area yang paling dekat dengan lokasi travelovers ya!

Kedai Kopi Tung Tau yang eksis dengan sajian Kopi O nya ini ternyata memang sudah terdaftar menjadi kedai legendaris di Bangka. Untuk sajian rotpang nya banyak banget varian rasanya, beda dengan yang di kaki lima. Ada varian wijen, telur, keju, mentega, abon ikan, selai srikaya, pisang, ataupun mix aneka rasa. Meskipun begitu ada juga varian rasa umunya seperti coklat, selai, dan gula. Namun, harga yang ditawarkan tidak semurah meriah kali lima, untuk satu porsi rotpang dibanderol 15.000 rupiah sampai 25.000 rupiah. Ketika bertanya dengan salah satu pelayan. Katanya yang paling favorit adalah menu roti panggang telur dengan harga 20.000 rupiah per porsinya. Saya akhirnya memesan rotpang telur ditambah jeruk kunci hangat, yum!

Aneka isian rotpang kaki lima

Nah, travelovers bisa pilih tuh mau coba sajian rotpang kaki lima yang murah meriah atau sajian rotpang di kedai legendaris Bangka. Kalau saya sih coba dua-duanya karena meskipun sama lezatnya tapi punya ciri khas tersendiri. Selamat berburu!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.